Memasarkan produk bagi bisnis kecil

  • Whatsapp

Bagi para pemula dalam bisnis atau bagi para pemilik bisnis rumahan/kecil kadang memasarkan produk adalah perkara yang seringkali memusingkan. Dengan sumberdaya finansial yang minim para pemilik bisnis kecil harus memutar otak bagaimana agar produknya bisa laku di pasaran namun dengan biaya yang terbatas. Jelas itu bukan perkara yang bisa dianggap enteng Dibutuhkan tekad dan kreatifitas tersendiri agar pemasaran produk dapat sukses ditengah ketatnya persaingan usaha.

Read More

Bagi anda yang ingin memasarkan produk dengan lebih efektif, poin-poin dibawah ini layak anda simak sebagai ide pemasaran anda :

1. Jangan habiskan uang anda untuk beriklan secara konvensional

Dana seorang pemilik bisnis kecil adalah terbatas. Jangan beriklan selayaknya bisnis besar yang menggunakan jalur-jalur konvensional seperti radio, media cetak (atau mungkin tv) secara berlebihan. Hasil yang anda dapatkan tidak akan sebanding dengan uang yang anda keluarkan. Manfaatkan dengan maksimal iklan lewat interet seperti email, website atau social media.

2. Buatlah produk ”versi murah”

Ciptakan produk versi murah dari suatu produk yang mungkin sudah lebih dulu terkenal. Sebagai contoh akhir-akhir ini sedang ngetrend sekali Rainbow Cake atau Red Velvet Cake. Jika anda ingin berbisnis makanan coba buat versi murah dari kedua cake ini.

3. Buatlah produk ”versi premium”

Strategi ini kebalikan dari poin kedua. Buatlah produk versi premium dari suatu produk yang lebih dulu terkenal. Strategi ini sering disebut strategi “boutique” dimana pengusaha kecil membuat suatu versi produk dengan kualitas superior dengan harga tinggi.

4. Manfaatkan jaringan konsumen

Ini strategi yang sangat sangat efektif pada saat ini. Buatlah konsumen anda sangat-sangat puas dan pancing mereka untuk menyebarkan kepuasaanya akan produk anda. Salah satu caranya adalah dengan memancing mereka dengan program referral dimana konsumen akan mendapatkan suatu keuntungan jika mereka dapat menarik konsumen lainnya.

Jadi jika anda memiliki bisnis yang akan anda kembangkan…jangan ragu untuk menerapkan saran dalam artikel ini… selamat mencoba !

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *