Ingin Tidur Nyenyak Selama Bulan Ramadhan?

  • Whatsapp

Selama bulan Ramadhan, puasa tentu menjadi hal utama yang harus dijalani sebagai ibadah. Selama berpuasa, ternyata tidak hanya pola makan saja yang berubah tetapi juga pola tidur. Sadar atau tidak, aktivitas sahur selama bulan Ramadhan sedikit banyak mempengaruhi pola tidur. Karena pola makan memang harus berubah, pola tidur jangan sampai terganggu agar tubuh tetap sehat dan bugar selama menjalani puasa. Agar kesehatan tidak terganggu saat berpuasa, maka salah satu aspek yang sangat perlu diperhatikan adalah pola tidur.

Read More

Ketika pola tidur tergangu karena aktivitas sahur di waktu subuh, tubuh menjadi lemas dan sering merasa ngantuk di siang hari. Hal tersebut juga dipengaruhi oleh tubuh yang kurang zat makanan selama berpuasa, sehingga kurang juga pasokan energi. Lemas dan ngantuk memang akan selalu mengiringi kita ketika berpuasa karena jam tidur yang kurang umumnya. Agar ibadah  puasa tidak terganggu dengan kondisi fisik yang lemas dan ngantuk, tidak mudah lapar, tidak selalu merasa lelah, maka ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan, yaitu membuat tidur lebih nyenak.

Ya, tidur lebih nyenyak bisa menambah pasokan energi agar lebih tahan dan segar lebih lama ketika berpuasa. Hal ini bisa dilakukan dengan memperbaiki pola tidur dan memakan zat-zat makanan yang dapat membuat tidur lebih nyenyak. Selain itu menjaga kesegaran tubuh juga bisa membuat tidur lebih nyenyak. Untuk lebih lengkapnya silahkan baca uraian berikut ini.

Seperti yang dikutip dari Tempo, sebuah studi dari Universitas Pennsylvania mengungkapkan bahwa pola tidur yang tidak baik atau tidak nyenyak ternyata sedikit banyak dipengaruhi oleh makanan. Karena itulah orang-orang harus memperhatikan kandungan pada makanan yang dikonsumsinya agar mendapat kualitas tidur baik dan terjaga. Berikut cara mendapatkan tidur nyenyak beserta jenis-jenis makanan yang bisa Anda coba:

Membuat Tidur Lebih Nyenyak Selama Bulan Ramadhan

1.      Perbaiki Pola Tidur

Tidurlah lebih dini dan jaga kebugaran tubuh dengan berolahraga. Salah satu caranya memang tidur lebih dini, dan biasakan pola tidur tersebut selama bulan Ramadhan. Setelah berbuka puasa, tidurlah lebih awal agar ada tenaga untuk Shalat Tarawih dan tidurlah setelahnya. Kemudian bangunlah lebih awal untuk sahur dan upayakan untuk kembali tidur jika masih ada waktu sebelum beraktivitas dan memulai puasa.

2.      Lycopene

Makanlah jenis makanan yang mengandung zat ini di saat sahur, seperti jeruk, pepaya, serta semangka. Rutinlah memakan jenis buah-buahan tersebut agar bisa tidur lebih nyenyak.

3. Selenium

Ikan tuna, cod, dan kerang mengandung selenium yang bisa menngkatkan kualitas tidur Anda. Kacang-kacangan juga baik dimakan ketika berbuka dan sahur.

3.      Vitamin C

Makanlah makanan yang kaya akan kandungan vitamin C karena sama seperti Lycopene, vitamin C juga sangat baik untuk membuat tidur kita lebih nyenyak. Selain itu kandungan makanan dengan zat tersebut juga baik untuk kesehatan dan kebugaran serta daya tahan tubuh.

4.      Karbohidrat

Karbohidrat yang terkandung dalam makanan mudah untuk dicerna, empat jam sebelum tidur, menurut The American Journal of Clinical Nutrition. Makanlah makanan yang mengandung karbohidrat karena akan membuat tidur lebih cepat dan lebih nyenyak.

Itulah tips dan kandungan makanan yang patut dipilih untuk membuat tidur lebih nyenyak selama bulan Ramadhan. Semoga bermanfaat.

Referensi: Tempo

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *