Lanud Medan berganti nama Pangkalan TNI AU Soewondo

  • Whatsapp

Lanud Medan berganti nama Pangkalan TNI AU Soewondo – Kepala Staf TNI Angkatan Udara Marsekal TNI Imam Sufaat meresmikan nama Pangkalan TNI AU Soewondo yang sebelumnya bernama Lanud Medan, Jumat (28/9).

Imam Sufaat mengatakan, penggunaan nama Kapten (anumerta) Soewondo sebagai nama pangkalan udara merupakan wujud penghormatan terhadap jasa para pahlawan dirgantara.

Read More

Jenderal bintang empat ini memaparkan, Soewondo merupakan salah satu penerbang tempur yang berperan penting dalam memangkas kekuatan milisi pemberontak PRRI di Sumatera yang dipimpin oleh Letkol Nainggolan pada tahun 1957.

Lanud Medan berganti nama Pangkalan TNI AU Soewondo

“Namun, Letnan Udara II Soewondo gugur ditembak oleh anak buah Letkol Nainggolan saat terbang untuk melakukan pengejaran di Desa Tangga Batu Tapanuli,” katanya.

Adik kandung, almarhum Soewondo, Suharyani hadir dalam peresmian nama kakaknya sebagai nama pangklan udara. “Saya, Suharyani, adik kandung Soewondo, yang menjadi wakil keluarga mengucapkan terima kasih. Kami bangga dan menyetujui nama Soewondo sebagai nama pangkalan udara,” katanya dari podium.

Imam Sufaat menambahkan, pangkalan udara yang strategis ini tidak akan dipindah ke Bandara Kuala. Tahun depan, lanjutnya, seiring dengan penambahan alutista militer Indonesia, TNI AU berencana menempatkan pesawat pengintai di lapangan udara ini.

Selain Lanud Soewondo, tiga Lanud lainnya mamakai nama baru yaitu Lanud Leo Wattimena di Morotai, Lanud Rusmin Nuriadin di Pekanbaru, dan Lanud Hanandjoeddin di Tanjungpadang.

“Memang masih ada beberapa pangkalan udara yang belum kita beri nama karena masih mencari nama yang cocok,” katanya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *