5 Negara Terkaya di Asia Tenggara

5 Negara Terkaya di Asia Tenggara
5 Negara Terkaya di Asia Tenggara

CERITAMEDAN.COM – Banyak orang awam yang mengira bahwa Negara Indonesia merupakan salah satu dari negara kaya di asia tenggara. Sebenarnya Indonesia merupakan negara papan tengah di asia tenggara. Dalam hal ekonomi yang masih jauh dibanding malaysia dan singapura yang merupakan tetangga dekat indonesia.

Suatu negara dikatakan kaya, bukan dilihat dari nilai tukar mata uang lokal nya. Dollar amerika bukan juga negara yang memiliki sumber daya alam melimpah dikatakan kaya namun sebuah negara yang dikatakan kaya yaitu dengan melihat seberapa besar pendapatan rata rata penduduk di suatu Negara. Dikenal dengan istilah pendapatan perkapita.

 

Daftar 5 Negara Terkaya di Asia Tenggara

ASEAN adalah sebuah federasi yang dibentuk untuk mengatur negara-negara di asia tenggara. Ekonomi Negara ASEAN berkembang begitu baik dari tahun-tahun dengan semakin banyaknya investor-investor dari Barat. Dengan ekonomi yang baik terdapat 5 negara terkaya di asia tenggara.

1. Singapore

Percapita= $55.182
Indeks sumberdaya manusia : Sangat Tinggi
Negara di kawasan Asean yang masuk dalam zona rich country yaitu Negara Singapura. Negara yang terletak di ujung selatan Semenanjung Malaya ini memiliki luas berkisar 716 km persegi lebih kecil dari pulau Bali. Jumlah penduduk sekitar 5,5 juta jiwa. Letaknya yang strategis menjadikan negara Singapura sebagai area transit tersibuk di dunia. Sumber kekayaan dan pendapatan singapure berasal dari sektor pelayanan jasa, industri kimia, dan beberapa sektor ekonomi. Statistik Singapura merupakan yang tertinggi di antara negara lainn yang masukke dalam wilayah Asia tenggara. Dihitung pertumbuhan infrastruktur, rekrutmen pekerja, serta indikasi sosial. Singapure layak berada di urutan pertama di daftar 5 negara terkaya di asia tenggara. Orang terkaya di Singapura.

2. Brunei Darussalam

Percapita: $39.355
Indeks sumberdaya manusia: Sangat Tinggi
Selain Singapura, negara kecil di Asia Tenggara yang tergolong negara kaya adalah Brunei Darussalam. Sejak 80 tahun lalu, Brunei Darussalam mendapat pendapatan terbesar dari ekspor minyak mentah dan gas bumi. Negara yang beribu kota di Bandar Sri Begawan ini tercatat sebagai salah satu eksportir gas alam cair yang berupa liquid petrolium gas terbesar di dunia. Perekonomian brunei juga digerakan oleh berbagai perusahaan dalam dan luar negeri, serta didukung oleh pemerintahan yang kuat. Wajar jika negara yang memiliki luas 5.765 kilometer persegi ini mempunyai pendapatan per kapita US$ 55.182 atau lebih dari Rp 717.366.00 terbilang tujuh ratus jutaan setiap tahunnya.

3. Malaysia

Percapita= $11.062
Indeks sumberdaya manusia: Tinggi
Malaysia disokong dengan pertumbuhan ekonomi yang pesat dan perkembangan dunia bisnis dan finance islam sangat baik. Sistem perbankan syariah dan asuransinya telah dijalankan sebaik mungkin sehingga semakin banyak nasabah. Hal ini yang menyebabkan negara ini kaya dengan pendapatan perkapitanya.

4. Thailand

Percapita= $5.675
Indeks sumberdaya manusia: Tinggi
Thailand dengan jumlah penduduk 1/3 dari Indonesia (67.764.000 jiwa).
Thailand merupakan negara ASEAN yang masuk kategori 5 Negara terkaya di asia tenggara .Negara Thailand memiliki cadangan emas terbanyak di dunia dan pendapatan perkapitanya $5.675, dalam jajaran negara anggota ASEAN.

Volume cadangan emas Thailand hingga Desember 2015 tercatat sebesar 152,4 ton. Angka sama sekali tidak memiliki perubahan dari tiga tahun lalu. Dilihat dari bidang ekonomi, pertumbuhan Thailand melambat. Diantara penyebabnya adalah peningkatan pengeluaran upaya mengatasi penurunan pada ekspor.

5. Vietnam

Percapita= $4.000
Indeks sumberdaya manusia: Menengah
Vietnam memiliki cadangan emas sebanyak 10 ton, Vietnam menduduki posisi ketujuh dalam daftar negara anggota ASEAN pemiik emas terbanyak. Cadangan devisa Vietnam bisa mencapai angka berkisar 37 milyar dolar, diungkapkan oleh Gubernur Bank Negara Vietnam. Sehingga tidak heran jika Vietnam masuk kedalam kategori 5 negara terkaya di asia tenggara.

KOMENTAR