IBX5A49C9BC313D6 Beberapa Kesalahan Pembisnis Pemula Yang Harus Di Hidari – Cerita Medan

Beberapa Kesalahan Pembisnis Pemula yang Harus di Hidari

Beberapa Kesalahan Pembisnis Pemula Yang Harus Di Hidari

CERITAMEDAN.COM –┬áBagi pemula dalam bidang bisnis, terkadang semangat yang mengebu-gebu untuk dapat memulai bisnis. Dan keinginan untuk segera sukses menjadikan kita lupa akan hal-hal yang penting. Kita biasanya meremehkan hal-hal yang sederhana namun sebenarnya sangat penting untuk kelangsungan bisnis. Ada saja hal-hal yang mengancam bisnis kita jika kita tidak mempertimbangkannya dengan matang. Bagi anda yang sedang memulai bisnis, berikut saya berikan beberapa kesalahan pembisnis pemula yang harus di hindari.

Semangat Besar Namun Modal Pas-pasan

Kesalahan pembisnis pemula yang pertama adalah memiliki semangat besar namun modal yang tidak mencukupi. Suatu bisnis tanpa semangat kuat adalah bisnis yang akan menjadi tragis pada akhirnya. Namun suatu bisnis tanpa modal yang cukup adalah sia-sia. Anda harus belajar berfikir realistis. Bahwa dalam memulai suatu bisnis anda harus memiliki modal yang cukup untuk langkah awal. Jangan sampai anda mengesampingkan masalah modal. Karena modal merupakan hal yang sangat penting yang harus dimiliki pembisnis pemula.

Main-Main Dengan Sumber Modal

Kesalahan pembisnis pemula yang kedua adalah bermain-main dengan sumber modal. Pembisnis pemula terkadang mendapatkan modal tidak hanya dari uang prbadi. Melainkan dari dana pinjaman atau investor lain. Namun tidak jarang pembisnis pemula tidak bisa mengatur modal ini dengan baik. Bahkan terkadang digunakan untuk kebutuhan pribadinya. Tentu hal ini sangat berbahaya kedepannya, karena dana yang tidak bersumber dari dana pribadi. Pada akhirnya harus dikembalikan dan dipertanggung jawabkan kepada pemilik modal. Anda sebagai pembisnis pemula harus memperhatikan dan memfokuskan dana pada kebutuhan-kebutuhan primer dari usaha yang akan anda rintis.

Tidak Melakukan Riset Pasar

Kesalahan pembisnis pemula yang tiga adalah tidak melakukan riset pasar. Riset pasar sama pentingnya dengan modal. Dengan melihat dan melakukan riset pasar anda akan memiliki gambaran pasar dan dapat menyiapkan strategi pemasaran yang baik. Semakin dalam riset yang anda lakukan maka akan semakin anda tahu tentang kondisi pasar. Jangan sampai anda melakukan kesalahan banyak pembisnis pemula, mereka biasanya asal terjun kepasar tanpa tahu bagimana sebenarnya keadaan dipasar. Tidak melakukan riset pasar sama halnya dengan masuk dalam hutan tanpa peta panduan. Selain riset pasar anda harus membekali diri dengan perencanaan strategi bisnis yang matang.

Hanya Berfokus Pada Keuntungan

Kesalahan pembisnis pemula yang empat adalah lebih fokus pada keuntungan yang dibayangkan dari pada dari ancaman bisnis yang mungkin terjadi. Banyak pembisnis pemula yang memulai bisnis karena tertarik akan keuntungan yang ditawarkan. Hal ini menyebabkan mereka tidak peduli akan proses yang harus dijalani dalam berbisnis. Mereka hanya membayangkan hasil akhirnya saja. Hal inilah yang akan menjadi masalah di kemudian hari, karena dalam suatu bisnis tidak selamanya berjalan lancar. Mereka yang tidak melakukan kesiapan menghadapi ancaman bisnis yang bisa terjadi, akhirnya akan memilih utnuk berhenti berbisnis karena ternate bisnis tidak semenarik yang dibayangkan.

Tidak Mengikuti Selera Pasar

Kesalahan pembisnis pemula yang lima adalah tidak mengikuti selera pasar. Banyak pembisnis pemula yang berfikiran bahwa memulai suatu bisnis itu mudah. Padahal dalam kenyataannya menjadi seorang pembisnis memiliki banyak tuntutan agar bisnisnya sukses. Salah satunya adalah dengan mengikuti selera pasar dan ulet mencoba berbagai cara agar bisa unggul di bidangnya. Banyak pembisnis pemula yang enggan membuka pikiran dan tidak mau menghadapi perubahan lingkungan. Hal ini akan menyebabkan bisnisnya tidak berkembang.

Itulah beberapa kesalahan pembisnis pemula yang harus di hindari. Sekian.

KOMENTAR

BACA JUGA