Berbagai Makanan Sehat Saat Sahur

  • Whatsapp

Makanan sehat sebenarnya tidak terlalu susah untuk ditemukan. Setiap kita makan maka makanan sehatlah yang paling utama harus kita konsumsi. Di samping itu makanan sehat juga tentu menyehatkan tubuh. Terkadang kita selalu selera dengan melihat berbagai jenis makanan yang hadir di hadapan kita, apalagi melihat tampilan dan komposisi utama dari makanan tersebut. Termasuk makanan cepat saji yang biasanya enak dan mudah serta murah. Banyak orang lebih sering memilih jenis-jenis makanan cepat saji dan enak dilihat saja, dan sering melupakan kesehatan dari makanan tersebut.

Berbagai Makanan Sehat Saat Sahur
Makanan Sehat (Google.com)

Setiap orang, termasuk kita, memiliki berbagai jenis makanan favorit yang akan dengan senang hati kita santap. Apalagi ketika kita masih di usia muda, kesehatan belum menjadi sebuah prioritas yang terpikirkan untuk kita jaga. Selain itu, belum ada bayangan akan kesehatan di hari tua sehingga belum ada tindakan pencegahan yang sebenarnya menjadi keharusan pokok dari kita. Makanan sehat selalu menjadi jawaban untuk menjaga kesehatan dan melakukan berbagai antisipasi akan datangnya penyakit di hari tua kita nanti. Teristimewa di bulan suci Ramadhan ini, makanan sehat tentu menjadi jalan untuk memperlancar ibadah puasa.

Read More

Di saat puasa biasanya kita rentan terkena penyakit, karena energi dan makanan yang diserap menjadi terbatas. Untuk itu, setidaknya kita menjaga konsumsi makanan sehat agar ibadah puasa yang dijalani pun dapat berjalan lancar. Khusus ketika Anda puasa, berikut berbagai makanan sehat yang sebaiknya Anda konsumsi di saat sahur.

3 Makanan yang Wajib Dikonsumsi Saat Sahur

1. Air dan Makanan Kaya Vitamin
Minum minuman yang kaya akan kandungan elektrolit terlebih dahulu di saat sahur, seperti misalnya air kelapa. Kandungan air kelapa yang kaya akan elektrolit biasanya akan membuat kita merasa semakin haus, untuk itu minum air putih setelahnya dengan kadar yang banyak. Setelah itu makanan bervitamin seperti buah-buahan yang kaya vitamin dan serat akan membantu menstabilkan kondisi tubuh Anda.

2. Makanan yang Mengandung Karbohidrat Kompleks
Memanfaatkan makanan sehat yang mengandug karbohidrat seperti bubur kacang hijau dengan campuran gula aren, nasi putih atau merah, dan sebagainya bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih stabil meskipun saat puasa yang banyak menyerap zat makanan. Makanan yang mengandung karbohidrat kompleks mampu membuat tubuh Anda menjadi lebih tahan lama untuk merasa lapar dan bertenaga.

3. Manfaatkan Makanan Berlemak
Kandungan lemak pada makanan umumnya mampu menahan pergerakan perut sehingga mampu menahan rasa lapar. Selain itu kandungan lemak juga menyehatkan tubuh dan membuat tenaga di dalam tubuh lebih tahan lama, sehingga aktivitas puasa bisa diperlancar.

Itulah beberapa makanan sehat yang bisa Anda manfaatkan di saat sahur. Makanan tersebut umumnya membuat tingkat dehidrasi nantinya saat menjalani puasa lebih rendah, dan membuat tubuh lebih tahan rasa lapar. Selain itu makanan sehat tersebut tentu bisa membuat tubuh Anda menjadi lebih sehat. Semoga bermanfaat.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *