Resmi Ditutup, Bagaimana Nasib Bandara Polonia?

  • Whatsapp

Resmi Ditutup, Bagaimana Nasib Bandara Polonia? – Bandara Polonia resmi ditutup 24 Juli 2013 tepat tengah malam. Bandara ini pun resmi digantikan oleh Bandara Kualanamu beberapa jam setelahnya, yang kini berada di Kabupaten Deli Serdang. Setelah sejak tahun 1928 melayani penerbangan dari Medan oleh militer dan penumpang dari dan ke luar daerah, maka bagaimana nasib Bandara Polonia nantinya?

Read More

Resmi Ditutup, Bagaimana Nasib Bandara Polonia?
Bandara Polonia

Seperti yang dikutip dari Harian Sumut Pos, Bandara Polonia akn menjadi pangkalan pesawat bagi TNI di Kota Medan. Sungkono selaku Panglima Pemandu Sektor Pertahanan Udara Nasional III menegaskan bahwa Bandara Polonia akan segera dijadikan sebagai pangkalan pesawat militer TNI AU. Namanya yang semula bernama Bandara Polonia akan berganti menjadi Landasan Udara Soewondo. Pergantian fungsi dari bandara sipil menjadi pangkalan pesawat militer ini dinilai tepat karena posisinya yang strategis di bagian pintu barat Indonesia.

Bandara Polonia akan tetap menjadi bandara, namun kali ini fungsinya khusus untuk kepentingan militer, begitu kata Marskal Sungkono dalam rangkaian soft-operation Bandara Kualanamu 25 Juli silam. Bandara Polonia sudah resmi menjadi hak milik TNI AU Kota Medan karena sudah melalui tahap serah terima sebelumnya, bahkan sebelum proses dibukanya operasional Bandara Kualanamu secara resmi. Direncanakan bahwa akan ada satu pesawat militer TNI AU yang mendarat di Bandara Polonia, 29 Juli 2013 mendatang.

TNI AU lewat Sungkono menjelaskan bahwa Bandara Polonia akan menampung satu skuadron terlebih dahulu, yang berisi sekitar 10 pesawat di pangkalan militer pesawat TNI AU tersebut nantinya. Untuk masa yang akan datang, Bandara Polonia akan menampung 3 hingga 4 skuadron untuk memperkuat pangkalan militer baru tersebut nantinya..

Beliau juga menjelaskan bahwa Bandara Polonia tidak akan mengalami perubahan mencolok dan signifikan jika sudah beralih fungsi menjadi Landasan Udara Pesawat Militer TNI AU nantinya. Bangunan yang saat ini berdiri tegak masih akan tetap dipertahankan bentuknya, juga dengan alat navigasi udara peninggalan Angkasa Pura II juga akan tetap dipertahankan. Namun, operasional pendaratan dan penerbangan pesawat militer yang dilakukan nantinya akan dikontrol langsung di Bandara Kualanamu, atau harus ada izin dari pihak Bandara Kualanamu. Hal tersebut dikarenakan Bandara Polonia dan Bandara Kualanamu memiliki landasan muka yang kuadratnya sangat dekat. Oleh karena itu setiap penerbangan yang akan dilakukan oleh pesawat militer TNI AU Medan nantinya harus ada izin dari pihak Bandara Kualanamu.

Di sekitar Landasan Udara Militer nantinya, tidak diizinkan untuk membangun bangunan tinggi karena dapat menganggu aktivitas penerbangan di sana. Namun, bila berada jauh dari Lanud tersebut tetap diperbolehkan.

Selamat Tinggal Bandara Polonia

Sejak beroperasi tahun 1928 silam, Bandara Polonia sudah aktif melayani berbagai penerbangan di sekitar Pulau Sumatera maupun di luar pulau. Bandara ini memang cukup kecil dibandingkan dengan bandara lain di kota-kota seluruh Indonesia. Tentu bandara ini menyimpan banyak kenangan bagi masyarakat Medan dan turis luar daerah serta mancanegara ketika melakukan kunjungan ke Medan. Penerbangan melalui bandara ini pernah memakan korban, termasuk Gubernur Sumatera Utara, ketika jatuh sesaat setelah tinggal landas. Namun, bandara ini pernah menjadi kebanggaan masyarakat Medan yang tentu akan dirindukan. Selamat tinggal Bandara Polonia.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *