Mars Kota Medan, Penyemangat Pembangunan Kota Medan

  • Whatsapp

Motto Kota Medan sebagian besar terdapat di dalam lirik Mars Kota Medan, yang selalu dengan semangatnya dinyanyikan, apalagi ketika Medan berulang tahun. Mars Kota Medan menjadi ciri khas tersendiri Kota Medan. Lagu inilah yang selalu berkumandang ketika Kota Medan menyelenggarakan berbagai acara resmi, mulai dari upacara kecil-kecilan di sekolah dan kantor pejabat daerah, hingga ketika Medan menyambut pejabat negara dan ketika sedang berulang tahun.

Read More

Mars Kota Medan – pelancong-medan.blogspot.com

Mars Kota Medan secara tersirat mengandung motto dan filosofi Kota Medan, yang menjadi penyemangat Pembangunan Kota Medan itu sendiri. Selalu dinyanyikan dengan semangat dengan lirik yang mendalam, demi kemajuan Kota Medan tercinta. Liriknya diciptakan oleh Drs. H. Abdillah Ak, MBA yang merupakan mantan Wali Kota Medan. Nada lagunya diciptakan oleh Drs. Hanas Hasibuan MAP dan Johan Fathandy. Kedua orang ini tampaknya tahu betul bagaimana nada yang diharapkan oleh sang penulis liriknya. Nada yang bersemangat tentu memacu kita untuk bersemangat pula ketika menyanyikannya. Ditambah dengan lirik yang sungguh luar biasa maknanya bagi Kota Medan karya bapak Wali Kota Medan saat itu.

Seperti yang sudah diucapkan berulang kali di atas, lirik lagu Mars Kota Medan ini sangat sesuai dengan motto dan filosofis warga dan pemerintah Kota Medan. Berikut isi liriknya:

Mars Kota Medan

MEDAN KOTA KITA TERCINTA
KINI TAMPAK LEBIH BERGAYA
JALAN DAN TAMAN KOTA, RAPI BERSIH TERPELIHARA
MASYARAKAT DAN PEMERINTAH KOTA
BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
LESTARIKAN MEDAN METROPOLITAN, DEMI KEMAJUAN BERSAMA

BERSIH SEHAT TERTIB AMAN RAPI DAN INDAH
WUJUD MEDAN KOTA KITA YANG RAMAH
BERANEKA RAGAM BUDAYA PENDUDUKNYA
PESONA BANGSA DI KHATULISTIWA

KEMAJUAN KEMAKMURAN KOTA MEDAN
AKAN JADI MILIK KITA SEMUA
CERMIN DARI KEBERSAMAAN KITA

REFF :
BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
DEMI KEMAJUAN RAKYAT DAN BANGSA
BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
DEMI KOTA KITA TERCINTA

BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
JAGA DAN AMANKAN KOTA TERCINTA
KEBERSIHAN ITU BAGIAN DARI IMAN
BAGI WARGA MEDAN KOTA METROPOLITAN

SISKAMBLING POSYANDU SEBAGAI SYARAT UTAMA
MENJAGA KESEHATAN SETIAP WARGA
BEKERJASAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA
DEMI KEMAKMURAN MEDAN TERCINTA

Berkaitan erat dengan motto dan filosofis Kota Medan: BEKERJA SAMA DAN SAMA-SAMA BEKERJA UNTUK KEMAJUAN DAN KEMAKMURAN MEDAN KOTA METROPOLITAN.
Penulisan full huruf kapital tersebut pun dianalogikan bahwa dalam menyanyikannya suara harus kuat bersemangat, lantang berucap. Sebagai Anak Medan, tentu kita harus menjunjung erat motto dan filosofis Kota Medan tersebut tinggi-tinggi agar dapat meningkatkan kemajuan dan kualitas serta kemakmuran hidup warga Medan. Biar bagaimana pun Kota Medan adalah tanah kelahiran, kampung halaman, dan junjungan bagi kita sebagai Anak Medan. Kemajuannya pun menjadi tanggung jawab kita lewat motto dan Mars Kota Medan yang sudah tercipta, agar mampu menjadi pedoman dan ingatan untuk mengupayakan kemajuan Kota Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *