SMPN 1 Model Babat Toman Menjadi Sekolah Favorit dan Menuju Unggulan Daerah

SMPN 1 Model Babat Toman
SMPN 1 Model Babat Toman

CERITAMEDAN.COM – Sekolah adalah tiang penyangga maju berkembangnya kualitas pendidikan di salah satu daerah khussnya kabupaten musi banyuasin. SMPN 1 Model Babat Toman menjadi salah satu sekolah favorit untuk wilayah kecamatan baba toman, sekolah yang mendapatkan predikat model oleh pihak LPMP sumsel dan Binaan Sampoerna Foundation.

SMPN 1 Model Babat Toman merupakan salah satu sekolah yang banyak diminati oleh para siswa. Tiap tahunnya SMPN 1 Model Babat Toman mampu menarik minat ratusan siswa mendaftar ke sekolah ini melalui Penerimaan Siswa Baru (PSB),Meski daya tampung siswa terbatas, namun sekolah ini tetap menjadi pilihan prioritas para siswa lulusan SD.

Menurut Kepala Sekolah SMPN 1 Model Babat Toman, Muri, M.Si, prestasi yang diraih ini merupakan kerja keras seluruh pihak sekolah komite maupun orangtua siswa dengan melalui proses dan perjuangan berat. Muri menuturkan, sekolah ini benar – benar konsisten melakukan sistem dan mekanisme yang ada secara berkesinambungan, guna menerapkan disiplin guru dan para siswa.

“Seperti wajib setiap pendidik membuat prangkat pembelajaran Format ini nantinya akan diperiksa oleh kepsek agar untuk mengetahui kelemahan para guru tenaga pengajar,” sebutnya, Selasa (8/8/2017).

Langkah kedua, mengadakan sistem dan konsep kegiatan menambah wawasan dan pengetahuan guru agar semakin baik dan berkualitas. Dalam hal ini sekolah mengadakan pelatihan guru serta Melakukan Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP) di sekolah dan tidak membiarkan adanya jam kosong pada bidang studi apa pun.

“Sistem itu bagai sebuah paralon yang mana seluruh bagian dari sekolah harus berada dalam itu (paralon), jika keluar merupakan sebuah pelanggaran, maka kita meluruskannya sesegera mungkin tanpa mengulur waktu. Ini agar satu pelanggaran tidak menjadi kebiasaan, jadi kita segera mufakat mengantisipasi dengan melibatkan seluruh guru dan staff,” terangnya.

Mengenai cara menanamkan disiplin diri bagi siswa/i di sekolah ini, sehingga menjadi sosok yang disegani sekolah lainnya, Muri menjelaskan kepsek dibantu satpam guru piket dan staffnya selalu mengontrol anak didik di sekolah baik diluar sekolah.

Menurut salah satu orangtua siswi, Sunardi, SH, kami bangga menyekolahkan anak di SMPN Model Babat Toman. Mereka dipersiapkan matang dengan motivasi yang benar untuk meraih masa depan yang cerah terbukti 3 siswi masuk ke SMAN SUMSEL dan sekolah unggul lainnya, mudah-mudahan dengan disiplin dan cara kinerja sekolah yang baik bisa dicontoh sekolah lain juga termotivasi mengharumkan dunia pendidikan wilayah Babat Toman musi banyuasin khususnya dan Sumatera Selatan pada umumnya.

Menanggapi hal itu KUPTD DikBud Kecamatan Babat Toman Drs.H. Zulkarnain, M,Si mengatakan, disiplin sudah dapat dijadikan contoh dan perlu ditingkatkan lagi, harapannya agar sekolah SMPN 1 Model babat toman menjadi contoh sekolah-sekolah yang ada di muba berkembang menjadi sekolah bertaraf internasional apalagi sekrang sudah jadi binaan sampoerna foundation.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA