Medan Berotensi Kegiatan Bisnis MICE

  • Whatsapp

Dunia MICE (Meeting, Incentive, Convention, and Exhibition) adalah dunia yang belum terjamah dengan baik di Indonesia. Padahal dunia MICE merupakan salah satu andalan pariwisata di beberapa negara maju. Dunia MICE merupakan salah satu dunia bisnis yang menjanjikan. 

Read More

Namun baru sedikit sekali pihak Indonesia yang mau bermain di dunia MICE. Mungkin salah satu penyebabnya adalah kurangnya pengetahuan tentang MICE di Indonesia. Namun di Indonesia sudah mulai ada lembaga pendidikan yang memberikan pendidikan tentang MICE. Banyak negara yang sudah menjadikan dunia MICE sebagai salah satu potensi wisatanya.

Pertemuan, Insentif, Konvensi, dan Pameran, dalam industri pariwisata atau pameran, adalah suatu jenis kegiatan pariwisata di mana suatu kelompok besar, biasanya direncanakan dengan matang, berangkat bersama untuk suatu tujuan tertentu.

Kendati masih minim agenda wisata di Sumut namun pelaku perhotelan masih melihat bisnis pariwisata dengan positif. Pasalnya masih banyak kunjungan wisatawan ke Medan terutama menyangkut urusan bisnis. 

Medan menurut Muhammad Rusdi GM Putra Mulia Hotel merupakan potensi yang cukup besar untuk kegiatan Meeting, Incentive, Convention dan Exhibition (MICE).

“Terlebih saat ini persaingan bisnis hotel di Medan cukup tinggi, apalagi jika  Bandara Kualanamu mulai beroperasi di tahun ini,” katanya di Medan, Selasa (9/4/2013). 

Diperkirakan perpindahan manusia dari satu tempat ke Medan semakin tinggi. Ini sesuai dengan perkiraan bandara baru tersebut bisa menampung hingga 10 juta penumpang per tahun.

“Saya lihat banyak hotel mulai tumbuh di Kota Medan, mereka membuat ancang-ancang kalau nantinya bandara internasional infrastruktur hotel sudah siap. Namun kalau tidak ada jaminan dari pemerintah untuk menaikkan citra positif keamanan dan kenyamanan Medan dan Sumut maka ini akan sia-sia saja,” ujarnya.

Saat ini menurut Rusdi occupansi hotel mencapai 65-67 persen perbulannya, namun ia optimis dengan jaminan rasa aman bagi wisatawan dan penambahan kamar di hotelnya occupansi bisa meningkat di kisaran 70 persen ke atas. 

“Jadi di 2013 hunian kamar di sini bisa lebih berkembang lagi,” katanya. Pihaknya pun untuk meningkatkan occupansi tersebut gencar melakukan promo-promo hotel.

Sumber: medan.tribunnews.com

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *