Yose Piliang Bawa “Mamak Sumut” Maju di Pilgubsu 2018

Yose Piliang Bawa "Mamak Sumut" Maju Di Pilgubsu 2018
Yose Piliang Bawa “Mamak Sumut” Maju Di Pilgubsu 2018

CERITAMEDAN.COM, Medan – Jurnalis perempuan senior, Yusniarti yang akrab disapa Yose Piliang akhirnya menyatakan diri maju dalam bursa calon Gubernur Sumut di Pilkada 2018.

Pernyataan itu disampaikan secara terbuka dihadapan para jurnalis yang tergabung di beberapa organisasi pers, dalam rangka halal bi halal di Warkop Jurnalis Medan, Jalan Agus Salim, Selasa( 4/7/2017).

Yose Piliang mengaku dirinya benci dengan dunia perpolitikan tanah air. “Saya sebenarnya tidak tertarik terhadap dunia politik, namun berkat dorongan kawan-kawan maupun melihat kondisi Sumut yang kian memprihatinkan, maka saya siap,” ucap pengusaha rumah produksi ini.

Deklarasi Yose Piliang yang maju dengan slogan Mamak Sumut ini dihadiri berbagai organisasi, seperti Forum Jurnalis Medan (FJM), Pewarta Foto Indonesia (PFI) Medan, Forum Jurnalis Perempuan (FJP), Aliansi Media Cyber Indonesia (AMCI) dan beberapa organisasi jurnalis lainnya.

Yose Piliang memaparkan, selama 27 tahun menjadi jurnalis, dirinya selalu mengamati perkembangan politik di Indonesia. Kondisi ini sendiri membuatnya sangat tidak tertarik dengan alasan gaya berpolitik yang ada saat ini terlalu menempatkan materi dan prestise diatas kepentingan publik.

Hal ini juga yang membuatnya selama ini lebih senang melakukan kegiatan sosial secara sendiri-sendiri bersama kru pada rumah produksi Deli Geist miliknya.

“Saya merasa apa yang dilakukan dan tim saya selama ini seperti membantu warga untuk berobat maupun sekedar memberi paket sembako pada warga miskin di daerah-daerah tempat kami menggelar syuting itu lebih bermanfaat bagi mereka. Saya nggak sadar ternyata itu yang membuat kawan-kawan yang mengenal saya justru terus menerus memposting dukungan agar saya maju di Pilgubsu,” ujarnya.

Dukungan ini, menurut Yose, sudah muncul dalam dua tahun terakhir, namun ia tidak merespon sebab menurutnya hal tersebut hanya iseng-iseng dari rekan-rekannya terutama dari kalangan jurnalis yang selama ini memang dekat dengannya. Namun dukungan ini berubah menjadi dukungan publik, sehingga ia meresponnya.

“Respon saya atas begitu masifnya dukungan, saya menyatakan serius untuk ikut Pilgub Sumut 2018. Saya mohon dukungan kita tidak sebatas dukungan, namun kita bekerja bersama,” ujarnya.

Uniknya untuk Yose, beberapa kalangan Jurnalis ternyata telah membentuk tim untuk meloloskannya menjadi calon di Pilgub Gubernur Sumut 2018.

Ketua Tim Pemenangan, Dedy Armaya mengatakan, sejauh ini mereka telah mempersiapkan berbagai program untuk semakin mengenalkan Yose Piliang ditengah masyarakat.

“Tujuannya kita berharap ada partai politik yang melirik, namun kalaupun tidak ada kita siap dari jalur independen. KTP dukungan sudah mulai masuk,” pungkasnya.

Data yang disampaikan, dalam dua hari terakhir dukungan dalam bentuk KTP sudah mereka terima dari beberapa daerah, seperti Tapanuli Selatan, Labuhan Batu Utara, Labuhan Batu Selatan, Padang Lawas, Langkat dan Medan. Jumlah total KTP dukungan dari daerah tersebut mencapai 7 ribu KTP.

“Kita yakin dalam 2 hari saja sudah 7 ribu, kedepan akan terus bertambah,” cetus Dedy.

KOMENTAR

BACA JUGA