IBX5A49C9BC313D6 WikiLatih Permudah Anak Medan Melakukan Penyuntingan Di Wikipedia – Cerita Medan

WikiLatih Permudah Anak Medan Melakukan Penyuntingan di Wikipedia

WikiLatih Permudah Anak Medan Melakukan Penyuntingan Di Wikipedia
CERITAMEDAN.COM – Wikipedia bahasa Indonesia sebagai ensiklopedia berbahasa Indonesia terbesar di internet semakin banyak dimanfaatkan oleh masyarakat luas. Kunjungan ke situs Wikipedia bahasa Indonesia rata-rata mencapai 120 juta kali per bulan dan menjadi satu-satunya situs referensi dalam 30 situs paling banyak dikunjungi di Indonesia.
Namun, Menurut hasil survei Wikimedia Indonesia, 51% pembaca Wikipedia bahasa Indonesia tidak tahu jika ternyata Wikipedia bisa disunting semua orang. Banyak orang beranggapan bahwa tulisan-tulisan di Wikipedia dibuat oleh editor khusus seperti situs referensi pada umumnya.
Karena alasan itulah hadir WikiLatih di Medan pada hari Sabtu, tanggal 7 Juli 2018 di DILo Medan. WikiLatih adalah sebuah pelatihan menyunting Wikipedia. Selama setengah hari, para peserta yang terdiri dari umum dan mahasiswa sangat antusias dengan kegiatan ini. Di akhir acara para peserta berhasil menyelesaikan pembuatan artikel di Wikipedia.
Hadir sebagai pelatih WikiLatih Medan, Hardiansyah dari Wikimedia Indonesia mengatakan apabila semakin banyak orang mau menyumbangkan pengetahuan yang mereka miliki melalui Wikipedia, maka konten Wikipedia semakin lengkap dan berimbang. Beragamnya sudut pandang dan sumber acuan juga semakin melengkapi tingkat keterbahasan suatu artikel.
Wikimedia Indonesia dengan dukungan dari Wikimedia Foundation, berinisiatif untuk mengadakan program pelatihan penyuntingan di Wikipedia bahasa Indonesia bernama WikiLatih semenjak tahun 2016. Pada tahun 2018, Wikimedia Indonesia memutuskan untuk melanjutkan program WikiLatih ini.
Per tahun program 2017, program ini telah menghasilkan 303 kontributor baru dan 612 artikel baru di Wikipedia bahasa Indonesia. Dengan pelatihan ini, diharapkan semakin banyak khalayak umum yang mau ikut menyumbangkan pengetahuan mereka dengan menulis di Wikipedia.***(CM-Ist/Nasriati Muthalib)

KOMENTAR

BACA JUGA