Taman Buaya Asam Kumbang, Obyek Wisata Medan Yang Wajib Dikunjungi

  • Whatsapp

Taman Buaya Asam Kumbang, Obyek Wisata Medan Yang Wajib Dikunjungi – Kota Medan memang memiliki banyak sekali daya tarik. Berbagai obyek wisata Medan yang ada selalu mampu memikat hati Anda untuk segera mencintai kota ini. Daya tarik dari obyek wisata Medan itulah yang mampu memikat hati siapapun ketika berada di Medan. Medan secara khusus memiliki banyak obyek wisata, yang salah satunya bisa kita temukan di Desa Asam Kumbang.

Adapun obyek wisata Medan yang terdapat di Desa Asam Kumbang merupakan Taman Buaya Asam Kumbang, yang merupakan sebuah tempat penangkaran ribuan buaya dengan beragam jenis. Taman Buaya Asam Kumbang ini merupakan tempat penangkaran reptil terbesar di Indonesia. Ada sekitar dua ribu empat ratus lebih reptil dengan berbagai jensi, terutama buaya yang dimilikinya yang bahkan terdapat buaya dengan usia yang lebih dari empat puluh tahun.

Read More

Sumber Gambar: TribunNews

Taman Buaya Asam Kumbang berlokasi di Jalan Bunga Raya nomor 59, Kecamatan Medan Selayang, Desa Asam Kumbang, Medan. Taman ini terletak sekitar 5 KM dari pusat Kota Medan. Awalnya taman ini merupakan taman yang didirikan untuk memenuhi hobi seorang Lo Tham Muk, orang kaya Medan beretnis Tiong Hoa, yang menyukai berbagai jenis reptil terutama buaya. Lo Tham Muk yang dikenal sebagai pendiri penangkaran ini awalnya memelihara sekitar 12 reptil, terutama buayanya. Kemudian buaya tersebut berkembang biak hingga kini mencapai 2000 ekor lebih jumlahnya. Lo Tham Muk resmi mendirikan penangkaran ini di tahun 1959 lalu.

Menjadi salah satu koleksi pribadi yang menjadi taman penangkaran reptil terbesar di Indonesia, Taman Buaya Asam Kumbang mengizinkan siapapun untuk melihat koleksi pribadi buaya milik mereka mulai dari buaya anakan hingga buaya yang sudah berusia 50 tahun. Sungguh menakjubkan, bukan? Taman Buaya Asam Kumbang ini menjadi salah satu obyek wisata Medan yang wajib Anda kunjungi ketika di Medan, terutama jika Anda seorang pecinta reptil dan pecinta tantangan. Taman ini setiap hari menerima kunjungan Anda mulai dari pukul 09.00 – 18.00 WIB.

Selain diisi dengan ribuan ekor buaya dengan berbagai usia dan jenis, serta ukuran, taman ini ternyata memiliki areal seluas sekitar dua hektar. Obyek wisata Medan ini juga memiliki sekitar 70-an bak khusus mengembang biakkan buaya anakan dengan menempatkannya secara menumpuk. Selain itu terdapat pula semacam kolam yang sangat luas tempat buaya berenang. Jika Anda tertarik untuk berkunjung ke obyek wisata Medan ini, maka cukup merogeh koceh maksimal Rp 15.000 saja maka Anda siap tur ke rumah raksasa bagi para buaya ini. Obyek Wisata Medan ini selalu menjadi daya tarik tersendiri dari Kota Medan, karena di sinilah Anda berkesempatan besar untuk melihat kehidupan buaya dengan berbagai jenis dan ukuran secara langsung. Selamat menikmati kunjungan wisata di obyek wisata Medan, Taman Buaya Asam Kumbang.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *