Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

  • Whatsapp

Tempat Wisata di Medan, Sumatera Utara – Medan, apa yang terbersit di pikiran Anda ketika mendengar kota ini? Danau Toba yang merupakan salah satu tempat wisata di Medan Sumatera Utara ini mungkin yang pertama kali terpikirkan oleh Anda ketika mendengar kota Medan. Selain Danau Toba, sebenarnya masih banyak tempat wisata lain yang dapat Anda kunjungi di kota ini.

Selain terkenal dengan berbagai makanan khas ataupun buah duriannya Medan juga terkenal dengan begitu banyak pilihan tempat wisatanya. Berbagai tempat wisata di Medan Sumatera Utara ini akan menjadi tempat yang indah untuk menghabiskan liburan Anda.

Read More

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara
Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara, Menikmati Indahnya Wisata Tanah Batak


Medan memiliki banyak tempat wisata yang mengagumkan. Misalnya, bangunan-bangunan tua peninggalan para penjajah yang memiliki ciri arsitektur khas Belanda. Berbagai bangunan berarsitektur Belanda ini seperti Gedung Balai Kota Lama, Gedung London Sumatera,Menara Air dan Kantor Pos Medan. Bagi Anda yang ingin menikmati atmosfir bangunan bersejarah, pastinya tidak akan melewatkan tempat-tempat ini.

Selain itu, ada beberapa tempat wisata yang menarik yang ada di Medan Sumatera Utara. Berbagai tempat wisata yang menarik ini adalah:

1. Danau Toba

Siapa yang belum tahu Danau Toba? Hampir semua orang pasti tahu danau ini.  Anda dianggap belum pergi ke Medan jika belum pergi ke Danau Toba. Dengan panorama alamnya yang begitu asri, dan dilengkapi dengan pulau Samosir yang berada di tengahnya danau yang terbentuk akibat akivitas vukanik dari Gunung Toba ini menjadi daya tarik wisatawan baik lokal maupun mancanegara.

Danau ini adalah danau Vulkanik terbesar di Indonesia dengan ukuran lebar 30 kilometer dan panjang 100 kilometer.

2. Istana Maimun

Istana Maimun adalah salah satu peninggalan kerajaan Deli. Istana ini mungkin menjadi istana terindah di Indonesia. Arsitektur bangunan yang unik serta desain interior yang terkesan mewah memberikan bukti begitu jayanya kerajaan Deli pada waktu itu. Bangunan kerajaan ini didominasi warna khas melayu yaitu warna kuning. Kerajaan ini dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah dengan bantuan arsitek dari Italia pada tahun 1888. Kerajaan ini berdiri di atas tanah seluas 2772 m2 tepatnya berada di jalan Brigjen Katamso, Medan.

3. Masjid Raya Medan

Tidak jauh dari Istana Maimun yang berjarak sekitar 200 meter, Anda juga bisa menikmati indahnya masjid Raya Medan. Masjid yang memiliki nama masjid Raya Al Mashun. Masjid ini dirancang oleh arsitek yang sama dengan pembangunan Istana Maimun. Namun karena dipanggil untuk merestorasi candi Borobudur, maka pengerjaannya diteruskan oleh TA Tingdeman.
Masjid ini dirancang berbeda dengan masjid-masjid lainnya. Masjid ini dibentuk dengan denah simetris segi delapan dalam corak bangunan campuran Maroko, Eropa dan Melayu dan Timur Tengah. Akibatnya denah persegi delapan ini menghasilkan ruang bagian dalam yang unik. Di ke empat penjuru masjid masing masing diberi beranda dengan atap tinggi berkubah warna hitam, melengkapi kubah utama di atap bangunan utama masjid. 

4. Danau Linting

Selain Danau Toba, Medan juga mempunyai tempat wisata alam lain yaitu Danau Linting. Danau dengan air yang berwarna hijau dan biru ini dikelilingi oleh batu cadas. Salain itu di sekitar danau terdapat pepohonan dengan akar yang panjang mengakibatkan suasana yang asri yang sejuk dan juga damai. Danau ini sangat cocok untuk tempat menenangkan diri dari berbagai rutinitas kerja atau berbagai masalah kehidupan.

5. Air Terjun dan telaga Dwi Warna Sibolangit

Air terjun dan telaga Dwi Warna Sibolangit ini bisa menjadi pilihan menarik untuk dikunjungi. Air terjun ini berjarak sekitar 1 jam perjalanan dari kota Medan. Cukup sulit memang untuk mencapai air terjun ini, yaitu Anda harus memulai perjalanan ke dalam hutan  selama 3 jam. Namun jangan khawatir, Anda akan disuguhkan dengan hamparan hutan yang hijau yang pasti menyejukkan mata. Air terjun ini dinamakan dengan air terjun dua warna karena air terjun yang berada di telaga ini berwarna biru dan dingin dan tak jauh dari air terjun dingin terdapat air terjun yang hangat yang berwarna putih.

Tempat wisata yang ada di Medan Sumatera Utara ini tidak kalah menariknya bukan dengan kota-kota lain di Indonesia ini? Masih banyak tempat wisata kota Medan yang dapat Anda kunjungi selain beberapa list di atas. Mari kita nikmati keindahan alam ini dengan mengunjungi berbagai tempat wisata di bumi pertiwi. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *