Kecanduan gadget ganggu waktu tidur

  • Whatsapp

Canggihnya teknologi sekarang ini membuat banyak orang menjadi ketagihan untuk berinteraksi menggunakan gadget. Sosial media seperti twitter, instagram dan lainnya juga mendukung situasi ini.

Kecanduan Gadget

Tak heran jika tidak sedikit orang yang sekarang memilih tidur ditemani dengan gadget ketimbang bantal atau guling. Kebutuhan untuk tetap update dan eksis justru menjadi prioritas utama, yang akhirnya membuat Anda semakin terjaga di tengah malam.

Read More

Seperti dikutip dari soylution.co.id, menurut Profesor Charles Czeisler dari Harvard, lampu buatan pada gadget smartphone, tablet dapat mengganggu irama alami tubuh dan mempengaruhi bahan kimia dalam otak dan mendorong orang untuk menggunakan stimulan seperti kafein untuk terjaga lebih lama. 

Tak seperti lampu listrik yang mempengaruhi jam tubuh alami manusia, lampu LED pada smartphone dan komputer mempunyai efek yang lebih mengganggu. Dalam sebuah riset di Inggris antara tahun 1950 dan 2000, peningkatan penggunaan sumber cahaya buatan sebanyak 4 kali menyebabkan kenaikan paralel yang cukup signifikan pada kekurangan tidur. 

Selain efek cahaya yang secara medis memang menghambat peningkatan neuron-neuron tidur di otak dan hormone melatonin yang membantu untuk tidur, kesibukan manusia seperti memeriksa email, mengerjakan pekerjaan rumah, atau menonton televisi di malam hari juga membuat mereka tetap terjaga.

Dalam sebuah penelitian, 30% dari semua orang dewasa yang bekerja di Inggris dan 44% pekerja malam melaporkan bahwa mereka tidur kurang dari 6 jam rata-rata per harinya. Mereka juga mengonsumsi kafein berlebihan agar tetap terjaga di siang hari.

Kafein dan jumlah tidur yang sedikit, menurut Prof. Charles, dapat mempengaruhi kesehatan masyarakat modern. Risiko obesitas, diabetes, penyakit jantung, depresi, dan stroke pada orang dewasa merupakan ancaman yang nyata. Sementara bagi anak, konsentrasi mereka akan menurun dan mengurangi kefokusan dalam belajar.

Oleh karena itu, kecanduan gadget di malam hari merupakan pintu menuju segala macam penyakit. Sudah waktunya Anda untuk merubah pola hidup Anda dengan meletakkan smartphone dan pekerjaan Anda begitu Anda menyentuh kasur. Tidur yang cukup tidak hanya membuat hidup Anda menjadi jauh lebih sehat namun juga membuat Anda lebih rileks dan lebih bersemangat keesokan hari.

Dengan adanya artikel kecanduan gadget ganggu waktu tidur Anda, semoga dapat menambah pengetahuan kawan-kawan semua.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *