Manfaat Mandi dan Bahaya Bagi Jarang Mandi

  • Whatsapp

Manfaat Mandi dan Bahaya Bagi Jarang Mandi – Ternyata mandi tidak hanya membuat badan segar, tapi juga ada manfaat lain di balik itu. Baru-baru ini ada penelitian mengenai mandi yang dimana selain untuk membersihkan tubuh ternyata mandi juga memiliki peranan dalm meningkatkan sistem kekebalan,
 mencegah penyakit kulit, bahkan untuk menyembukan masalah medis yang serius.

Read More

Manfaat Mandi dan Bahaya Bagi Jarang Mandi
Gambar Mandi : Manfaat Mandi

Khasiat mandi :

1. Penderita Diabetes

Untuk penderita diabetes, dengan setengah jam berendam dalam Bak air hangat dapat menurunkan
tingkat gula darah sekitar 13%.

2. Kesehatan Jantung

Dengan berendam selama 10 menit dalam air hangat dapat memperbaiki kesehatan jantung baik pria
maupun wanita.

3. Eksema

Eksema adalah peradangan kronik kulit yang kering dan gatal. Untuk penderita penyakit kulit seperti
eksema, ruam, gatal-gatal dapat menambahkan baking soda ke dalam Bak mandi karena berdasarkan
penelitian baking soda itu bertindak sebagai antiseptik.

Caranya pertama-tama isi air dengan air hangat, tambahkan kira-kira satu sendok baking soda dan aduk sampai rata. Dianjurkan berendam selama 10-20 menit.

4. Infeksi

Untuk infeksi seperti sariawan dapat menambahkan pada air hangat yaitu tiga atau empat cuka dari sari
buah Apel dan berendamlah selama 15-20 menit. Ini juga baik untuk mengeluarkan racun dari dalam tubuh
karena cuka dapat menyeimbangkan kembali asam.

5. Flu dan Sakit Kepala

Untuk menyembuhkan flu dan sakit kepala dapat dilakukan dengan merendam kaki dalam air hangat.
Masukan air hangat secukupnya dalam Bak sampai menutupi kaki dan pergelangan kaki, tambahkan
beberapa tetes minyak seperti lavender, peppermint atau lemon. Setelah selesai bilas dengan air dingin. Lakukan selama 10-20 menit.

6. Insomnia

Untuk penderita insomnia atau yang memiliki masalah tidur dapat merendam kaki dalam air dingin. Masukan kaki sampai kaki merasa dingin. Pengobatan ini juga berguna bagi kaki lelah, pendarahan hidung, dan sembelit.

7. Sirkulasi

Jika anda mengalami masalah sirkulasi maka cobalah dengan mulai merendam kaki selama satu atau dua
menit dalam air hangat, kemudian 30 menit dalam air dingin. Cobalah lakukan selama 15 menit kemudian
diselesaikan dengan air dingin. (Baca Juga : Agar Tidak Dingin Saat Mandi Pagi dan Sore)


Manfaat dan petunjuk mandi yang sehat

Mandi air hangat sekitar 32-35 derajat Celsius dapat membuka pori-pori yang dapat membantu mengeluarkan racun. Dimana berfungi membantu menurunkan tingkat gula darah, menyembuhkan
sakit otot dan membantu menjaga usus besar bekerja dengan baik.

Waktu yang dianjurkan selama 10-20 menit. Ternyata mandi air dingin dapat menghilangkan stress karena meredakan ketegangan, dan dianjurkan dengan temperatur sekitar 12-18 derajat celcius.

Nah hal ini kebalikan dari air hangat karena akan mempersempit darah dan meningkatkan tingkat gula darah. Oleh sebab itu untuk penderita diabetes tidak dianjurkan untuk mandi air dingin. (Baca juga: Manfaat Mandi Pagi)


Bahaya bagi yang jarang mandi


Sebaiknya hilangkan kebiasaan malas mandi karena ada banyak dampak buruk selain bau badan, yaitu berhubungan dengan berbagai masalah kesehatan.

Orang yang tidak mandi kemungkinan akan merasa gatal dan banyak kotoran melekat di tubuh. Hal ini tentu saja dapat meningkatkan resiko seseorang terkena infeksi. Banyak orang tidak menyadari, tubuh manusia rata-rata ditutupi oleh sekitar dua meter kulit yang mengandung 2,6 juta kelenjar keringat yang selalu berkeringat, kulit juga ditumbuhi oleh rambut-rambut kecil dan halus.

Terdapat dua jenis kelenjar keringat yang ada di seluruh tubuh, yaitu eccrine dan apocrine. Keringat yang keluar dari apocrine mengandung protein dan asam lemak yang membuat sesuatu menjadi menebal dan berwarna susu kekuning-kuningan. Kondisi ini juga menyebabkan noda di ketiak berwarna kuning. Sehingga jika seseorang tidak mandi, maka lapisan kotoran akan semakin menebal dan membuat kotoran sulit keluar dari tubuh.

Selain itu, orang yang tidak mandi selama beberapa hari akan menimbulkan bau yang disebabkan oleh bercampurnya antara bakteri dengan rambut di kulit dengan hasil metabolism berupa protein dan asam lemak. Akibat rambut yang melekat lengket oleh keringat akan membuat tubuh lebih kotor dari biasanya.

Kuman dan mikroorganisme lain yang berada di kulit akan sangat mudah berkembang biak dengan kondisi tubuh lembab. Hal ini bisa menjadi ancaman utama jika kuman tersebut tetap menempel di permukaan kulit, sehingga memudahkan seseorang menderita gatal-gatal atau kurap.

Namun jika kondisi ini lebih parah dari sekedar gatal-gatal seperti adanya mikroorganisme staphylococcus, maka bisa berakibat fatal terutama jika mikroorganisme ini mencapai aliran darah. Meskipun hal ini jarang terjadi.

Karena mandi merupakan salah satu kegiatan yang berguna untuk menjaga kebersihan seseorang. Selain itu ada juga beberapa manfaat kesehatan dari kegiatan mandi ini, yaitu memberikan bantuan energi bagi tubuh, berguna sebagai detoksifikasi tubuh, dan membuat tubuh menjadi rileks. 

Demikianlah artikel Manfaat Mandi dan Bahaya Bagi Jarang Mandi dibuat agar Anda tahu mengenai manfaat mandi bagi kesehatan tubuh. 

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *