Menikah Tanpa Pacaran, Mungkinkah?

  • Whatsapp

Menikah tanpa pacaran? Suatu yang yang mustahil sepertinya dilakukan. Membayangkan menikah dengan orang belum kita kenal luar dalamnya saja sudah membuat kita takut mengalaminya.

Menikah tanpa pacaran di era modern ini bisa dikatakan produk lama sama seperti perjodohan dan sangat dihindari oleh orang-orang saat ini. Sangat jarang ditemukan pasangan yang menikah namun tidak melewati proses berpacaran. Kebanyakan dari mereka pasti sudah melewati proses pacaran beberapa bulan atau tahun.


menikah tanpa pacaran dalam islam

Menikah Tanpa Pacaran

Menikah tanpa pacaran sepertiny memang mustahil terjadi saat ini. Dengan pemikiran yang sangat terbuka mustahil ada yang mau menikah tanpa mengenal dan mencintai pasangannya. Namun tidak ada yang mustahil bukan di dunia ini? apapun itu bisa saja terjadi di kehidupan kita. Seperti juga dengan menikah tanpa menikah. Saat ini memang mulai muncul menikah tanpa pacaran khususnya bagi umat Islam. Memang di ajaran agama Islam, istilah pacaran memang tidak pernah ada. Membayangkan menikah tanpa pacaran pastinya membuat kita ketakutan. Namun ada sisi positifnya lho dengan menikah tanpa pacaran ini.

“Pacaran itu kan proses, supaya kita saling mengenal, supaya nggak nyesel dan salah pilih…”. Kalimat di atas sering kita dengar ketika kita bertanya mengapa mereka berpacaran.

Namun ada satu pertanyaan yang akan membuat kita berfikir ulang. “Lebih banyak mana kasus perceraian yang terjadi di zaman kakek nenek kita dengan saat ini?”. Jawabannya pasti lebih banyak saat ini. Padahal saat ini hampir semua pasangan sebelum menikah melalui proses berpacaran, sedangkan kakek nenek kita lebih banyak dijodohkan. Jadi pacaran tidak menentukan kelanggengan hubungan suami istri.

Lama proses pacaran juga tidak menentukan sejauh mana kita mengenal pasangan. Ketika memasuki gerbang rumah tangga, segalanya akan jauh berbeda dengan saat berpacaran. Ada begitu banyak hal yang ditutupi ketika berpacaran, akan terbuka saat kita berumah tangga. Jadi pacaran saat ini memang membuat pasangan harus tampak sempurna satu sama lain.

Jika kita memilih jalan untuk menikah tanpa berpacaran, kita akan lebih fokus mengejar karir untuk menyiapkan segalanya sbelum menikah. Tidak ada yang namanya kerja terganggu dengan sms sang pacar, pekerjaan kacau karena bertengkar dengan pacar atau sakit hati karena ditinggal pacar.

Menikah Tanpa Pacaran

Selain itu, sisi positif dari menikah tanpa berpacaran akan membuat hari-hari kita berbunga-bunga. Coba bayangkan ketika kita berada pada masa-masa awal pacaran, akan menyenangkan bukan berdua menghabiskan waktu dengan pasangan? Nah hal ini juga terjadi di kasus menikah tanpa melalui proses pacaran ini. Kita akan selalu menanti waktu untuk bercengkerama dengan pasangan.

Ketika sudah menikahpun, jika berduaan dan ingin bermesraan tidak ada lagi timbul rasa was-was karena sudah adanya ikatan pernikahan antara kita dan pasangan. Ya walaupun ada sisi negatifnya juga dari menikah tanpa melalui proses pacaran ini. Namun jika kita takut tidak cinta dengan pasangan kita karena kita belum mengenalnya lebih dalam, ingatlah sebuah pepatah Jawa ini. “Witing trisna jalaran saka kulina” yang berarti rasa sayang itu akan tumbuh akibat dari seringnya berinteraksi. Jadi menikah tanpa pacaran itu tidaklah menakutkan bukan?

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *