Peluang Bisnis Co Working Space di Medan

Co Working Space In Medan
Co Working Space In Medan

CERITAMEDAN.COM – Dalam kesempatan ini kita membahas mengenai peluang bisnis co working space di Medan. Apakah kamu sudah pernah mendengar mengenai bisnis co working space ini? Jika belum ada baiknya kamu ketahui dulu pengertian co working space.

 

Pengertian Co Working Space

Dari katanya yang berbahasa Inggris, co working space berarti tempat kerja bersama. Dari situ dapat disimpulkan bahwa pengertian co working space merupakan tempat untuk bekerja dimana terjadi proses saling berbagi antar penggunanya. Biasanya co working space ini dibangun di area tempat umum sperti di gedung perkantoran, cafe dan ruko. Co working space ini adalah merupakan tempat yang didedikasikan untuk para freelancer yang tidak mempunyai tempat kerja/kantor tetap. Selain itu juga didedikasikan kepada mereka para pengusaha muda. Dalam co working space ini bisa saja terdapat orang-orang dengan bidang yang berbeda dan karakter yang berbeda-beda pula.

Intinya co working space adalah bisnis yang menyediakan jasa penyewaan tempat kerja untuk mereka yang belum memiliki ruang kerja permanen. Namun pada kenyataanya para pengguna co working space ini malah merasa nyaman dengan konsep co working space ini. Tak jarang juga malah mereka enggan untuk membuat kantor/ruang kerja sendiri. Dan mereka tetap memilih untuk menggunakan jasa co working space ini. Memang banyak keuntungan bagi para freelancer untuk menggunakan jasa ini. Keutungan tersebut diantaranya, mereka tidak harus mengeluarkan modal yang banyak untuk membangun tempat kerja mereka. Hanya dengan menyewa dengan sistem harian, bulanan atau bahkan tahunan mereka sudah mendapatkan sebuah tempat kerja yang nyaman. Selain nyaman juga lengkap fasilitasnya.

Selain dari sisi modal, ada keuntungan lainnya yaitu dapat memiliki jaringan relasi yang lebih banyak. Dalam satu tempat co working space terdapat bermacam-macam orang dengan bidang biisnis yang berbeda pula. Hal itu dapat dimanfaatkan untuk menjalin kerja sama yang menguntungkan antara kedua belah pihak. Siapa tau juga malah bisa mendapatkan investor disitu. Kan lumayan tidak usah jauh-jauh mencari rekan bisnis dan juga investor.

 

Peluang Bisnis Co Working Space

Nah dengan penjelasan panjang lebar di atas, bagaimana sudah ada gambaran mengenai bisnis co working space ini? Jika sudah mungkin kamu tertarik untuk mendirikan udaha co working space ini? Atau tertarik jadi konsumennya? Haha, semua itu pastinya tergantung pada diri kamu sendiri apakah kamu mau menjadi konsumen ataupun penyedia jasanya.

Nah bagaimana apakah kamu tertarik untuk mendirikan usaha co working space ini? Jika jawabannya ya kamu tertarik, maka sepertinya peluang untuk kamu masih sangat terbuka lebar. Mengapa demikian? Kita lihat saja akhir-akhir ini para pengusaha muda dan freelancer semakin bertambah banyak saja jumlahnya. Dengan pertambahan jumlah pengusaha muda dan freelancer tersebut maka secara otomatis bertambah pulalah kebutuhan akan jasa co working space ini.

Terutama perkembangan dunia bisnis online berbasis jaringan internet sekarang sedang menunujukkan geliat yang sangat positif. Hal itu memunculkan para freelancer dan pebisnis online yang bertambah terus-menerus setiap harinya. Hal itulah yang merupakan peluang besar kamu untuk mencoba mendirikan usaha bisnis jasa co working space ini.

Buatlah konsep bangunan yang mempunyai suasana nyaman untuk bekerja. Ciptakan ide-ide unik dan kreatif dalam desainnya. Contohnya, di Medan sudah ada beberapa co working space yang keren dan perlu kamu ketahui.

 

Co Working Space di Medan

 

1. Clapham Collective

Clapham Collective adalah ruang kerja yang dibentuk membentuk infrastruktur yang mendukung komunitas kewirausahaan dan kreatif di Medan. Didirikan oleh Chris Angkasa pada tahun 2015, Clapham Collective memberikan penghormatan kepada Sekte Clapham yang berperan dalam pemberantasan perbudakan modern di Inggris. Clapham Collective bertekad untuk menjadi tempat di mana penukar dunia dan sejarah dapat melepaskan diri dari situasi kerja tradisional.

Co working space ini berusaha memberdayakan bisnis lokal dan komunitas kreatif untuk memenuhi potensi sejati mereka. Keren lah pokoknya!

 

2. Digital Innovation Lounge – DILO Medan

Digital Innovation Lounge Medan, bertempat di Jl. Monginsidi no.6, Medan. Dilo (Digital Inovation Lounge) adalah sebuah Creative Camp yang dikembangkan oleh MIKTI bekerja sama dengan Telkom, sebagai pusat interaksi peminat dan pelaku industri kreatif digital di Kota Medan yang bertujuan menciptakan bibit-bibit Digital Preneur yang selanjutnya siap masuk ke industri (Creative Center).

Di dalam Creative Camp, komunitas kreatif digital akan diberikan pemahaman mengenai arah yang sebaiknya dilalui untuk masuk ke industri kreatif digital, termasuk arah sektor industri yang potensial untuk dijalani. Aktifitas DiLO Medan yakni Workshop/Training Teknis, Workshop/Training Desain, Workshop/Training Manajemen, Business Matchmaking, Business Gathering, Kompetisi Lokal.

 

3. Fun Talk Indonesia

Fun Talk Indonesia terbentuk pada bulan november 2014, sebagai perkumpulan sosial yang ditujukan untuk membantu penyebaran inspirasi yang dikemas dengan berbeda, menyenangkan, dan menarik, serta dapat menyelesaikan permasalahan serta meningkatkan kesadaran akan hal-hal yang dianggap benar. Dengan mempercayai kekuatan untuk saling menginspirasi yang dapat merubah sikap, kehidupan, juga lingkungan.

Dengan visi yang keren, yakni menjadi wadah untuk jutaan inspirasi dari berbagai macam pemikir serta komunitas lainnya yang turut berpartisipasi agar tetap bermanfaat satu dengan yang lainnya melalui kegiatan-kegiatan FunTalk. Begitu juga dengan misi dari Fun Talk Indonesia yakni menjadi wadah untuk jutaan inspirasi dari berbagai macam pemikir serta komunitas lainnya yang turut berpartisipasi agar tetap bermanfaat satu dengan yang lainnya melalui kegiatan-kegiatan FunTalk.

Nah, dari beberapa co working space di atas, dapat menjadi gambaran pada kita bahwa belum banyak yang menyediakan jasa penyewaan tempat kerja di Medan. Tentu ini bisa menjadi peluang bisnis bagi kamu. Bila ingin mendapatkan banyak manfaat dari menggunakan co working space, sudah bisa lah menyiapkan budget untuk memilih lokasi yang tepat untuk melancarkan bisnis layaknya pengusaha muda.

KOMENTAR

BACA JUGA