Sekilas Tentang Medan Berkebun

  • Whatsapp

Medan Berkebun adalah salah satu anggota jejaring Indonesia Berkebun (@IDberkebun) yang sudah ada di lebih dari 26 kota di seluruh Indonesia. Medan berkebun memulai aktivitas “ngebun” pertama pada akhir Oktober 2011 di lahan kosong Komplek TASBI.

Read More

Sedangkan akun twitter @mdnberkebun sudah ada pada Mei 2012. Misi dari Medan Berkebun sendiri adalah 3 E yaitu:

1. Ekologi : pemanfaatan lahan kosong menjadi lahan terbuka hijau yang dapat mendukung gerakan penghijauan serta dapat dijadikan lahan rekreasi yang dapat dipilih dalam menghabiskan akhir pekan.

2. Edukasi: memberikan pendidikan pada publik terutama anak muda untuk peduli lingkungan

3. Ekonomi: menciptakan ketahanan pangan kota yang berkelanjutan agar tidak tergantung dengan barang impor.

Foto. Tanam Perdana di TASBI

Lokasi lahan kita tidak tetap, karena kita tidak memliki lahan. Kita biasanya meminjam atau membantu pemilik lahan yang ingin memiliki kebun. Seperti di TASBI, kita dapat pinjaman lahan untuk berkebun. Di Dharma Pancasila kita diminta oleh OSIS untuk membuat kebun di sekolah.

Medan berkebun sejauh ini sudah menjalankan beberapa program diantaranya “ School Farming” di SMA Dharma Pancasila kemudian bekerjasama dengan Kompas Muda Medan membuat Kebun Raya Mini di Sekolah Alam Medan Raya. Selanjutnya ada program ” Street Farming” dan ”Kampong Farming” yang akan dilaksanakan.

Foto. Berkebun bersama siswa Sekolah Alam dan siswa SMA Dharma Pancasila

Dalam waktu dekat ini akan dilakukan program #TanamSerentak di seluruh kota jejaring Indonesia Berkebun.

Jadi buat anak Medan yang punya lahan kosong lumayan luas dan pengen punya kebun hijau bisa hubungi kita lewat twitter @mdnberkebun ataupun via email: medanberkebun@gmail.com . Kita akan Bantu =D.

SALAM MARKIBUN ! Mari Kita Berkebun !!

Link :
1. Panen Serentak

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *