Bahaya dari kurang tidur

  • Whatsapp

Read More

Harap berhati-hati bila anda dalam kondisi kurang tidur. Sebab, banyak penyakit yang mengintai tubuh anda bila diposisikan sehari-hari tidur hanya beberapa jam. Berikut bahaya dari kurang tidur.

1. Stroke

Meskipun Anda tidak punya faktor tertentu, seperti obesitas atau sejarah keluarga, risiko stroke dapat meningkat jika Anda kurang tidur, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu. Setidaknya orang dewasa yang tidur malam kurang dari enam jam sehari memiliki risiko stroke empat kali lipat lebih tinggi.

2. Obesitas

Penelitian lain juga membuktikan kalau kurang tidur mempengaruhi nafsu dan pola makan seseorang. Hal ini ada kaitannya dengan hormon. Karena jika tubuh tidak cukup beristirahat, hormon yang berhubungan dengan nafsu makan jumlahnya meningkat drastis. Sehingga pola makan yang tidak terkontrol akhirnya memicu obesitas. 

3. Diabetes

Sebuah penelitian kecil pada tahun 2012 mengaitkan hubungan antara kurang tidur dan resistansi insulin – faktor risiko dari diabetes.

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa responden yang kurang tidur memiliki resistansi insulin yang tinggi. Artinya tubuh tidak mampu menggunakan hormon insulin dengan efektif. Sehingga kurang tidur pun membuat risiko diabetes meningkat.

4. Hilang ingatan

Ketika tubuh begitu lelah, biasanya seseorang pun menjadi kurang fokus dan mudah lupa. Jika Anda kurang tidur, ingatan bahkan bisa hilang sepenuhnya. 
Penelitian pun menjelaskan kenapa kurang tidur membuat ingatan bisa hilang. Proses penyimpanan memori yang terjadi ketika tidur akan terganggu jika seseorang tidak mampu memenuhi kebutuhan istirahatnya setiap hari. 

5. Osteoporosis

Dalam jangka panjang, kurang tidur juga mampu meningkatkan risiko osteoporosis. Kepadatan mineral dalam tulang menurun drastis jika seseorang memiliki kualitas tidur yang buruk, demikian menurut penelitian pada tahun 2012 lalu. 

“Selain merusak tulang, kurang tidur akan membuat seseorang gagal memperbaiki kerusakan tersebut menjelang usia senja,” papar peneliti saat itu.

6. Kanker

Sebuah penelitian kecil lain pada tahun 2010 membuktikan satu lagi dampak mengerikan dari kurang tidur, yaitu meningkatkan risiko kanker. 
Kanker usus besar dan payudara adalah jenis penyakit yang mengancam jika seseorang hanya tidur kurang dari enam jam setiap hari. Jadi sebaiknya perbaiki kualitas tidur untuk menurunkan risiko kedua kanker tersebut.

7. Penyakit jantung

Bukan cuma stroke, kurang tidur pun membahayakan kesehatan jantung seseorang. Sebab tidur terlalu sebentar membuat tubuh memproduksi hormon dan kimia yang mampu memicu penyakit jantung, demikian menurut penelitian pada tahun 2011 silam. Setidaknya, seseorang harus tidur lebih dari enam jam sehari untuk memangkas risiko penyakit jantung.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *