Tips Agar Otak Segar Dari Kegiatan Online

  • Whatsapp

Tips Agar Otak Segar Dari Kegiatan Online – Komputer yang mulai lemot bekerja, biasanya kita reboot atau restart. Bagaimana kalau kita sendiri yang butuh reboot? Nah, ini dia. Akibat terlalu sibuk terkoneksi dunia maya, dengan berbagai aplikasinya, kita sering tidak sadar bahwa sama seperti komputer, manusia juga butuh istirahat.

Read More

Berapa banyak aplikasi yang selama ini menyedot perhatian kita? Email, Facebook, Yahoo Messenger, BlackBerry Messenger, Twitter, Blog, dan banyak lagi. Jangan heran kalau seringkali otak kita seperti lemot, hang, karena memproses terlalu banyak informasi. Akibatnya bisa sulit tidur, susah konsentrasi, penat, badan tidak bugar bahkan bisa sakit.

Tips Agar Otak Segar Dari Kegiatan Online

Berikut ada 5 langkah agar kita bisa ikut reboot sejenak dari semua kesibukan online:

1. Log out dulu

BlackBerry yang terus-terusan bunyi menandakan email masuk, mention Twitter, atau update status Facebook, bikin otak kita hang jugakan? Ayo coba log out dulu dari semua akun online-mu.

2. Matikan ponsel

Bahkan kalau perlu matikan saja ponselmu. Matikan di sini betul-betul dimatikan lho, bukan hanya di-silent saja. Lakukan ini menjelang malam hari, sehingga kamu bisa benar-benar beristirahat total. Dan ketika pergi tidur pun kamu tidak perlu memikirkan banyak masalah.

3. Selalu matikan komputer

Biasakan untuk mematikan komputer total, bukan hanya menutup atau membuatnya berhibernasi. Terutama jika komputer ini ada di dalam kamar kita. Ini penting, sebab komputer yang masih menyala sering mengirimkan notifikasi adanya pesan yang masuk. Atau setidaknya masih menggoda kita untuk membukanya.

4. Jauhkan ponsel

Kalau ponsel sudah dimatikan tapi tetap saja tergoda untuk menyalakan dan memeriksa pesan masuk, sama juga bohong ya. Maka letakkan ponselmu sejauh mungkin darimu, agar tidak terlihat. Taruh saja di rak buku di ruangan lain, bukan di kamarmu. Dengan tidak melihatnya, maka godaan untuk menyalakannya makin sedikit.

5. Nikmati waktu bebas

Jangan memikirkan siapa yang akan menghubungimu, atau kamu harus mengirim email ke seiapa. Nikmati saja waktu bebas dari segala jenis hubungan online. Rasakan betapa nyamannya tidak harus terus menerus di depan komputer atau layar ponsel. Dengan begitu, kamu bisa pergi tidur dengan tenang, dan esok pagi terbangun lebih bugar.

Sumber : kidshealth.org  / Gambar: karinaghita.wordpress.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *