Tips Alternatif Isi Waktu Luang Liburan

  • Whatsapp

Tips Alternatif Isi Waktu Luang Liburan – Liburan tidak harus memilih tempat-tempat yang ramai untuk mengisi libur panjang. Apalagi jika Anda memiliki kesibukan yang tidak dapat ditinggalkan. Anda dapat menciptakan suasana liburan yang berbeda dari sebelumnya.

Memang bila mendengar #LiburPanjang secara sekilas kita memandang sebagai waktunya berjalan – jalan dan bersenang – senang melepas stress & penat dari kesibukan sehari – hari. Tidak salah berasumsi dan berpikiran seperti itu, wajar – wajar aja sih.

Tapi dengan sedikit kreatifitas, ternyata liburan panjang tidak harus dihabiskan dengan keluar kota maupun menempuh perjalanan jauh. Bahkan kegiatan kecil dapat memberikan warna keasikan menghabiskan liburan panjang dalam kebersamaan keluarga.

Tips Alternatif Isi Waktu Luang Liburan

Berikut ini beberapa tips yang dapat kita lakukan menjelang liburan panjang dalam kebersamaan keluarga :

Nonton Tv bersama keluarga.

Merupakan alternatif hiburan paling murah meriah yang bisa dilakukan bersama keluarga, apalagi bagi suami istri yang sama – sama sibuk bekerja, moment nonton bareng anak merupakan moment langka yang jarang didapat.

Berkreasi dengan origami kertas.

Kegiatan melipat, menggunting, menempel, serta membentuk sesuatu dengan kertas selalu menarik bagi anak – anak. Kegiatan ini selalu menarik, menyenangkan serta melatih motorik dan koordinasi mata, tangan dan konsentrasi anak. Agar anak senang pajanglah hasil karya mereka sebagai hiasan rumah.

Memasak bersama

Acara paling seru adalah bereksperimen dengan resep masakan sekaligus mencoba hal – hal baru dengan masakan bersama keluarga anda. Kegiatan memasak bersama anak melatih ketrampilan dalam mengaduk, menimbang, kesabaran serta menghias kue sesuai keinginannya. Asik kan..

Bermain air

Hampir semua anak – anak menyukai permainan air. Sediakan waktu dalam kebersamaan bermain air, tidak harus ke arena permainan air atau ke rekreasi kolam renang, hal terkecil dalam permainan air seperti bermain balon busa sabun, balapan perahu kertas di atas air, mengajak cuci motor atau cuci mobil bareng merupakan kegiatan yang sangat menyenangkan bagi anak.

Nonton bioskop serta berkebun ria.

Menonton film bioskop favorit anak merupakan alternatif liburan yang cukup menyenangkan tetapi harus diperhatikan durasi dari film yang akan ditonton, semakin panjang durasinya si anak mudah bosan. Begitu juga dengan kegiatan berkebun, pilihlah tanaman yang mudah tumbuh serta cepat pertumbuhannya dan tidak memerlukan perawatan yang aneh – aneh. Kegiatan berkebun melatih anak untuk peduli dengan lingkungannya serta menyadari dirinya merupakan bagian dari keseluruhan alam sekitarnya.

Shopping dan makan bersama di luar.

Shopping tidak hanya menyenangkan bagi kaum hawa, tetapi anak – anak juga menyukai kegiatan shopping. Dengan bershopping ria si anak menemukan hal – hal baru yang menarik. Dan sudah menjadi setali tiga uang, selesai letihnya bershopping ria biasanya anak mudah lapar dan sediakan waktu dalam kebersamaan untuk makan bersama dengan suasana yang berbeda di luar rumah.

Mengunjungi Museum

Akhir – akhir ini museum sudah jarang diminati untuk dijadikan tempat rekreasi keluarga. Pilihlah museum yang memberikan kebebasan si anak ber-eksplorisasi dengan berbagai interaksinya ( menyentuh, bahkan memainkannya ).

Ayo kapan lagi, ajak keluarga anda dalam kebersamaan menghabiskan waktu liburan panjang.

Namun, ada alternatif lain yakni Memancing, di libur panjang

Sering dibuat bingung ‘mau ngapain’ saat libur panjang tiba ?. Memancing, mungkin bisa menjadi salah satu alternatif yang menarik. Meskipun memancing identik dengan hobi, tapi nyatanya memancing memiliki kenikmatan sensasi sendiri yang membuat siapapun merasa senang meskipun sebetulnya tidak memiliki hobi memancing.

Untuk mengisi liburan diakhir pekan dengan memancing, hal yang pertama harus dibuang adalah stereotip kalau memancing itu sesuatu yang membosankan. Proses kita berhara-harap cemas menunggu kail disambar ikan sampai kemudian umpan kita menuai hasil, adalah sebuah refresh sendiri yang membuat kita sadar “disitulah tantangannya, disitulah kesabarannya, maka disitulah indahnya kemenangan”.

Kemudian, jangan berpikir memancing sebagai kegiatan yang membuang-buang waktu. Ingat, Anda sedang mengisi waktu berlibur, bukan sedang berada di jam kerja. Siapapun tidak berhak memprotes aktifitas berlibur Anda (memancing, red). Nikmatalah waktu luang yang memang ada untuk Anda habiskan dengan menyenangkan.

Untuk mengurangi rasa jenuh (apalagi jika Anda orang yang tidak sabaran), pilihlah lokasi memancing yang tenang, sejuk, dan banyak ikannya. Kadang alam terbuka seperti laut, sungai, ataupun danau (dengan nuansa alaminya) akan terasa jauh lebih mengasyikan dibanding kolam pemancingan umum.

Yang membuat malas kita pergi memancing adalah ‘ogah’ repot dengan berbagai peralatan dan persiapannya, maka dari itu cobalah ajak keluarga, saudara, sahabat atau teman. Mengajak anak kita kadang jauh lebih positif, karena itu akan memberi kesempatan kepada anak-anak kita untuk berinteraksi dengan alam terbuka, melatih mereka kesabaran, dan merasakan indahnya kebersamaan yang total sehari penuh.

Anak-anak mendapatkan peluang untuk bisa menyadari bahwa dengan bersahabat alam, kita akan tetap punya kesempatan untuk memancing ikan-ikan yang tentunya tidak akan hidup di air yang tercemar.

Jadi, tunggu apalagi ?. Agendakan memancing sekarang juga untuk mengisi libur panjang di akhir pekan.

Selain itu, ada Tips nyaman menghabiskan libur panjang: Berikut 5 tips nyaman menghabiskanliburan panjang akhir pekan:

Hindari Macet

Tak ingin terjebak berjam-jam di tengah jalanmenuju destinasi liburan Anda? Berangkat lebih awal. Jika Anda merencanakanberangkat pada pukul 09.00 WIB, majukan rencana jadi berangkat pukul 06.00pagi. Yang lebih aman, berangkatlah malam sebelum tanggal merah.

Memang akan sedikit melelahkan dengan berangkat lebih dulu karena kurang istirahat. Namun Anda bisa menghemat waktu dan bisa beristirahat di penginapan. Hal ini tentu lebih menyenangkan dibanding terjebak macet di jalan sepanjang hari.

Cari alternatif jalanBuka peta dan hidupkan insting petualang Anda. Carilah jalan alternatif jika tidak ingin terjebak macet di jalan utama.Gunakan bantuan tambahan seperti GPS atau sering-sering bertanya pada orangsekitar saat bingung di tengah jalan.

Tapi jangan langsung percaya dengan saranorang yang ditemui di tengah jalan, cek lagi di peta atau GPS. Mencari jalanalternatif atau jalan tikus akan membawa Anda menemukan sisi lain serunyaperjalanan liburan.

Hindari destinasi liburan yang sudah terkenalAlih-alih menikmati pemandangan alam atau landmark terkenal, Anda malah akan berdesakan dengan turis lain. Sebenarnya sah-sah saja berkunjung ke tempat yang ramai wisatawan, namun ada baiknya Anda menghindari tempat wisata yang sudahterkenal. Masih banyak lagi daerah yang belum ramai dikunjungi para wisatawanyang bisa Anda cari tahu sendiri.

Itinerary tak perlu banyak asal berkualitas

Tak perlu segudang rencana untukmendapatkan liburan yang sempurna. Daripada lelah dan kehabisan waktu, lebih baik Anda buat agenda liburan yang sedikit tapi berkualitas.

Pulang pada H-1Seringnya, Anda malah kelelahan di hari terakhir liburan. Hal itu berpengaruh pada aktivitas Anda di keesokan harinya. Buat akhir liburan Anda lebih menyenangkan dengan menyiasati waktu pulang. Jika selama ini Anda pulang di hari terakhir liburan, kini pulanglah padaH-1.

Dengan cara ini, Anda bisa menghindari arusbalik yang macet. Waktu perjalanan pulang pun bisa lebih singkat. Pulang padaH-1 juga berarti menyediakan waktu untuk beristirahat di rumah. Nikmatihari terakhir liburan Anda dengan berleha-leha di rumah. Anda pun bisa lebihsemangat untuk kembali beraktivitas di keesokan harinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *