Cara Agar Orang Tertarik Saat Bersalaman

  • Whatsapp

Cara Agar Orang Tertarik Saat Bersalaman – Tips Jabat Tangan Agar Bikin Orang Tertarik Kepada Anda. Ingin tahu bagaimana caranya agar orang yang baru pertama kali Anda temui bisa langsung menyukai Anda? Ternyata caranya mudah saja. Menurut Sabine Koch dari University of Heidelberg, Jerman, caranya adalah dengan berjabat tangan. Kok bisa?

Cara Agar Orang Tertarik Saat Bersalaman

Koch melakukan penelitian terhadap 50 orang, yang dibagi menjadi dua kelompok dan diminta untuk berjabat tangan dengan cara yang berbeda. Peserta kelompok pertama diminta berjabat tangan dengan lembut. Sementara kelompok lain diminta berjabat tangan dengan memberi sedikit hentakan dan gerakan naik turun (diguncang).

Setelah itu, para peserta diminta menjelaskan perasaan mereka saat menerima jabat tangan tersebut. Ternyata, sebagian besar orang mengaku lebih suka berjabat tangan dengan cara yang mengalir dan lembut.

Para peserta beranggapan bahwa saat bersalaman dengan tekanan yang mengalir dan lembut, mereka merasa lebih bahagia. Selain itu, peserta juga merasa lebih dekat secara psikologis dengan orang yang menjabat tangannya, karena disambut dengan ramah, terbuka, dan hangat, melalui jabatan tangan yang bersahabat.

Koch mengungkapkan jabat tangan yang lembut dan ringan berkaitan dengan adanya kebahagiaan dalam diri. Pada akhirnya, semangat dan kegembiraan diri ini akan mengalir melalui jabat tangan dan membuat Anda berdua bisa merasa nyaman dan bahagia, sekalipun Anda baru saja pertama kali bertemu.

Untuk mendapatkan kesan positif tersebut, coba jabat tangan kenalan baru Anda dengan menggerakkan tangan Anda ke atas dan bawah dalam gerakan yang mengalir lambat dan lembut. Akan lebih baik bila Anda melakukannya dengan senyuman yang hangat. Hindari gerakan mengentakkan tangan orang lain dengan keras dan kuat, atau menggenggam tangan orang lain terlalu erat.

Cara Salaman dengan Orang Lebih Muda

Orang yang lebih muda akan merasa dihargai bila kita mau bersalaman dengan rasa kasih sayang. Kalau salaman dengan orang yang lebih muda enaknya dengan senyum, ditambah dengan pertanyaan “piye kabare??”, “darimana??” dll.

Cara Salaman Sesama Teman

Salaman dengan sesama teman akan menambah hangat tali persaudaraan, kalaupun ada rasa dendam, setidaknya akan mengurangi perasaan dendam. Pokoknya salaman sesama teman akan membuat persabatan terasa hangat.

Kalau salaman sesama teman perempuan biasanya pake cipika-cipiki, cium pipi kanan, cium pipi kiri, boleh cipika-cipiki atau cipiki-cipika sama saja. cipika/i adalah hal yang lumrah jika dilakukan oleh sama-sama perempuan. kalau sesama lelaki boleh saja, tapi gak wajar, kalau lelaki perempuan ada aturannya. Kalau sesama laki-laki enaknya sambil tertawa.

Cara Jabat Tangan dengan Orang Lebih Tua

jabat tangan dengan orang yang lebih tua, sebaiknya kita memberikan rasa hormat kepada orang yang kita salami, dia memang perlu kita hargai karena dia memang lebih tua dari kita. Salaman dengan orang yang lebih tua agar lebih menghargai dan menghormati, sebaiknya saat salaman dengan dua tangan, badan atau tubuh kita membungkuk.

Cara Salaman dengan Orang yang Kita Hormati

Salaman dengan orang yang kita hormati, memang seharusnya kita harus menghormati dan rendah diri. Kalau salaman dengan dengan orang yang kita hormati, sebaiknya tangan beliau kita cium, dengan mencium tangan beliau akan merasa dihormati dan dihargai. Cara mencium tangannya, jangan tangan beliau yang kita angkat untuk dicium, tetapi tubuh kita yang harus membungkuk untuk meraih tangan dangan mencium tangan beliau. cara menciumnya kita tempelkan ke hidung atau pipi bukan ke bibir.

Cara Jabat Tangan dalam Forum Resmi

Dalam forum resmi jabat tangan adalah sesuatu yang wajib untuk memper erat hubungan sesama atau antar mitra kerja kita. Jabat tangan dalam forum resmipun harus disesuaikan untuk menjaga kharisma dan gengsi yang tersendiri.

Dari belajar jabat tangannya orang-orang dalam forum resmi mereka jabat tangan dengan posisi tubuh tegak, gak perlu membungkuk, cukup dengan tangan satu saja dan mengayunkan tangan saat jabat tangan keatas kebawah satu atau dua kali.

Cara Salaman dengan Orang belum Kenal

salaman dengan orang yang belum kenal, gak perlu minder salaman sambil tanya nama dan sebagainya. dan perlu menyesuaikan situasi dan kondisi.

Cara Jabat Tangan dalam Wawancara Kerja

Tata cara jabat tangan suatu hal yang sangat penting dan mempunyai poin tersendiri. 


Cara Salaman dengan Adik Kecil

Saat Anda salaman dengan adik kecil, tangan kita angkat kearah wajah adik untuk dicium, dengan secara tidak langsung akan memberikan pendidikan kepada adik bagaimana cara salaman yang baik. dengan begitu adik akan terbiasa tiap kali bersalaman akan mencium tangan lawannya.

Berjabat tangan dapat mengungkap aspek kepribadian yang memberikan kesan tertentu bagi orang yang melakukannya. Agar efeknya positif, maka beberapa hal harus diperhatikan termasuk temperatur dan kelembaban pada telapak tangan.

Efek psikologis tersebut terungkap dari cara seseorang melakukan jabat tangan. Misalnya genggaman yang terlalu lemah memberi kesan tidak nyaman, sementara genggaman yang terlalu cepat akan memberi kesan arogan.

Penelitian di University of Manchester menemukan 20 persen orang tidak menyukai tradisi berjabat tangan. Beberapa alasan yang paling banyak disampaikan adalah telapak tangannya berkeringat, bersalaman dengan terlalu kuat maupun tidak bersemangat, serta tidak ada kontak mata.

Untuk itu seorang profesor psikologi, Geoffrey Beattie merumuskan kondisi ideal untuk berjabat tangan agar dapat memberi kesan menyenangkan. Dikutip dari Foxnews, Senin (19/7/2010), rumus tersebut adalah sebagai berikut: “PH = =E2=88=9A (e2 + ve2)(d2) + (cg + dr)2 + phi((4(s)2)(4(p)2))2 + (vi + t + te)2 + ((4(c)2 )(4(du)2))2”

Keterangan:

(e) kontak mata (1 = tidak ada; 5 = tatapan langsung) nilai yang disarankan 5;

(ve) salam verbal (1 = salam yang sesuai; 5 = salam yang tidak sesuai) nilai yang disarankan 5;

Yayasan Panti Asuhan Kristen Dorkas

(d) senyum Duchenne – senyum di mata dan mulut, dipadukan dengan simetri kedua sisi wajah (1 = tidak sempurna); 5 = sempurna) nilai yang disarankan 5;

(cg) luas area genggaman genggaman (1 = sedikit; 5 = penuh) nilai yang disarankan 5;

(dr) kelembaban telapak tangan (1 = basah; 5 = kering) nilai yang disarankan 4;

(s) kekuatan genggaman (1 = lemah; 5 = kuat) nilai yang disarankan 3;

(p) posisi tangan (1 = lebih dekat ke tubuh sendiri; 5 = lebih dekat ke tubuh lawan) nilai yang disarankan 3;

(vi) hentakan tangan (1 = terlalu kuat/terlalu lemah; 5 = sedang) nilai yang disarankan 3;

(t) temperatur telapak tangan (1 = terlalu dingin/terlalu panas; 5 = sedang) nilai yang disarankan 3;

(te) tekstur tangan (5 = sedang; 1 = terlalu kasar/terlalu lembut) nilai yang disarankan 3;

(c) kontrol (1 = rendah; 5 = tinggi) nilai yang disarankan 3;

(du) durasi (1 = terlalu cepat; 5 = terlalu lama) nilai yang disarankan 3.

Quote:

Apabila seluruh kondisi ideal dimasukkan ke dalam rumus tersebut, maka nilai yang diperoleh adalah 70,77 yang merupakan nilai sempurna untuk berjabat tangan. Jika nilainya di bawah atau di atas, seorang tidak akan menemukan kondisi salaman yang ideal.

Secara sederhana, rumus tersebut ingin menganjurkan beberapa hal saat berjabat tangan yaitu:

1. Menggunakan tangan kanan

2. Genggaman penuh dengan kekuatan sedang

3. Hentakan dengan kekuatan sedang kurang lebih 3 kali

4. Telapak tangan yang sejuk atau kering

5. Tahan selama kurang lebih 2-3 detik

6. Diikuti dengan kontak mata serta ucapan salam yang sesuai

Sekian artikel mengenai Cara Agar Orang Tertarik Saat Bersalaman, semoga para pembaca Cerita Medan dapat mempelajarinya.

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *