Ini Dia Cara Check-In Di Bandara Kualanamu

  • Whatsapp

Ini dia cara check-in di Bandara Kualanamu. Bisa disimak dalam keterangan berikut, dan tidak perlu kebingungan dengan denah dan cara pendaftaran di bandara berkode KNO tersebut.

Read More

Ini Dia Cara Check-In Di Bandara Kualanamu
finance.detik.com

Sebenarnya proses check-in di Bandara Kualanamu sebagai panduan bagi calon penumpang yang akan terbang dari bandara itu yakni: 

Calon penumpang akan memasuki bandara dengan berbagai moda transportasi yang menjadi pilihan antara lain kereta api Airport Railink Services (ARS), bus pemadu moda, taksi, dan kendaraan pribadi.

Penumpang akan diturunkan di drop zone di lantai dasar dan lantai 3 terminal bandara. Kemudian calon penumpang akan memasuki terminal bandara dan disambut dengan papan informasi digital yang menayangkan jadwal penerbangan secara realtime.

Selanjutnya penumpang bisa melakukan pendaftaran atau check-in di lantai 3 berdasarkan tujuan penerbangan dan maskapai yang digunakan. Bagi yang masuk melalui lantai dasar, calon penumpang diharuskan naik ke lantai 3 melalui eskalator maupun lift yang menghubungkan masing-masing lantai.

Bandara Kualanamu menggunakan system Automatic Baggage Handling System (BHS) dan check-in Island  A, B, C, D. Terdapat empat counter check-in yang mengadopsi konsep bandara kelas dunia secara terbuka. Di area tersebut dilayani oleh 80 unit counter. Pengantar dan penumpang bisa memasuki area check-in ini.

Pada area check-in terdiri dari counter A khusus untuk semua penerbangan internasional. Maskapai yang melayani antara lain Garuda, Mandala, Air Asia, Value air, Fire fly, Malaysia Airlines,  Silk Air, Sriwijaya, dan Lion Air.

Counter check-in B khusus untuk penerbangan domestik bagi maskapai Garuda Indoenesia dan Lion Air. Counter check-in C untuk penerbangan domestik selain kedua maskapai tersebut yakni Citylink, Mandala dan Sriwijaya Air. Di counter check-in D digunakan untuk penerbangan domestik menggunakan pesawat-pesawat kecil seperti Wings Air, Sky Aviation, dan Susi Air.

Setelah memilih maskapai yang akan digunakan dan masuk ke counter check-in yang tepat, calon penumpang telah emiliki tiket kemudian mengambil boarding pass. Di counter check-in ini telah menggunakan teknologi paling canggih BHS.

BHS ini merupakan teknologi penanganan bagasi otomatis pertama yang digunakan oleh bandara di Indonesia. Selain memiliki tingkat pendeteksi keamanan tertinggi (Level 5), teknologi ini memungkinkan penumpang untuk melakukan pendaftaran bagasi di konter manapun tanpa takut barangnya tertukar jadwal penerbangan.

“Kemudian mereka bisa langsung turun ke lantai dasar dan bagasi langsung ke area pesawat. Calon penumpang turun ke ruang tunggu atau boarding lounge,” ujar Kepala Otoritas Bandara Wilayah II Kualanamu Sumatra Utara, Abdul Hani, seperti dikutip dari bisnis-sumatra.com, Jumat (26/7).

Penumpang harus menempelken boarding pass untuk memasuki boarding lounge. Pengantar tidak dapat memasuki area boarding lounge dan hanya sampai di check-in area.

Bagi penumpang dengan tujuan penerbangan internasional, boarding lounge berada di sebelah kiri melalui counter imigrasi di gate 1-4. Sedangkan boarding lounge untuk penerbangan domestik berada di sebelah kanan pada gate 5-12.

Di area boarding lounge, penumpang dapat menyaksikan lalulalang pesawat di apron. Boarding lounge memang didesain menggunakan kaca transparan agar dapat melihat ke area apron tetapi tidak terganggu dengan panas matahari. Setelah itu, jika sudah ada panggilan keberangkatan calon penumpang bisa memasuki pesawat melalui pintu yang tersedia.

Semoga artikel cara check-in di Bandara Kualanamu dapat membantu para calon penumpang. Pilihlah transportasi dari Medan-Kualanamu sesuai yang dinginkan

Tips menuju Bandara Kualanamu dari Medan

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *