Sekilas Medan Reenactors – Pereka Oelang Sedjarah

  • Whatsapp

Sekilas Medan Reenactors – Pereka Oelang Sedjarah. Re-enactment artinya kegiatan reka ulang dari suatu peristiwa. Yang di reka ulang adalah peristiwa yang tercatat dalam sejarah. Pelaku kegiatan ini disebut Re-enactors.

Read More

Wadah & Wahana resmi (official) yang pertama dan satu-satunya di Sumatra Utara bagi para re-enactors diberi nama Medan Re-enactors (MR) atau Para Pereka Oelang Sedjarah.
Kegiatan dan hobby re-enactors di Indonesia mulai berkembang di berbagai kota besar di Indonesia: Jakarta, Surabaya, Bandung, Yogyakarta & Malang. Di Sumatra Utara (Medan) mulai berdiri & melakukan berbagai kegiatan sejak awal 2013 dengan nama Medan Reenactors. Melihat & menanggapi berbagai respon positif dari berbagai kalangan masyarakat, MR kemudian berkembang menjadi sebuah lembaga nirlaba dengan nama
North Sumatra Historical Trust (NSHT). MR menjadi salah satu program unggulan (highlight) NSHT.
NSHT resmi di launching tanggal 20 Agustus 2013 di Museum Negeri Sumatra Utara sekaligus ‘Pameran Potret Kehidupan Masyarakat Sumatra Utara di Masa Perjuangan’ kerjasama Museum Negeri & Dewan Harian Daerah Badan Penggerak Pembudayaan Jiwa Semangat & Nilai-nilai Kejuangan 45 Propinsi Sumatra Utara yang dihadiri oleh para pejabat dari pemerintah provinsi, kotamadya, masyarakat sipil, sekolah, lembaga pendidikan,
berbagai komunitas, lembaga swadaya masyarakat, TNI dan Kepolisian.
MR terdiri dari para pecinta & penikmat sejarah, sejarawan otodidak, kolektor benda-benda antik/replika, kolektor buku/film sejarah, pemerhati sejarah, blogger sejarah, penikmat uniform/gear militer jaman dulu (jadul), komunitas living history (cosplay non-fiksi), para penggemar kendaraan antik dsb yang ingin bertukar pengetahuan, informasi, koleksi terutama mengenai sejarah.
Dalam proses reka ulang suatu peristiwa sejarah yang pernah terjadi pada suatu masa & atau periode waktu dalam catatan sejarah, para re-enactors selalu berusaha seidentik & otentik mungkin (authentic) dengan berbagai baju/ seragam/ kostum (uniform), perlengkapannya (gears) dan penampilan yang disesuaikan dengan lokasi, situasi kondisi & keadaan sebenarnya di masa lalu.


Medan Reenactors merupakan wahana independent bagi para penggemar & pecinta sejarah. Tidak berafiliasi dengan politik, non sara, netral obyektif, akuntabel serta tidak memiliki hubungan dengan politik sejarah yang direka ulang-nya.
PRINSIP MR:
Bermain, Belajar, Bersahabat & Berpetualang
PROGRAM HIGHLIGHTS:
Setiap bulannya, MR melaksanakan program sebagai berikut:
REENACTMENT GAME ( ERGi )
Setiap anggota hadir membawa koleksi-nya masing masing untuk bermain dalam satu skenario pendek memerankan satu peristiwa sejarah dalam sesi-sesi foto, pembuatan film pendek dan atau theatrical reenactment fragmen sejarah tertentu.
NONTON BARENG ( ENBi )
Berbagi & bersama menyelami pengalaman visual sejarah dengan memutar audiovisual, video & film (multimedia) bertema sejara
BINCANG SEJARAH ( BARA )
Saling bertukar pengalaman & mendengarkan cerita sejarah dari berbagai sumber sejarah yang terpercaya. sambil berkunjung ke berbagai lokasi, tempat & bangunan bersejarah.
HISTORICAL TRAILS – WISATA SEJARAH
Menapaki jejak-jejak dan peninggalan sejarah di Sumatra Utara dengan alat transportasi tempo dulu terutama dengan bersepeda tua (onthel).
BAKTI SOSIAL – CHARITY & RELIEF
Merupakan sayap sosial MR yang dimaksudkan untuk membantu merespon secara cepat (emergency response) berbagai isu bencana alam dan bencana sosial.
SINERGY & PARTNERSHIP
Program yang fokus pada pengembangan & membangun kerjasama/ partnership dengan berbagai institusi pendidikan, museum, institusi & organisasi serta media massa baik cetak, eletronik maupun online/ media sosial dalam dan luar negeri.
GERAKAN 1000 BUKU SEJARAH
Untuk menyelamatkan asset sejarah berupa buku-buku sejarah terutama dokumentasi, peristiwa-peristiwa sejarah dan biografi. Buku sejarah yang berada di rumah yang umumnya tidak terpakai dikoordinir untuk dikumpulkan dan dimaksimalkan menjadi perpustakaan dengan spesialisasi sejarah.
SOUVENIR SHOP
Menyediakan & memproduksi berbagai cinderamata khas bertema sejarah berupa buku, foto, film, video, pin, seragam, t shirt, replika, mug, miniatur, gantungan kunci, bookmarks dsb juga menyediakan paket jasa fotografi & pre wedding, serta penyewaaan bermacam-macam seragam bertema sejarah.
ANTIQUE GARAGE SALE
Merupakan media komunikasi, bertukar koleksi & transaksi jual beli antar sesama para penggemar koleksi dan atau benda peninggalan lama dari berbagai masa dengan masyarakat umum.
.
WAROENG RAKJAT
Menyediakan berbagai kuliner tempo dulu yang sehat, bebas pengawet dan penyedap rasa.
SUMBER DANA:
MR dibiayai dari program yang dilaksanakan, penjualan berbagai souvenir & merchandise, iuran anggota; donasi pribadi, institusi, organisasi, Corporate Sosial Responbility (CSR) perusahaan dan dana hibah yang tidak mengikat.
MANAJEMEN
Dewan Pembina / Board of Trustee :
Drs. Eri Sudewo MDM (Social Entrepreneur)
Drs. Sri Hartini. M.Si. (Kepala Museum Negeri SUMUT)
Erond L. Damanik (Sejarawan/ Akademisi)
Ir. Jimmy Siahaan MCP (Seniman & Kolektor)
Tarmizi Harva, ST (Fotografer Profesional)
Dewan Pelaksana / Board of Director:
Andri Wahyu S.G. (Founder & CEO)
Era Purike (Admin & Finance)
Hardiyono Siregar (Program & Outreach)
Komunitas Relawan (Medan Reenactors)
CONTACT US
MARI BERGABUNG BERSAMA KAMI.
Kami mengundang sahabat smua untuk bersama, bermain, belajar, bersahabat & berpetualang menyelusuri sejarah masa lalu melalui penyajian yang menyenangkan. Sedemikian rupa sehingga kemudian kita bisa memetik bersama sebanyak-banyaknya hikmah untuk melukis masa depan yang lebih baik.
Andri Wahyu S.G. (Mas Andri)
Founder & CEO
Alamat : Jl. Letjen Suprapto No. 11 . Medan Sumatra Utara . Indonesia. 20217
Telpon : +6261 6969 5469 Mobile : +6281 933 40 9393
Email : medan.reenactors@gmail.com Facebook : medan reenactors
Twitter : @medanreenactors

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *