Tips agar tidak tertinggal dari kompetitor bisnis anda

  • Whatsapp

Read More

Menjalankan marketing suatu produk atau jasa di social media memang bukan perkara mudah. Banyak kompetitor menjalankan strategi serupa. Maka Anda wajib waspada dengan kiat-kiat yang mereka jalankan di social media seperti Facebook atau Twitter. Bukan saja masalah teknis, tapi juga kemampuan menganalisa kondisi lapangan.

Ada empat langkah yang bisa mulai dijalankan jika Anda tidak ingin tertinggal dari kompetitor bisnis Anda. Apa saja itu?

1. Merangkak

Mulailah dengan merangkak, yakni mengamati siapa saja target dan lingkungan bisnis Anda di dunia maya. Social media mempermudah Anda menjalankan ini, sebab bisa langsung memantau apa dan siapa yang sedang terjadi. Mulai dari web Anda sendiri dengan memanfaatkan tool analisa seperti  Google Analytics yang membuat Anda tahu siapa saja yang mengunjungi web Anda, dan topic apa yang mereka sukai. Lalu Twitter dan Facebook juga membantu Anda mengenali siapa target market dan klien Anda.

2. Berjalan

Sudah kenal siapa mereka? Berjalanlah, dalam artian mulai terkoneksi dan berinteraksi dengan mereka. Komunikasi yang baik dengan target market dan klien di social media akan sangat membantu Anda memahami apa yang mereka butuhkan dan inginkan. Sehingga Anda dapat menyesuaikan konsep bisnis atau jenis produk/layanan ke mereka.

3. Lari

Berlarilah, kejar mereka. Perbanyak keterlibatan dengan target market, klien, atau mitra bisnis. Baik itu di Twitter, Facebook, maupun blog perusahaan Anda. Jangan biarkan mereka menjauh dari Anda.

4. Berkembang

Orang akan segera sadar bahwa perusahaan atau organisasi Anda sangat dibutuhkan, jika Anda tahu bagaimana memanfaatkan social media. Berbagilah pengalaman dan pengetahuan di sana, agar orang sadar bahwa mereka membutuhkan Anda. Berbagi ide dan kreativitas di Twitter atau Facebook, meluangkan waktu untuk mendengar komplain pelanggan, akan membuat mereka semua memerlukan kehadiran Anda. Dengan cara ini maka branding perusahaan Anda bisa berkembang, dan itu mempengaruhi jalannya bisnis.

Sumber artikel: barnraisersllc.com / Sumber gambar: trackandfieldathletesassociation.org

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *