Tol Bakauheni-Medan bisa kelar 6 tahun

  • Whatsapp

Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Dahlan Iskan optimistis pembangunan jalan tol Bakauheni-Medan rampung dalam jangka waktu enam tahun saja jika yang mengerjakannya adalah PT Hutama Karya.

Read More

“Kalau menyuruh Jasa Marga yang bangun, prosesnya bisa lama. Karena Jasa Marga nanti akan pikir-pikir lagi soal pembangunan itu. Kalau langsung meminta Hutama Karya, saya yakin 6 tahun akan selesai,” katanya di DPR, Rabu (19/9).

Menurut Dahlan, jika Jasa Marga yang membangun proyek jalan tol itu, maka akan membutuhkan waktu lebih lama, karena perusahaan itu sebagian sahamnya dimiliki publik. Beda halnya dengan Hutama Karya, yang keseluruhan sahamnya dikendalikan pemerintah.

Dahlan menambahkan, pembangunan tol di wilayah Sumatera itu sangat penting untuk memperlancar akses transportasi terutama saat mudik Lebaran.

” Saat ini masih digodok di Kementerian Keuangan, sudah sebulan lebih. Saya harap Hutama Karya bisa menjadi perusahaan pengelola jalan tol,” ujarnya.

Mantan Dirut PLN itu menilai, PT Hutama Karya pantas dijadikan perusahaan pengelola jalan tol. Sebab, Hutama Karya sudah memiliki sistem manajemen yang baik.

“Yang penting dia belum go public. Finansialnya juga sudah baik,” jelasnya.

Dahlan menilai, jika Hutama Karya sudah menjadi badan pengelola jalan tol, maka negara tak perlu repot harus melobi PT Jasa Marga membangun jalan tol.

“Misalnya kami menyuruh Jasa Marga membuat tol Bawean-Solo saja ogah-ogahan, maka kami langsung minta langsung ke Hutama Karya,” tegas Dahlan.

Dahlan pun berharap, Hutama Karya fokus berbisnis jalan tol saja ketimbang berbisbis proyek infrastruktur lainnya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *