Menjelajah Pusat Kota Medan

  • Whatsapp

Medan, merupakan kota terbesar di kepulauan Sumatera. Ibu kota Provinsi ini Sumatera Utara ini memiliki berbagai pilihan tempat wisata yang sangat diunggulkan. Selain itu di pusat kota Medan pun terdapat berbagai pilihan tempat hiburan maupun belanja yang dapat kamu kunjungi.

Yuk! Mengenal Lebih Dekat Pusat Kota Medan


Pusat kota Medan saat ini juga terkenal dengan sebutan Medan City Center. Pusat kota terbesar ke tiga di Indonesia ini adalah salah satu tempat di Medan yang sangat disukai oleh para pelancong. Pusat kota Medan ini menawarkan berbagai tempat terkenal, restoran-restoran lezat dan juga berbagai area hiburan yang pastinya menyenangkan untuk kamu eksplorasi.

Read More

Sama seperti Semarang dan juga Solo, sebagai sebuah kota bekas jajahan Kolonial Belanda, Medan memiliki berbagai gedung tua peninggalan para panjajah ini. Hingga saat ini gedung-gedung tua itu masih berdiri kokoh. Bangunan bergaya Belanda yang berada di pusat kota Medan ini sekarang menjadi wisata gedung tua yang beberapa gedungnya masih difungsikan sebagai kantor hingga saat ini. Gedung tua peninggalan Belanda yang berada di pusat kota Medan adalah:

1. Gedung Kantor Pos Medan

Gedung ini dahulu didirikan oleh pemerintahan Hindia Belanda dengan tujuan untuk mempermudah hubungan komunikasi kepada penduduk kota Medan. Saat itu Medan memang menjadi kota perdagangan dan juga perkebunannya yang sangat luas sehingga kota Medan adalah kota yang sangat ramai. Kamu dapat mengabadikan kemegahan gedung Kantor Pos Medan dengan mengambil gambarnya. Letakgedung ini sangatlah dekat dengan stasiun kereta api Medan dan juga Merdeka Walk. Hingga saat ini, gedung ini masih digunakan sebagai kantor pos kota Medan.

2. Gedung Bank Indonesia   

Gedung megah berwarna putih dengan gaya kolonial ini berlokasi di seberang Merdeka Walk atau tepatnya di samping hotel Aston Medan. Bangunan ini mulai digunakan pada tanggal 30 Juli 1907 dan pada mulanya gedung ini adalah gedung De Javasche Bank (Bank sentral pada Jaman Hindia Belanda) dan setelah pengakuan kedaulatan kemerdekaan Indonesia tahun 1949, gedung ini beralih fungsi menjadi gedung Bank Indonesia kota Medan.

3. Gedung Lonsum (London Sumatera)

Pusat Kota Medan

Gedung Lonsum ini adalah peninggalan dari sebuah perusahaan perkebunan karet dari Inggris bernama Harrisons & Crossfield Companya (H&C) milik pengusaha daniel Harrison. Gedung ini sangatlah mudah dicapai dari Merdeka Walk atau terletak di jalan Kesawan Medan. Gedung ini pada zamannya adalah gedung yang paling modern karena penggunaan lift yang pertama di kota Medan.

Selain Gedung-gedungnya yang begitu menawan, di pusat kota Medan Kamu juga dapat menemukan berbagai pusat perbelanjaan yang pastinya disukai oleh para wanita. Dan ini dia tempat-tempat yang wajib kamu kunjungi jika ingin berbelanja di pusat kota Medan:

1. Sun Plaza

Mall yang paling mewah di pusat kota Medan ini memiliki kontruksi bangunan yang menyerupai kapal legendaris Titanic. Mall ini terleta di jalan H. Zainul Arifin No. 7 Medan dan rasakan sensasi belanja serasa di atas kapal mewah Titanic ini.

Pusat Kota Medan – Sun Plaza

2. Hermes Place Polonia

Mall ini memiliki konsep menyatu dengan alam. Kamu dapat merasakan udara alam yang sejuk ketika berada di berbagai sudut di dalam mall ini.

3. Plaza Medan Fair

Mall yang terletak di pusat kota Medan atau tepatnya di jalan Gatot subroto No.30 Medan ini sangatlah ramai. 

4. Thamrin Plaza

Mall ini bisa dibilang sebagai mallnya orang Tionghoa dikarenakan 75% pengunjung yang datang ke plaza ini adalah warga keturunan Tionghoa.

5. Jalan Ahmad Yani

Pulang dari bepergian ke suatu daerah tanpa membawa oleh-oleh pasti terasa ada yang kurang. Kamu yang sedang berkunjung ke pusat kota Medan, jangan khawatir kebingungan di mana mencari oleh-oleh khas Medan. Jalan Ahmad Yani ini dapat Kamu datangi, jalan ini terkenal dengan surganya suvenir. Di sini terdapat beberapa toko yang memajang berbagai barang kerajinan tangan dan aneka barang lain khas Medan. Selain itu ada juga toko yang menjual berbagai barang antik. Bagi Kamu yang mempunyai hobi mengkoleksi barang-barang antik, tempat ini harus Kamu kunjungi.

Masih banyak lagi tempat yang akan Kamu temukan di pusat kota Medan selain tempat-tempat yang disebutkan di atas. Datanglah ke pusat kota Medan ini dan silahkan menyusuri berbagai tempat yang disuguhkan. Kamu tidak akan menyesal singgah ke kota ini.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *