Akan di bangun outer ring road bagian utara

  • Whatsapp

 

Read More

Pemko Medan berencana membangun jalan lingkar luar (outer ring road) bagian utara. Pembangunan outer ring road ini akan dimulai dari Jalan Rawi I Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, sampai kawasan Danau Siombak. 

Hal tersebut disampaikan Walikota Medan Drs H Ruhudman Harahap MM didampingi Sekda Kota Medan Ir Syaiful Bahri Lubis MSi, Kepala Dinas TRTB Sampurno Pohan serta pimpinan SKPD Lingkungan Pemko Medan saat meninjau ke Jalan Rawi I Kelurahan Martubung, Kecamatan Medan Labuhan, Kota Medan, Sumatera Utara, Selasa (02/04/2013) siang. 

Selain untuk mendukung kelancaran arus lalu lintas, pembangunan jalan lingkar luar ini untuk mendukung kelancaran ekonomi masyarakat sekitar, mengingat lokasinya berdekatan dengan Kawasan Industri Medan (KIM) Mabar.

Untuk pembangunan jalan ini Pemko Medan akan berkoordinasi dengan Masyarakat yang lahannya terkena, “Ada lahan yang sudah dibebaskan dan ada yang belum dibebaskan. Jadi besok saya minta Kadis Tata Ruang dan Tata Bangunan untuk mengekspose setplanenya. Setelah itu dibentuk tim untuk melakukan pembebasan lahan supaya jalan ini menjadi jalan lingkar luar bagian utara,” kata Walikota. 

Menurut Rahudman, jalan lingkar luar yang akan dibangun nanti mulai dari Jalan Rawi I tembus sampai kawasan Danau Siombak. Dengan demikian Kota Medan akan memiliki jalan lingkar luar yang mengelilinginya. Untuk Jalan Rawi I, pembangunannya akan dimulai tahun ini. Sebelum pembangunan dilakukan harus dilakukan pembebasan lahan milik warga sehingga Jalan Rawi I tembus sampai Martubung yang kini sudah 2 jalur. 

“Jika pembangunan selesai, maka Jala Rawi I akan jadi 2 jalur,” ungkapnya. 

Pembangunan jalan lingkar luar ini, urai Walikota, guna mendukung kelancaran ekonomi karena lokasinya sangat berdekatan dengan KIM Mabar. Selain itu untuk mendukung kelancaran arus lintas, termasuk koridor Yos Sudarso menjadi lebih baik terkait dengan dioperasikannya bus massal.

Sementara itu Kadis TRTB Kota Medan Ir Sampurno Pohan menjelaskan, lebar Jalan Rawi I yang akan dibangun nanti lebih kurang 26 meter, sedangkan panjang lahan milik warga yang akan dibebaskan lebih kurang 600 meter dengan menggunakan dana APBD. Sebagai langkah awal pembangunan, Sampurno mengaku pihaknya mulai bulan ini melakukan pendataan untuk melakukan inventarisasi di lapangan. 

“Setelah itu lanjutkan dengan pematokan. Dari as jalan, ke kiri 13 meter dan ke kanan 13 meter sehingga lebar keselurahan jalan yang akan dibangun 26 meter,” kata Sampurno. 

Ketika melakukan penijauan, Walikota mengecek kondisi Jalan Rawi I. Kondisi jalan sedikit rusak dan berabu sehingga sangat mengganggu kenyamanan warga yang melintasinya. Di samping itu kondisi jalan masih satu jalur yang acap kali menyebabkan terjadinya kemacetan ketika sampai di persimpangan Martubung, persisnya kawasan Pasar Uka. Karena itulah Walikota minta agar pembangunan Jalan Rawi I dilakukan tahun ini dan dijadikan menjadi dua jalur.

Sumber

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *