Cuaca di Kota Medan, Susah untuk Ditebak

  • Whatsapp

Berbicara masalah cuaca memang sangat menarik untuk dibahas, karena cuaca sangat berpengaruh dengan rencana kegiatan Anda. Begitu juga dengan cuaca kota Medan, cauca di kota ini memang sulit sekali untuk ditebak. Kadang cuaca kota Medan terlihat panas, beberapa saat kemudian terlihat mendung dan akan turun hujan.

Cuaca Kota Medan


Secara umum yang sering terjadi di kota Medan yang merupakan daerah negara tropis adalah cuaca musim hujan dan juga musim panas. Namun berbeda dengan daerah di Pulau Jawa yang keadaan cuaca yang stabil, cuaca kota Medan bisa dikatakan sangat mudah berubah. Seperti dijelaskan di atas, kadang cuaca terlihat akan hujan, beberapa menit kemudian cuaca cerah kembali ataupun sebaliknya.

Read More

Cuaca di Kota Medan

Perubahan cuaca yang begitu cepat berubah ini terjadi akibat dari pemanasan global yang mengakibatkan menipisnya lapisan ozon. Pemanasan global ini juga akibat ulah manusia sendiri dengan menebang hutan tanpa ada penanaman kembali dan juga efek rumah kaca.

Cuaca kota Medan yang panas ini, terjadi karena pada saat ini matahari berada di sebelah utara garis khatulistiwa, maka bumi yang berada di utara garis khatustiwa akan lebih panas jika dibandingkan dengan bumi yang berada di selatan garis khatulistiwa.

Cuaca kota Medan saat ini memang sedang mengalami panas yang tinggi, bahkan suhu di kota Medan mencapai 36° C. Cuaca yang begitu ekstrim ini memang sedikit banyak mengganggu aktifitas masyarakat di kota Medan. Apalagi bagi Anda yang aktifitasnya lebih banyak dilakukan di luar ruangan.

Tips bagi Anda yang melakukan aktifitas di luar rumah, hindari kontak langsung dengan sinar matahari karena akan menimbulkan efek yang buruk jika terjadi dalam jangka waktu yang cukup lama yaitu kanker kulit. Anda bisa menggunakan topi ataupun kacamata untuk melindungi mata dari panasnya terik matahari. Gunakan lotion yang dapat melindungi kulit Anda dari sengatan panas matahari. Dan usahakan Anda menggunakan masker ketika melakukan kegiatan di luar rauangan karena panas ini kadang membawa debu yang dapat menghambat sistem pernafasan Anda.

Kondisi tubuh sering bereaksi karena perubahan cuaca yang tidak semestinya. Jadi selalu usahakan untuk menjaga kondisi tubuh agar tetap fit dengan mengkonsumsi vitamin, banyak makan buah-buahan, cukup minum air putih agar tidak dehidrasi dan tidak lupa untuk selalu berolah raga.

Dan mari kita jaga kondisi lingkungan sekitar, agar cuaca kota Medan yang ekstrim ini tidak berkepanjangan dengan menanam tanaman hijau di pekarangan rumah yang mampu menyerap panas dan membuat sejuk lingkungan rumah. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *