Wisata Medan

  • Whatsapp

Wisata MedanMedan, sepertinya Anda wajib mengagendakan ibu kota provinsi Sumatera Utara ini sebagai kunjungan wisata. Tidak hanya memiliki Danau Toba, kota terbesar ketiga Indonesia ini ternyata menyimpan segudang obyek wisata menarik. 

Read More

Mulai dari bangunan bersejarah, budaya tradisional yang kental, hingga tempat-tempat kuliner baru yang menjadi pusat berkumpulnya kaum muda. Mari kita telaah satu per satu obyek wajib kunjung ini.

Istana Maimun

Bangunan megah ini merupakan istana kuno yang mengawinkan arsitektur Eropa dan Timur Tengah. Berbalut warna kuning dan hijau Istana Maimun yang dibangun pada tahun 1988 ini menunjukkan keanggunannya.

Menurut sejarah, istana ini dibangun oleh arsitek asal Belanda, Theo Van Erp pada masa Kesultanan Deli atas prakarsa Sultan Makmun Al-Rasid. tak heran jika dalam pembangunannya bayak material dan perabotan istana yang didatangkan langsung dari Eropa, bahkan di setiap ruangan menggunakan batu marmer yang di impor dari negara yang berbeda. Tentu saja ini yang menjadikan Istana Maimun sangat kaya akan budaya luar.

Istana Maimun Medan

Istana Maimun sendiri terdiri dari dua lantai yang terbagi menjadi tiga bagian, yaitu bangunan utama, sayap kiri, dan sayap kanan. Di depan kompleks istana Maimun, terdapat Masjid Al-Maksum yang dikenal sebagai Masjid Raya Medan. Dan di plataran halaman Istana Maimun terdapat Meriam Butung. Orang asli Medan menyebutnya Meriam Puntung yang memiliki legenda tersendiri. 

Penasaran dengan legenda ini? Anda dapat langsung mengunjungi istana yang terletak di jalan Brigjen Katamso, Medan ini. Bagi para pelancong, anda tidak perlu khawatir tidak mendapatkan tempat penginapan. Kota yang berbatasan dengan Malaysia, Thailand, dan Singapura ini menyediakan ratusan penginapan yang tersebar di setiap sudut kota.

Gereja Velangkani

Bangunan lain yang tidak kalah menarik perhatian wisatawan adalah Gereja Khatolik Annai Maria Velangkani di daerah Sakura Indah, Tanjung Selamat. Desain gerejanya cukup unik. Memadukan gaya Islam dan Hindu yang berkembang pada masa kejayaan Dinasti Mongolia Lama.

Gereja Velangkani Medan

Sekilas bangunan gereja ini memang lebih mirip pura, namun di dalamnya terpampang simbol-simbol katolik yang dikemas dengan sangat religius. Bagian yang paling menarik adalah menara tinggi yang terdapat pada bagian tengah gereja. 

Pada bagian tengah gereja terdapat pintu yang dilengkapi dengan atap teritis berwana kuning. Sedangkan di bagian puncaknya terdapat kubah yang mencerminkan nuansa masjid Timur Tengah. Jembatan yang merupakan akses menuju gereja pun didesain berkelok membentuk lingkaran untuk melengkapi kemegahannya.

Danau Toba

Anda mungkin akan sulit menjumpai keindahan ini di tempat lain. Danau vulkanik sepanjang 100 km dan lebar 30 km yang merupakan danau terbesar di Asia Tenggara ini memiliki panorama yang menyejukkan. Belum lagi keunikan tradisi masyarakat setempat yang menambah daftar kekaguman pada wisata ini. 

Danau Toba Medan

Dibutuhkan sekitar 4-5 jam perjalanan dari Medan menuju Danau Toba. Namun jarak tempuh ini dijamin tidak akan menjemukan karena di sepanjang jalan mata Anda akan dimanjakan dengan jajaran pohon pinus yang tertata rapi. Terdapat dua rute utama untuk mencapai Danau Toba, yang pertama melalui Kota Brastagi, dan yang kedua melalui Medan-Tebing Tinggi-Pematang Siantar –Parapat. 

Disekitar Danau Toba terdapat banyak sekali toko-toko yang menjajahkan hasil bumi tanah Batak dan juga suvenir khas. Ulos dan segala macam kerajinan dari Tapanuli. 

Nah jika Anda memiliki cadangan fisik yang prima, Anda juga wajib mencoba menjelajah rute eksotik disekitar Danau Toba dan Pulau Samosir. Mulai dari Medan-Prapat–Tomok–Tuktuk–Ambarita–Pantai Pasir Putih Pangururan–Tele-Sidikalang–Kabanjahe–Berastagi dan kembali lagi ke Medan.

Maha Vihara Maitreya

Etnis Tionghoa yang banyak tersebar di Medan juga menyisakan tradisi yang menarik hati para pelancong. Salah satunya vihara megah bernama Maha Vihara Maitreya yang kabarnya merupaan vihara terbesar di Asia Tenggara.  

Kuil Cemara Medan

Memasuki areal vihara, Anda akan disambut dengan empat patung singa putih yang berjejer di samping anak tangga menuju pintu utama. Tampak sebuah plataran yang digunakan untuk sembahyang sebelum masuk ke dalam pintu utama.

Pada bagunan utama terdapat altar besar yang dilengkapi dengan patung raksasa Sang Budha, Patung Dewi Kwan In dan patung Hakim Bao. Sementara di sisi kiri vihara Anda bisa menemukan sebuah kolam besar dengan tanaman air yang asri, ikan warna-warni, dan patung-patung suci. Yang jelas, bnaya sekali spot menarik yang wajib diabadikan di tempat ini. 

Merdeka Walk

Jika Anda sudah puas menikmati sejumlah wisata sejarah Medan, silahkan bertandang ke Merdeka Walk. Satu kawasan yang merupakan tempat berkumpulnya kaum muda ota Medan. Di tempat ini Anda bisa mencicipi segala jenis kuliner khas Medan.

Letaknya sangat strategis, tepat di tengah Lapangan Merdeka Medan yang merupakan jantung kota Medan, atau tepatnya di seberang stasiun kota. Salah satu sajian yang menjadi favorit para pengunjung adalah berbagai macam dimsum ala Medan dan teman-temannya. 

merdeka walk

Oleh-oleh khas Medan

Tak hanya terkenal dengan tempat wisata yang indah dan menawan, ternyata Medan juga merupakan surga bagi pecinta kuliner. Berikut sajian khas Medan paling dicari:

– Bika ambon Zulaikha, Jalan Mojopahit no. 63, Medan.

Bolu Gulung Meranti, Jalan Kruing No.2K, Medan.

– Pancake Durian, Durian House-Jalan Skip no.67H, Medan.

Selain kuliner menjadi oleh-oleh khas Medan, ada juga kreatifitas anak Medan yang pantas di sentuh 🙂

– Baju Punya Medan, Jalan Asrama Komplek Bumi Asri C57-58 Twitter: @punya_medan  Facebook : punya medan web : punyamedan.com 

– Baju Tauko Medan, Jalan Sei Batang Serangan 39/54 Medan

Taman Wisata Alam Sicike-Cike

Destinasi Wajib Di Medan

Tempat Wisata Medan, Wisata Sejuta Daya Tarik

Taman Buaya Asam Kumbang, Obyek Wisata Medan Yang Wajib Dikunjungi

Maha Vihara Maitreya: Terbesar di Medan, Indonesia, Bahkan Asia Tenggara

Tempat Wisata di Medan Sumatera Utara

Wisata Alam di Medan, Kekayaan Alam yang Sempurna

Berwisata ke Istana Maimun Medan

Tempat Wisata di Sumatera Utara

Tempat Wisata di Medan Sumut

Tempat Wisata Brastagi Medan

Tempat Wisata Di Medan Kota

Wisata ke Medan dengan Beragam Kekayaan Alam

10 Destinasi Pariwisata Kota Medan

Menggencarkan Kembali Program Tour Medan dan Sekitarnya

Nikmati Wisata di Kota “Little Asia”

Obyek Wisata Menarik di Sekitar Medan

Pariwisata di Medan yang Berbau Alam

Wisata Heritage di Lonsum Medan

Wisata Heritage di Bank Indonesia Medan

Wisata Museum Kota Cina

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *