Kiprah Universitas Harapan Medan Dikancah Internasional

Kiprah Universitas Harapan Medan Dikancah Internasional
CERITAMEDAN.COM, Medann – Tanggal 3-5 Oktober 2017 Kampus Politeknik Port Dickson (Poli PD) Malaysia menggelar acara 4th IRSTC (International Research for Science Technology and Culture) dan ReSPEx (Regional Students Product Exhebition) 2017. IRSTC 2017 mengambil tema Sustainable Design and Green Technology in the Era of Personalization. Artikel yang diterima panitia untuk dipublish sebanyak 70 artikel yang berasal dari beberapa negara seperti Indonesia, Malaysia, Sudan dan Arab Saudi. Prof. Dr. Ir. Dahmir Dahlan, M.Sc., selaku Programme Coordinator mengatakan bahwa IRSTC ini diadakan dua tahun sekali. “Insyaallah tahun 2019 IRSTC akan kita gelar di Universitas Pancasila Jakarta,” lanjut Dahmir.

Berperan sebagai keynote speaker pertama pada 4th IRSTC 2017 adalah Pn Yusma Yusof (Polytechnic Port Dickson), keynote speaker 2 Dr. Harwati bt Hashim (UKM), keynote speaker 3 Prof. Dr. Ir. Rezuwan (UniMAP), keynote speaker 4 Prof. Eonyong Kim (Hanyang University, Korsel), keynote speaker 5 Prof. Dr. Ing. Ralf Foerster (Berlin), keynote speaker 6 Prof. Dr. Agus Priyono (Jakarta), keynote speaker 7 Prof. Madya Dr. Chan Chee Meng (UTHM) dan keynote speaker 8 Dr. Zulkeflee Ismail (Poli PD).

Acara dibuka oleh YB Datuk Wira Dr. Abu Bakar Mohamad Diah, Deputy Minister, Ministry of Science, Technology & Innovation didampingi oleh Tn. Roslee Bin Yahya, Director of Polytechnic Port Dickson.

 

RESPEX 2017

RESPEX 2017 ini mengambil tema Skilled Meets Knowledge: Innovation and Discovery. Gedung Dewan Wawasan yang berada di komplek Politeknik Port Dickson sebagai tempat pelaksanaan RESPEX 2017 dipenuhi oleh peserta untuk memamerkan produk masing-masing. RESPEX merupakan agenda tahunan Poli PD untuk memamerkan produk hasil dari setiap jurusan yang ada di Poli PD. Chairman of Organizing Committee Dr. Isham Shah Bin Hassan mengatakan “Ada 110 product yang dipamerkan pada RESPEX 2017 ini yang dibagi menjadi 7 kategori”.

Peserta Respex kali ini tidak hanya dari Poli PD, melainkan dari Indonesia juga, lanjut Isham. Beberapa Kampus dari Sumatera Utara juga turut dalam acara kali ini. Universitas Harapan Medan (UHM) turut berpartisipasi dalam acara tersebut yang diwakili oleh Program Studi Teknik Informatika. Untuk Mechanical Engineering Category UHM memperoleh Gold Medal (Robotic) dan memperoleh Silver Medal untuk Multimedia Category. Gold Medal juga diraih oleh UHM untuk kategori Best Product Foreign. Bertindak sebagai juri antara lain Prof. Dr. Ir. Dahmir Dahlan, M.Sc. (Indonesia), Prof. Eonyong Kim (Korsel) dan Prof. Dr. Ing. Ralf Foerster (Berlin).

Pada kesempatan terpisah setelah menerima medali, Abdul Jabbar, ST., M.Kom., selaku ketua tim UHM sekaligus sebagai Ketua Program Studi Teknik Informatika mengatakan bahwa semua ini adalah hasil kerjasama tim yang solid dan telah terjalin sejak sebelum berangkat ke Malaysia.

“Ini adalah hasil kerja keras dan kerja sama dari tim yang sudah solid,” ungkapnya sembari mengatakan bahwa ini juga tentunya karena dukungan dari segenap civitas akademika, alhamdulillah kita memperoleh hasil yang baik.

Mahasiswa yang ikut dalam acara ini adalah Imam Anugrah Pratama, Muhammad Zulkarnain dan Muhammad Aditya sedangkan dosen yang turut andil yaitu Abdul Jabbar, S.T., M.Kom., Dodi Siregar, M.Kom dan Dody Hidayat, S.T., M.Kom.

KOMENTAR

BACA JUGA