Membongkar Arti Logo Kota Medan

  • Whatsapp

Membongkar Arti Logo Kota Medan – Kota Medan, kota terbesar ketiga di Indonesia, selalu ramai dikunjungi untuk berbagai kepentingan. Kota ini juga menjadi tempat persinggahan utama di Pulau Sumatera bila Anda ingin melancong ke daerah lainnya di sekitar Sumatera, khususnya Sumatera Utara. Kota Medan diisi oleh berbagai suku dan sejarah yang menarik, yang tentunya mengandung unsur persaudaraan yang kuat sebagai kota multikultur.

Sama seperti kota-kota lain di Indonesia, Kota Medan juga memiliki satu logo yang khas tanah Sumatera. Logo yang didominasi nuansa hijau ini sering kita temui di berbagai tempat, khususnya di gedung-gedung pemerintahan daerah, bahkan di baju Pegawai Negeri Sipil berbasis Sumatera Utara. Mengetahui arti logo Kota Medan mungkin akan menjadi sesuatu yang menarik bagi Anda sebagai Anak Medan (sebutan khas bagi penduduk Medan) atau pun Anda yang ingin mengenal lebih jauh tentang kota damai ini. Mari kita bongkar arti logo Kota Medan!

Read More

Membongkar Arti Logo Kota Medan
Logo Kota Medan (Google.com)

Deskripsi Singkat Item-Item di Balik Logo Kota Medan

Coba perhatikan logo Kota Medan dalam artikel ini. Balutan warna hijau yang dominan menggambarkan Kota Medan yang sarat akan hasil alam dari pertanian dan kehutanan. Lalu lihat ke arah perisai yang bentuknya mencolok dengan paduan warna merah dan putih di masing-masing kotak. Perisai tersebut membentuk lima kotak di mana masing-masing kotak  menunjukkan hasil alam Kota Medan yang paling banyak diekspor, yaitu Nenas, Teh, Kelapa Sawit, Pohon Getah (Karet), dan Tembakau.

Perhatikan juga bagian padi dan kapas di sisi kiri dan kanan. Jika dihitung, biji padi dalam logo tersebut berjumlah 17 biji sedangkan bunga kapasnya terdapat 8 bunga. Terdapat juga bambu runcing di belakang perisai yang identik dengan senjata utama bangsa Indonesia ketika melawan penjajah. Di atas bambu runcint tersebut terdapat bintang. Ada 4 tiang berwarna emas sebagai pondasi perisai tersebut, tepat di atas pita tulisan Kota Medan. Lingkaran yang dibentuk oleh kapas dan padi seakan menyelimuti perisai dan pita Kota Medan.

Arti Logo Kota Medan

Setelah dideskripsikan di atas, sudah tahu kan mana saja item-item yang dimaksud di logo Kota Medan tersebut? Nah, sekarang mari kita bongkar arti logo Kota Medan.

1. Seperti yang sudah disebutkan di atas, 17 biji padi dan 8 bunga kapas melambangkan tanggal 17 Agustus. Jumlah tiang pondasi dan perisai yang masing-masing berjulah 4 dan 5  melambangkan tahun 1945. Tanggal 17 Agustus 1945 merupakan hari kemerdekaan Republik Indonesia.

2. Hasil pertanian pokok yang terdapat di masing-masing perisai, bambu runcing di belakangnya masing-masing bermakna kemakmuran sosial rakyat Medan dan lambang perjuangan bangsa Indonesia.

3. Bintang bersinar yang terdapat di puncak bambu runcing merupakan Bintang Nasional yang menandakan bahwa kehidupan dan kesejahteraan bangsa Indonesia, khususnya rakyat Kota Medan, akan selalu bersinar-sinar di puncak perjuangan.

4. Di samping itu Bintang Nasional, 5 hasil pokok pertanian Medan, 5 kotak perisai, dianggap sebagai Dasar Negara Republik Indonesia.

 Itulah deskripsi setiap item dan arti di balik logo Kota Medan yang menarik untuk diketahui, apalagi bila Anda adalah Anak Medan. Semoga bermanfaat.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *