Cara Mengatasi Kedinginan

  • Whatsapp

Cara Mengatasi Kedinginan – Sugesti bisa Mengatasi Kedinginan Pada Tubuh

Bagaimana cara mengantisipasi apabila tubuh kita merasa dingin, contohnya pada pagi hari pada waktu berangkat kesekolah atau kerja kita merasa kedinginan, sangat menyebalkan jika hal itu terjadi apa lagi kalo letak tujuannya lumayan jauh.

Ada tips yang cukup aneh tapi berguna dan sederhana untuk mengatasi masalah ini. Tubuh kita bersuhu rendah, otomatis tubuh kita dingin dan kedinginan. Pada dasarnya tubuh manusia bersuhu standar 35 s/d 36 derajat celsius, kebanyakan orang jika ingin mengantisipasi mereka berfikir untuk mengedarkan suhu hangat pada tubuh, kalau difikir itu benar tetapi hanya bersifat sementara, seperti mendekatkan tubuhkita pada api, minum wedang jahe, kopi, dll. Namun bukan itu pembahasannya.

Read More

Cara Mengatasi Kedinginan

Taukah ikan paus? mereka dijuluki sebagai binatang berdarah dingin, artinya mereka dapat hidup ditempatyang bersuhu tinggi atau rendah, karena mereka dapat mengadaptasi suhu tubuh dengan suhu disekitarnya.

Sekarang kita aplikasikan pada diri kita, bukan berarti kita dibuat mirip binatang tetapi ambil sisi positifnya. ini ada hubungannya dengan ilmu konsentrasi atau lebih kerennya lagi “Meditasi” (konsenterasi tingkat tinggi) tapi kita coba dengan cara instan saja.

Kita ambil contoh saja begini, pada waktu hujan turun di sore hari apalagi disertai dengan angin yang semilir kita merasa kedinginan, coba deh mandi dulu, pasti gak dingin lagi dengan tujuan menjadikan suhu kita sama dengan sekitar.

Ini membuktikan bahwa jika suhu seseorang sama dengan suhu disekitarnya, maka si emilik tubuh tidak terlalu merasakan suhuyang dirasakannya *meskipun kebenarannya (80%)*.


Ini adalah cara yang aneh dan mungkin bagi anda tidak masuk akal.  dan sebenarnya tidak terlalu sulit.

Jadi begini:


Pada saat anda merasakan kedinginan mulailah berkonsenterasi. Bayangkan diri anda sedang berada di sebuah tepat yang sangat dingin, kutub utara, kutub selatan. Atau yang lain, terserah Anda. Jika didalam pikiran anda sudah ada gambaran dan bayangan tersebut mulailah lebih diperdalam lagi konsenterasi Anda.

Mulailah menarik nafas dalam – dalam dan keluarkan secara perlahan-lahan. Ulangi hal tersebut sampai anda merasa lebih nyaman.

Mulailah konsentrasi dan sugestikan bahwa suhu dingin telah merasuk pada diri Anda, tingkatkan sedikit demi sedikit sugesti tersebut.

Mungkin bagi anda tidak masuk akal, tapi pada intinya anda harus ingat kalimat ini:

“SEMUA HAL YANG ANDA RASAKAN BERASAL DARI SUGESTI” artinya, jika anda selalu memikirkan hal yang anda rasakan, maka terjadilah. Satu contoh saja, ada seorang anak yang berada dalam suatu bus yang dalam perjalan. Dia selalu memikirkan bahwa dia akan merasa mual dan muntah (dalam istilah saya “mabuk”), maka terjadilah hal tersebut. Dan sebaliknya, jika dia tidak selalu memikirkan hal tersebut, maka itu tak akan terjadi. Karena apa? Karena isi pikiran otak mempengaruhi rencana kerja pada tubuh kita.

Musim hujan menyebabkan cuaca dingin yang akan berpengaruh bagi tubuh. Konsumsi makanan yang banyak mengandung kalsium dan dan kaya zat besi serta olahraga sangat membantu penyesuaian suhu tubuh dengan cuaca dingin.

Makanlah lebih banyak makanan yang dapat menyehatkan darah
Makanlah lebih banyak makanan yang kaya zat besi dan kalsium. Kecukupan pasokan zat besi dan kalsium dapat meningkatkan kemampuan tubuh untuk menahan dingin. Makanan yang kaya kalsium termasuk produk susu kacang,rumput laut, kerang, tiram, sarden, dan udang. Makanan kaya zat besi termasuk darah hewan, kuning telur, hati hewan, kedelai, biji wijen dan jamur hitam

Mandi air panas
Mata air paling panas mengandung sulfur. Sulfur merupakan salah satu mineral terbaik bergizi Yang Qi dalam tubuh manusia.

Jangan lupa berolahraga setengah jam setiap hari
Di musim dingin, orang dapat memilih latihan di luar ruangan seperti jogging, naik sepeda, dan bermain Taichiquan, atau latihan dalam ruangan seperti olahraga tenis meja dan bowling.

Minum lebih banyak air yang direbus
Udara kering di musim dingin. Minum lebih banyak air rebusan dapat memastikan suplai air yang cukup bagi tubuh manusia, dan menghilangkan limbah dari tubuh.

Mengatur fungsi limpa dan lambung
Di musim dingin, Anda dapat memilih makanan yang akan menguatkan limpa dan perut dengan memakan labu, ubi, buah wolfberry Cina, dan ganoderma glossy.

Merendam kaki di air hangat
Merendam kaki di air hangat adalah bentuk yang sangat santai dari terapi air yang menenangkan. Merendam kaki dalam air hangat dapat membantu meridian tubuh dan sirkulasi darah, sehingga meningkatkan kehangatan pada tangan dan kaki secara keseluruhan

Pakai aroma jeruk
Masukan aroma terapi jeruk ke botol kecil serta minyak peppermint dekat tempat tidur Anda. Jeruk berkarakter hangat, bau yang kuat membantu menyingkirkan virus. Makan jeruk sebelum tidur dapat meredakan batuk dan mengurangi dahak. Bau minyak peppermint memiliki efek yang menyembuhkan sakit kepala dan hidung tersumbat.

Nah, seperti halnya musim hujan sudah berlangsung, tak pelak lagi, hawa dingin sering kali menerpa tubuh kita entah itu di dalam rumah, di serambi rumah maupun di jalan-jalan.

Rasa nyeri pada tubuh akibat hawa dingin memang sesuatu yang wajar, namun apabila dibiarkan terus berkepanjangan, akibatnya akan berdampak pada daya tahan tubuh.


Kalau daya tahan tubuh menurun, bisa tahu sendiri kan akan makin mudah penyakit menghinggapi tubuh kita.

Cara Mengatasi Kedinginan

Rasa Nyeri.

Nyeri di bagian mana, dalam hal ini bervariasi atau boleh dikatakan di sekujur tubuh.

Nyeri adalah gejala yang sangat subyektif dan biasanya agak sulit mendeteksi secara fisik atau kasat mata kecuali dari keluhan penderita yang diutarakan kepada orang lain.

Rasa nyeri muncul akibat adanya stimulus pada sensor motorik, sperti gerak reflek tubuh untuk menyeimbangkan daya tahan tubuh. Stimulus rasa nyeri bisa disebabkan oleh:

1. Rasa panas.

2. Dingin.

3. Rabaan.

4. Tekanan.

Proses Nyeri Menyerang Seluruh Tubuh.

Stimulus hawa dingin dapayt menyerang ke smua bagian tubuh sehingga bisa dikatakan reseptor ada di semua bagian tubuh. Di manapun stimulus diberikan, maka akan timbul rasa nyeri.

Hanya saja, di daerah kulit kita ada yang sifatnya sensitif dan tidak, inilah yang mempengaruhi letak bagian tubuh mana yang akan terkena rasa nyeri.

Rasa nyeri yang dirasakan tidak hanya berupa rasa sakit saja, akan tetapi juga rasa tidak nyaman dalam tubuh. Stimulus masuk melalui kulit, yang secara otomatis tubuh akan terangsang kemudian diteruskan ke sumsung tulang belakang melalui syaraf tepi dan langsung diteruskan ke otak.

Dan didalam otak akan diproses hingga menciptakan suatu persepsi. Nah, persepsi inilah yang nantinya akan memberikan rasa sakit dan rasa tidak nyaman dalam tubuh.

Kejadian ini berlangsung secara cepat.

Lalu bagaimana bila seseorang yang memang mengidap penyakit rematik.

Rematik.

Rematik terjadi karena terjadinya proses peradangan pada nyeri atau bisa dikatakan sebagai kerusakan pada sendi. Perdangan atau kerusakan ini merupakan suatu stimulus adanya nyeri. Jadi, jika ketambahan dengan efek suhu dingin maka stimulus akan menjadi bertambah dan mengakibatkan banyak orang yang terkena rematik yang ditambah lagi karena hawa dingin akan dirasakan nyeri yang sangat sakit.

Namun perlu diingat, untuk orang yang normal, rasa nyeri akibat hawa dingin akan menyerang bagian tubuh yang tidak terlindungi oleh penutup, misalnya saja daerah:

Tangan.

Muka.

Kaki.

Hal ini disebabkan karena stimulus yang berupa hawa dingin ini langsung bisa dirasakan oleh kulit tubuh. Berbeda halnya dengan bagian tubuh yang tertutup dengan penutup tubuh, maka stimulus tidak akan langsung bisa dirasakan sehingga tidak sampai menimbulkan rasa nyeri.

Merusak Daya Tahan Tubuh.

Terhadap hawa dingin, sudah sepatutnya kita mewaspadainya. Meskipun rasa nyeri yang timbul akibat hawa dingin ini termasuk dalam kondisi tubuh yang wajar dan tidak memberikan efek timbunmya penyakit-penakit lain di kemudian hari.

Namun, apabila mengalami rasa nyeri akibat hawa dingin secara terus-menerus, maka dapat juga merusak daya tahan tubuh. Hal ini disebabkan karena begitu banyaknya zat antobodi yang dikeluarkan, maka lama-lama zat antibodi dalam tubuh akan melemah dan lama kelamaan dapat rusak.

Cara Mengobati.

Untuk mengatasi rasa nyeri akibat hawa dingin, disarankan untuk memberikan obat analgesik atau obat rasa nyeri yang sesuai dengan dosis yang dianjurkan.

Pencegahan.

Untuk pencegahannya, bisa menggunakan jaket ataupun pelindung kulit tubuh pada bagian tubuh yang dirasa sensitif jika terkena hawa dingin.

Dengan begitu, stimulus nyeri yang berupa hawa dingin tidak akan sampai menyerang dan menimbulkan rasa nyeri pada tubuh.

Terlebih lagi pada orang yang memang sudah memiliki kerusakan pada sendi.


Demikianlah artikel Cara Mengatasi Kedinginan, semoga bermanfaat bagi pembaca Portal Cerita Medan.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *