Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan

  • Whatsapp

Medan tidak hanya terkenal dengan berbagai objek pariwisatanya yang memang kaya, apalagi keberagaman seni budaya dan kulinernya yang sangat terkenal. Popularitas pariwisata di Kota Medan pun semakin lengkap dengan berbagai bangunan bersejarah yang menjadi kebanggaan Kota Medan. Bangunan bersejarah tersebut memiliki cerita dan sejarah masing-masing di masa pembuatannya hingga menjadi bangunan megah yang kini sudah berdiri tegak menatap berbagai zaman. Bangunan bersejarah kebanggaan Kota Medan ada banyak sekali, sama seperti bangunan bersejarah yang terdapat di kota-kota besar lainnya, di Kota Medan setiap bangunan bersejarah memiliki ciri khas yang sangat komplit dengan sejarah yang relatif kompleks.

Read More

Jika Anda sedang berada di Medan, sangat tidak ada salahnya bila Anda menyempatkan diri untuk berkungjung ke berbagai bangunan sejarah yang sudah lama menjadi kebanggaan masyarakat Medan. Ciri khas tersebut semakin kuat dengan budaya yang menjadi latar belakang pembangunannya. Untuk itu, sebagai bantuan bagi Anda untuk lebih mengetahui apa-apa saja yang menjadi bangunan bersejarah kebanggaan Kota Medan, silahkan lihat daftarnya di bawah ini:

5 Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan

Bangunan Bersejarah Kota Medan

1. Istana Maimon

Istana ini merupakan istana terbesar di Kota Medan yang juga merupakan peninggalan dari Kerajaan Melayu di masa silam. Istana ini dibangun mulai tahun 1888 di masa pemerintahan Sultan Makum Al’Rasyid Perkasa Alam, yang mulai menjabat sebagai Sultan Melayu sejak tahun 1873 hingga 1924. Istana Maimon merupakan salah satu bangunan bersejarah kebanggaan Kota Medan yang sudah sangat popular keberadaannya, dan menyimpan legenda peperangan antara manusia meriam dan naga raksasa dengan kesultanan Aceh yang terkenal dengan legenda Putri Hijau.

2. Patung Guru Patimpus

Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan
sosbud.kompasiana.com

Bangunan bersejarah lainnya berupa sebuah tugu atau patung, yang merupakan patung Guru Patimpus, pendiri Kota Medan. Menurut sejarah, Guru Patimpus merupakan seorang tabib yang bersuku Karo, yang juga memberi nama Medan untuk Kota Medan sekarang ini.

3. Gereja Immanuel atau Gereja Lama

Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan
anthonynh.blogspot.com

Gereja ini merupakan gereja tertua yang terdapat di Kota Medan. Gereja ini resmi berdiri dan mulai digunakan pada tahun 1921, terletak di Jalan Diponegoro, Medan. Meski sudah hampir berumur satu abad, gereja ini masih berdiri tegak dan masih digunakan oleh Umat Kristiani untuk beribadah setiap minggunya, juga masih digunakan untuk berbagai kepentingan rohani lainnya.

4. Masjid Raya

Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan
panoramio.com

Masjid Raya yang terletak di Jalan Sisingamangaraja merupakan masjid terbesar sekaligus bangunan bersejarah kebanggaan Kota Medan. Bahkan masjid ini sering dianggap sebagai landmark atau simbol Kota Medan. Mesjid ini sendiri mulai digunakan tahun 1906 dengan gaya arsitektur Cina, Arab, hingga India dan barang-barang bangunan langsung impor dari Italia, India, Jerman, Prancis, dan Cina.

5. Kuil Hindu Shri Marimman

Bangunan Bersejarah Kebanggaan Kota Medan
tripholiday.net

Bangunan bersejarah yang juga merupakan bangunan keagamaan ini sudah berdiri lebih dari seabad di Kota Medan. Kuil ini sendiri dibangun tahun 1884 oleh Umat Hindu yang waktu itu sangat banyak jumlahnya di Kota Medan. Kuil ini masih sangat sering digunakan oleh Umat Hindu Medan, terutama di pagi hari serta perayaan-perayaan besar agama Hindu lainnya.

Itulah 5 bangunan bersejarah kebanggaan Kota Medan yang sesekali layak Anda kunjungi. Selamat berkunjung, selamat datang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *