12 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Kopi

  • Whatsapp

Kopi menjadi minuman para pekerja di pagi hari. Kopi diketahui mampu memberi suntikan stamina saat bekerja. Kopi dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran, yaitu menyegarkan serta menambah energi, baik secara fisik maupun mental.

12 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Kopi

Read More

Kopi mengandung kafein yang dapat meningkatkan kadar dopamin yang berperan dalam mengendalikan suasana hati dan emosi seseorang, sehingga membuat orang tersebut bisa memiliki lebih banyak konsentrasi dan energi setelah meminum kopi.

Nah, jika kamu masih ragu tentang manfaat kopi, berikut adalah 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Kopi :

1. Kopi merupakan sumber antioksidan yang menyehatkan.
kopi memiliki senyawa antioksidan dengan jumlah yang cukup banyak. Kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi juga dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik.

Sebuah penelitian ilmiah yang dilakukan para pakar di Amerika Serikat menyebutkan bahwa kopi kemungkinan besar memberikan efek positif bagi kesehatan lebih besar dari pada mengkonsumsi buah-buahan dan sayuran.

Para ilmuwan menghitung jumlah kandungan antioksidan yang merupakan zat anti unsur radikal bebas pada lebih dari 100 jenis makanan termasuk sayur-sayuran, buah-buahan, kacang, aneka bumbu, minyak dan minuman. Hasil penemuan tersebut kemudian dikombinasi dengan data yang ada di Departemen Pertanian AS dan sumbangan dari setiap jenis bagi pola makan rata-rata di Amerika.

Menurut kepala tim peneliti, Professor Joe Vinson dari Scranton University di Pensylvania, orang Amerika memperoleh sumber antioksidan dari konsumsi kopi dibandingkan dari jenis makanan atau minuman lainnya dan sejauh ini tak ada jenis makanan atau minuman yang menyamai kopi.

2. Kafein memberikan dorongan memori jangka pendek.
Kopi mengandung senyawa kafein yang dapat merangsang kinerja sel syaraf. Zat kafein dalam kopi berfungsi sangat baik sebagai stimulan pada tubuh kita. Setelah minum kopi, sel syaraf membesar sehingga mempelancar peredaran darah.

Sebuah penelitian yang dilakukan pada tahun 2005 lalu oleh Radiological of North America, ditemukan bahwa mengkonsumsi dua kopi berkafein dapa membantu meningkatkan ingatan dalam jangka panjang atau pun pendek dengan kecepatan reaksi seseorang.

3. Kopi dapat membantu melindungi otak
Menurut studi yang dilakukan para ilmuwan dari University School of Medicine di Baltimore, meminum kopi mempunyai fungsi untuk mengurangi risiko terjadinya multiple scerosis atau penyakit sistem syaraf pusat.

Salah satu peneliti studi, Ellen Mowry, MD, MCR mengatakan, “Pengonsumsian kafein telah dikaitkan dengan penurunan risiko penyakit parkinson dan alzheimer. Studi kami juga menunjukkan dengan meminum kopi dapat memproteksi tubuh dari multiple sclerosis, hasil studi ini mendukung penelitian sebelumnya tentang kafein yang memiliki efek protektif bagi otak.”

4. Kopi bisa menurunkan darah tinggi
Kopi bisa menjadi minuman yang sangat membantu perawatan darah tinggi. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk menormalkan tekanan nadi, denyut jantung, dan tekanan darah. Keadaan ini dimungkinkan karena adanya kandungan flavonoid sebagai antioksidan yang terdapat di dalam teh maupun kopi dapat membantu pembuluh darah menjadi rileks sehingga mengurangi tekanan darah.

Sebuah studi dari Preventive and Clinical Investigations Centre di Paris menemukan bahwa mengkonsumsi kafein baik dalam bentuk teh atau kopi empat cangkir per hari, justru dapat menurunkan tekanan darah. Pecinta kopi dan teh ternyata memiliki tekanan darah yang lebih rendah, dibandingkan dengan orang yang sama sekali tidak pernah mengkonsumsi minuman seperti kopi dan teh.

5. Kopi dapat membantu mencegah kanker
Kandungan antioksidannya yang cukup tinggi yang mana senyawa tersebut terdapat dalam kopi ternyata mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker. Hal ini telah dibuktikan dalam sebuah penelitian yang dilakukan oleh Harvard School of Public Health menunjukkan bahwa minum empat atau lebih cangkir kopi sehari mengalami penurunan risiko kanker endometrium pada wanita sebesar 25 persen dibandingkan dengan wanita yang minum kurang dari satu cangkir sehari. Para peneliti juga menemukan hubungan antara minum kopi reguler dan tingkat yang lebih rendah hati, usus besar, payudara, dan kanker dubur.

6. Kopi bisa menyembuhkan asma
kopi bisa menjadi minuman yang sangat membantu perawatan asma. Kandungan kafein dalam kopi bermanfaat untuk menghilangkan semua gangguan pernafasan dan melegakan saluran pernafasan. Kamu bisa mengonsumsi kopi hitam pahit tanpa gula untuk menangkal serangan asma. Hal ini dikarenakan, kopi khususnya yang disajikan pada saat masih hangat, dapat membersihkan dan mengendurkan urat-urat dalam saluran pernapasan kamu .

7. Kopi bisa meringankan pusing
Saat kamu merasa pusing, salah satu solusinya adalah dengan meminum kopi. Kopi dapat merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Kopi bisa merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran, yaitu menyegarkan serta menambah energi, baik secara fisik maupun mental. Diketahui, kandungan antioksidan yang terdapat di dalam kopi dapat menangkal kerusakan pada sel otak dan membantu jaringan saraf untuk bekerja lebih baik.

8. Kopi bisa menurunkan berat badan
Kopi dapat membantu untuk menjaga atau menurunkan berat badan yang berlebih. Diet dengan kopi malah menjadi salah satu cara diet untuk menghilangkan lemak dengan cara memasukan kopi dalam menu makanan. Kafein yang terkandung di dalam kopi dapat membantu tubuh kita dalam meningkatkan proses metabolisme, sehingga kalori yang terbakar di dalam tubuh akan semakin banyak. Minum kopi sebelum berolahraga akan mengoptimalkan pembakaran lemak. Bahkan, sebagian besar suplemen untuk menurunkan berat badan ternyata mengandung kafein.

9. Kopi bikin awet muda
Sebuah studi yang dipublikasikan di jurnal SAGE juga mengatakan bahwa beberapa jenis kopi tertentu dapat membuat seseorang awet muda dan berusia panjang. Menurut Dailymail, leluhur orang Yunani yang tinggal di pulau Ikaria memiliki kebiasaan mengonsumsi kopi jenis tertentu. Penduduk Ikarian, hingga hari ini rajin mengonsumsi dua cangkir kopi. Kopi tersebut memberikan efek awet muda dan usia panjang. Efek hebatnya terlihat dari rata – rata usia penduduknya yang bertahan hingga 90 tahunan.

10. Kopi Menjaga kesehatan gigi dan mulut
Kandungan antioksidan di dalam kopi yang cukup tinggi yang mana senyawa tersebut terdapat dalam kopi ternyata mampu mencegah tumbuhnya berbagai jenis penyakit kanker. Senyawa antioksidan tersebut ternyata juga dapat bermanfaat untuk mencegah kanker mulut dan membatasi pertumbuhan sel kanker di dalam mulut. Tidak hanya itu saja, ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti perekat yang sangat baik sekali untuk memungkinkan menyembuhkan gigi dari berbagai masalah kesehatan mulut, seperti gigi berlubang, pembentukan plak dan infeksi pada bagian gusi.

Sebuah penelitian yang dilakukan di Boston University terhadap 1. 152 warga Amerika Serikat ini, mencatat kondisi kesehatan gigi warga Amerika Serikat sejak tahun 1968 hingga 1998. Para peneliti menemukan bahwa warga Amerika Serikat yang sering minum kopi memiliki kondisi kesehatan mulut dan gusi yang lebih baik, ketimbang yang tidak meminum kopi.

11. Kopi bisa menyembuhkan luka
Ternyata kopi juga memiliki sifat anti bakteri dan juga anti perekat yang sangat baik sekali untuk memungkinkan menyembuhkan luka. Kopi sangat efektif dan aman untuk mengatasi berbagai jenis luka, mulai dari luka besut karena terjatuh, luka tergores benda tajam, luka bakar, sampai luka korengan yang sudah terinfeksi.

12. Kopi bisa menghilangkan stresĀ 
Kopi juga merangsang otak dan membuat tubuh melepaskan hormon stres dalam darah. Kopi dapat merangsang dan memiliki efek langsung pada tubuh dan pikiran, yaitu menyegarkan serta menambah energi, baik secara fisik maupun mental.

Demikian informasi tentang 10 Alasan Mengapa Kamu Harus Minum Kopi. Semoga informasi ini bermanfaat bagi pembaca setia Ceritamedan.com.***(CM01/Hindah Sumaiyah)

Related posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *