16 hal menyebabkan tidur jadi berbahaya

  • Whatsapp

Read More

Tidur adalah salah satu cara istirahat yang paling baik dan maksimal. Sebagian anggota tubuh diistirahatkan ketika tidur, sehingga metabolisme tubuh bisa ditata kembali dan sel-sel tubuh yang mati bisa melakukan regenerasi.

Kekurangan tidur bisa berbahaya bagi kesehatan. Tidur yang cukup akan membuat tubuh menjadi segar kembali dan bersiap untuk melanjutkan aktivitas sehari-hari pada keesokan harinya. Namun tidur dengan cara yang salah juga bisa menimbulkan penyakit dan berakibat fatal. 

Berikut 16 hal yang menyebabkan tidur menjadi berbahaya: 


1. Tidur Dengan Lampu Yang Terang
Ketika tidur hormon melatonin akan dihasilkan ketika ruangan dalam keadaan gelap/ remang-remang. Kegunaan hormon melatonin adalah meningkatkan imun tubuh, menimbulkan relaksasi otot dan membantu meningkatkan mood dan menghilangkan ketegangan. Jadi sebaiknya matikan lampu di saat tidur, untuk memaksimalkan produksi melatonin, sehingga akan memberikan kualitas bagi tidur Anda. 


2. Memakai Jam Tangan Saat Tidur
Sebagaian besar orang tidak mengetahui, kalau jam tangan mengandung gelombang radioaktif, meskipun tak banyak tapi jika keadaan ini berlangsung terus-menurus akan berbahaya bagi tubuh. 


3. Memakai BH Saat Tidur
Hindari memakai BH disaat Anda sedang tidur. Hal ini dikarenakan payudara akan tertekan, sehingga akan memungkinkan resiko kanker payudara. 


4. Meletakkan HP Di Ranjang
Usahakan untuk menaruh hp jauh dari tempat tidur karena gelombang sinyal HP yang terpancar bisa membayakan dan merusak system syaraf manusia. 


5. Tidak Menghapus Kosmetik
Bersihkan kosmetik saat hendak tidur karena sisa-sisa pemakaian kosmetik dapat menyumbat pori-pori wajah dan akan menimbulkan masalah kulit. 


6. Mendengarkan Musik/ Headset
Hal ini bisa membuat otak yang seharusnya beristirahat menjadi terus bekerja karena terus mengolah suara yang datang disaat kita tertidur. Walaupun otak sebenarnya tidak pernah tidur, akan tetapi beban otak akan semakin bertambah. 


7. Menyalakan TV atau Lap Top
Hal ini bisa membuat otak yang seharusnya beristirahat menjadi terus bekerja karena terus mengolah suara dan cahaya yang datang disaat kita tertidur. Sehingga terkadang kita bangun dalam keadaan pusing. 


8. Tidur Di Ruang Tertutup
Biarkan pintu terbuka, sehingga udara di dalam kamar tidak pengap, sehingga terjadi pertukaran udara. Asupan oksigen sangat diperlukan di saat kita tertidur, kekurangan oksigen akan membuat kualitas tidur kita menjadi menurun. 


9. Tidur Dengan Bantal Terlalu Tebal
Hal ini bisa membuat tulang leher menjadi tertekuk, sehingga disaat bangun tidur, leher akan terasa sakit. Sering memakai bantal yang terlalu tebal juga bisa merubah bentuk struktur tulang leher. 


10. Menutup Wajah Dengan Selimut
Saat menghembuskan nafas karbondioksida akan dikeluarkan. Jika kita menutup wajah dengan selimut maka zat karbondioksida yang terdapat pada sisa pernafasan akan dihirup kembali.


11. Tidur Larut Malam
Begadang tidaklah baik dari segi kesehatan. Dengan tidur terlalu malam, akan membuat kualitas tidur kita menjadi berkurang. Sehingga menyebabkan badan pegal-pegal dan masih mengantuk disaat pagi hari, sehingga akan mengganggu pekerjaan di siang hari. 


12. Tidur Tengkurap
Saat kita tengkurap dada kita akan tertekan, sehingga udara yang kita hirup dan oksigen yang kita butuhkan menjadi berkurang.


13. Tidur Di Lantai
Inilah yang bisa menimbulkan penyakit paru-paru basah. Dinginnya lantai pada malam hari akan diserap dan mengendap di paru-paru. 


14. Tidur Berkipas Angin
Jika tidur terlalu sering memakai kipas angin diibaratkan kita menaiki mobil dengan membuka jendela. Yang terjadi adalah rasa mual, pusing dan tidak enak badan. 


15. Langsung Tidur Setelah Makan
Biarkan makanan turun dulu selama 30 menit. Jika kita tidur setelah makan maka zat makanan akan tertahan di suatu bagian pencernaan, sehingga menyebabkan kegemukan dan menimbulkan penyakit. 


16. Tidur Telentang
Ini yang paling berbahaya dari seluruhnya, kenapa? Karena melakukan aktivitas tidur dengan menelan Tang. Besar dan sangat sulit dimasukkan dan tak kan mungkin ada yang berniat untuk melakukannya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *