Tips Cegah Sepeda Motor Dipinjam Maling

  • Whatsapp

Sepeda motor dipinjam maling karena kita selalu berfikir lokasi parkir sepeda motornya terlihat aman, diparkir di
halaman rumah atau hanya sebentar saja meninggalkan sepeda motor. Tapi siapa
sangka, si Tangan Panjang rupanya memandang lain lokasi parkir itu.

Tips Cegah Sepeda Motor Dipinjam Maling
Foto: merdeka.com

Read More

Berikut tips yang Admin kumpulkan dari berbagai sumber dan berdasarkan pengalaman untuk mencegah sepeda motor hilang.

1- Selalu kunci stang dan key shutter

2- Jangan tinggalkan sepeda motor dalam gigi netral

3- Bila malam hari, masukkan selalu sepeda motor anda ke dalam rumah

4- Pasang Alarm di sepeda motor anda, alarm yang mematikan arus sehingga sepeda motor tak bisa hidup (plus berbunyi sirene)

5- Pasang sakelar on/off dibawah sadelnya, kalau sakelar posisi off, maka diapapun, sepeda motornya gak bakalan bunyi..

6- Selalu pasang kunci rem cakram (yg berbentuk seperti trisula)

7- Pasang gembok (gembok alarm lbh bagus)

8- Beli rantai untuk roda dengan ukuran yg cukup besar dan agak panjang.

9- Cabut chop busi.

10- Pasang rantai tambahan di pagar rumah anda

11- Parkirlah ditempat yang semestinya, terang benderang, usahakan sedekat mungkin dengan pos jaga.

12- Hati-Hati dengan Mobil Boks, Pickup dan Truk Waspadai jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar parkir sepeda motor anda.

13- Membina Hubungan Baik Dengan Petugas Parkir Dan Tetangga

Duabelas modus operandi yang dicatat pihak kepolisian :

1-berlagak bertamu

2-main tabrak

3-teror di jalan

4-merampas

5-usap balsem

6-dibius

7-hipnotis

8-diangkut mobil boks

9-ilmu sirep

10-gunting gembok

11-ganti plat nomor palsu

12-dan parkir dekat sepeda motor korban.

Nah, mari kita praktekkan hal diatas, walaupun tidak menjamin sepeda motor kita 100% tidak hilang, setidaknya hal-hal diatas dapat memperlambat kinerja maling dan membuat maling MALAS untuk mengincar sepeda motor kita.

Ada tips tambahan dari yamaholigan.com :

Berikut tips yang diterapkan:

1. Parkir di tempat parkir resmi dan aman. Usahakan untuk selalu parkir di tempat parkir resmi dengan tingkat pengawasan dan keamanan yang tinggi. Kalau bisa, pilih saja lokasi parkir yang terdapat petugas yang selalu memeriksa STNK ketika akan meninggalkan tempat parkir, ada tiket bukti parkir, ada kamera pengawas CCTV, dan banyak petugas keamanan yang menjaga di sekitar tempat parkir.

2. Berikan tambahan kunci pengaman pada sepeda motor. Kunci sepeda motor Anda dengan kunci-kunci tambahan, seperti kunci roda, kunci setang rahasia, alarm, gembok, rantai, dan kunci disc cakram.

3. Parkir di tempat yang mudah diawasi. Jika memarkir kendaraan di depan rumah, baik rumah sendiri maupun rumah orang lain, serta di tempat umum, seperti minimarket, sekolah, warung, warnet, dan wartel, sebaiknya parkir di tempat yang mudah terlihat dari dalam serta pasang mata dan telinga Anda. Jangan sampai lalai karena pencuri sepeda motor hanya butuh lebih kurang satu menit atau kurang untuk menggasak sepeda motor Anda.

4. Waspada terhadap mobil boks, pikap, dan truk yang berada di samping sepeda motor Anda. Dari beberapa kasus yang terjadi, pelaku curanmor menggunakan jenis mobil-mobil tersebut yang parkir di samping atau sekitar lokasi parkir sepeda motor Anda. Pencuri sepeda motor dapat dengan cepat menggotong sepeda motor Anda, kemudian membawa kabur sepeda motor Anda untuk selama-lamanya.

5. Amankan barang berharga bawaan Anda. Hati-hati pula terhadap barang-barang berharga yang Anda bawa. Jika ada tempat penitipan helm dan jaket, segera titipkan di tempat tersebut. Jika Anda khawatir dengan tempat penitipan, Anda bisa pasang kotak atau boks sepeda motor di belakang sepeda motor Anda untuk menyimpan barang, seperti helm, berkas, jaket, uang, jaket jas hujan, uang, alat mekanik, payung, senter, air minum, dan baju ganti.

6. Mengurangi perhatian pencuri sepeda motor yang terlihat bagus, baru, dan berdaya jual tinggi dengan sistem pengamanan yang kurang sangat disukai oleh pelaku curanmor. Sementara sepeda motor yang sudah kelihatan jelek dengan pengamanan yang cukup dan bila dijual harganya murah termasuk jenis sepeda motor yang aman dari pencurian sepeda sepeda motor. Menutup sepeda motor Anda dengan kain penutup sepeda motor dapat mengurangi perhatian pencuri dan akan mempersulit pencuri untuk melaksanakan aksinya. Dengan menutup sepeda motor dengan bahan anti-air, juga dapat melindungi sepeda motor dari kehujanan dan terik sinar matahari.

7. Membina hubungan baik dengan petugas parkir dan tetangga. Untuk lebih aman, jika Anda parkir di tempat yang rutin atau sering, misalnya di kampus, kantor, rumah, minimarket, dan warung, Anda bisa pelan-pelan membina hubungan baik dengan orang di sekitarnya. Jika ada waktu, ajak petugas parkirngobrol, nongkrong, dan sebagainya. Kalau punya uang lebih, kita bisa kasih uang rokok ke petugas parkir tersebut. Tujuannya adalah agar tukang parkir jadi kenal dan otomatis kenal dengan sepeda motor yang kita pakai.

Semoga tips ini bisa mencegah pencurian. Jadi jangan pernah berfikir “Ah, Cuma sebentar”. Karena mencegah lebih baik dari pada kehilangan. Sebab, Admin sendiri pernah berfikir seperti itu walau bukan sepeda sepeda motor yang hilang, namun helm kesayangan yang dipinjam si maling tak dikembalikannya. Saat itu di seputaran Teladan ketika membeli sarung tangan. Semoga menjadi pelajaran bagi kita kedepannya menjaga barang. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *