Medina, Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI

 

Medina, Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI
Medina, Wadah Plastik Bersertifikat Halal MUI
(Dewi Hendrati, General Manager Marketing Communication Medina)

CERITAMEDAN.COM, Medan – Medina meluncurkan foodware berbahan plastik halal pertama di Indonesia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia terkait dengan gaya hidup sehat dan halal. Menurut data Euro Monitor, kami memproyeksikan berdasarkan pertumbuhan rata-rata (CAGR) di Indonesia, pasar produk plastik rumah tangga terus mengalami peningkatan. Seiring dengan pertumbuhan konsumsi global pada kategori “food storage container” yang mencapai 3,72% pada periode 2012 – 2017, pertumbuhan market size untuk kategori pembelian produk Beverageware, Food Storage, dan Dinnerware di Indonesia sebesar 11,2 % Pertahun.

Selain pasar foodware plastik yang masih menjanjikan, potensi produk halal di dunia juga semakin meningkat pesat yang mencapai estimasi nilai perdagangan sebesar 3,7 triliun pada 2019. Mayoritas penduduk Indonesia, menjadikan halal sebagai gaya hidup yang terus berkembang, sehingga Medina yang menyasar kelas menengah masyarakat Indonesia memiliki peluang besar untuk bersaing. Dengan mengusung konsep produk peralatan rumah tangga halal pertama di Indonesia yang diluncurkan pada 9 Maret 2017 di Jakarta, Medina menargetkan untuk dapat meraih 15% market share houseware dalam 5 tahun mendatang.

“Seperti data yang dilansir BPS (Badan Pusat Statistik), konsumsi rumah tangga masih menjadi pendorong terbesar pertumbuhan ekonomi nasional pada tahun 2016 dengan persentase 5,02%. Apalagi pengeluaran rumah tangga muslim juga mencapai Rp. 130 triliun per bulan. Artinya kebutuhan keluarga Indonesia akan produk rumah tangga masih tinggi dan Medina hadir untuk memenuhi kebutuhan tersebut demi menjamin ketenangan konsumen khsususnya dengan produk yang halal dan aman bagi keluarga Indonesia,” demikian papar Dewi Hendrati, General Manager Marketing Communication Medina di JM Bariani House, Medan Sabtu (29/7).

Selain menjual produk plastik rumah tangga Halal, Medina juga memiliki tujuan untuk membagikan nilai-nilai kebaikan melalui forum yang dapat menginspirasi. Melalui forum “Medina Inspirative Talk” (MIT) di Medan ini, Medina bekerjasama dengan komunitas Upload Kompakan untuk mendorong perempuan khususnya ibu rumah tangga supaya lebih memperhatikan kesehatan dan mengaplikasikan nilai-nilai halal dalam kehidupan sehari-hari.

Echi Sofwan (Founder Upload Kompakan) - Dewi Hendrati (General Manager Marketing Communication Medina)
Echi Sofwan (Founder Upload Kompakan) – Dewi Hendrati (General Manager Marketing Communication Medina)

Sekilas tentang Upload Kompakan, merupakan komunitas fotografer perempuan yang menekankan nilai-nilai Islam pada objek fotonya dan diinisiasi Echi Sofwan. Mayoritas member Upload Kompakan merupakan ibu rumah tangga yang sangat memperhatikan terhadap penggunaan wadah plastik halal untuk menjamin kebersihan konsumsi keluarga.

Menjadi sosok perempuan yang sehat dan produktif adalah dambaan setiap perempuan terutama Ibu rumah tangga yang memiliki tanggungjawab terhadap keluarga. Oleh karena itu, Medina terus berkomitmen menyelenggarakan forum MIT dengan tema kewirausahaan yang dapat bermanfaat dan memberikan inspirasi untuk menjadi perempuan yang lebih mandiri. “Forum MIT ini diharapkan dapat menjadi wadah yang menginspirasi dan bermanfaat , terutama tentang kewirausahaan yang dapat memotivasi perempuan terutama ibu rumah tangga agar memiliki penghasilan tanpa harus meninggalkan keluarga,” imbuh Dewi Hendrati.

Oleh karena itu, selain workshop fotografi dan kesehatan. MIT kali ini juga mengusung talkshow tentang kewirausahaan yang bertajuk “Merintis Bisnis Kuliner Kreatif” dan akan disampaikan oleh Moulina Fajrin Isra, pemilik @nyak_ina_kitchen, Medan.

Di sisi lain, dalam setiap MIT yang dilakukan, Medina berusaha menghadirkan materi yang relevan dengan program yang sedang dijalankan oleh pemerintah setempat terutama yang berkaitan dengan pemberdayaan perempuan. Kali ini, dengan Pemerintah Kota Medan melalui Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kota Medan.

“Perempuan harus cerdas sehingga bisa meningkatkan kualitas hidup diukur melalui aspek kesehatan, pendidikan dan ekonomi sehingga dapat meningkatkan kualitas keluarga. Melalui Medina Inspirative Talk, perempuan harus bisa mempertahankan prinsip gaya hidup sehat dengan selektif dalam memilih produk agar selamat dunia akhirat. Dengan produk halal yang terjamin sehat dan dapat meningkatkan ekonomi keluarga, pada gilirannya akan mengurangi kesenjangan akses ekonomi perempuan,” tambah Dra. Hj. Marhamah M.Si, Kepala Bidang Kualitas Hidup Perempuan dan Kualitas Keluarga, Dinas Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak.

MIT yang diselenggarakan di 65 titik di Indonesia ini merupakan komitmen Medina untuk terus menyelenggarakan forum perempuan yang menginsipirasi. MIT Medan merupakan kegiatan yang ke delapan belas setelah sebelumnya MIT di Selenggarakan di Jabodetabek, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Lampung. MIT selanjutnya akan terus dilaksanakan melalui kolaborasi dengan Pemerintah kota terkait dan komunitas perempuan di setiap daerah untuk terus menyelaraskan antara program pemerintah dan yang terjadi di lapangan. Melalui MIT di beberapa kota ini, Medina terus menunjukkan konsistensinya dalam menekankan pentingnya gaya hidup sehat dan halal dari hulu hingga hilir.

Kegiatan MIT diharapkan tidak hanya bermanfaat bagi peserta yang hadir, melainkan juga dapat disebarluaskan di lingkungan sekitar. “Kami berharap, dengan menggandeng komunitas perempuan, berbagai inspirasi yang dibagi dapat terus tersampaikan pada perempuan-perempuan lain di lingkungan sekitar. Oleh karena itu, kami juga sangat berharap para peserta yang hadir di sini juga bersedia untuk berbagai dengan orang-orang disekitarnya,” tutup Dewi.

Jaminan kehalalan produk Medina dari hulu hingga hilir yang meliputi pemilihan bahan baku, proses produksi, hingga distribusi. Seluruh koleksi Medina yang terdiri dari 19 jenis produk dapat dilihat di www.inspirasimedina.com dan juga dijual di www.dusdusan.com dengan kisaran harga Rp. 100.000, – hingga Rp. 500.000,-.***(CM/PR)

 

KOMENTAR

BACA JUGA