Khasiat Madu untuk Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan
Khasiat Madu Untuk Kesehatan dan Kecantikan

CERITAMEDAN.COM, Medan – Cairan yang dihasilkan dari nektar bunga dan diolah oleh lebah yang sering disebut madu memimiliki banyak khasiat dan manfaat bagi kehidupan kita, baik untuk kesehatan tubuh maupun kecantikan. Zat glukosa yang terdapat pada madu membuat madu memiliki rasa manis yang melebihi manis pada gula. Tak heran jika madu telah digunakan sejak lama untuk kesehatan dan juga kecantikan.

Salah satu manfaat madu yaitu bisa menambah stamina tubuh kita. Jadi tak heran jika banyak sekali kita lihat iklan makanan atau minuman sehat penambah stamina yang selalu mengandung dan menempatkan madu pada komposisinya walaupun dengan kadar yang kecil.

Selain itu, madu juga dipercaya dapat digunakan sebagai obat batuk. Sebagaimana sebuah studi pada tahun 2007 yang dilakukan oleh Penn State College of Medicine yang melibatkan 139 anak-anak, menemukan bahwa madu sangat efektif dalam menghilangkan batuk. Dekstrometorfan (DM) dalam madu dapat menenangkan batuk pada malam hari untuk anak-anak dan meningkatkan kualitas tidur mereka.

Mengkonsumsi madu bagi orang yang menderita diabetes mellitus pun sangat bagus. Meski ada beberapa anggapan bahwa mengkonsumsi makanan dan minuman yang berkadar manis tidak diperbolehkan oleh penderita diabetes mellitus, karena akan meningkatkan produksi insulin dan dapat menaikkan kadar gula dalam darah. Tapi sebenarnya jika penderita diabetes  mengkonsumsi madu secara teratur ini sangatlah baik. Sebab madu yang diperkaya dengan kandungan vitamin, seperti vitamin B1, B5, dan C sangatlah dibutuhkan oleh penderita diabetes tanpa perlu khawatir gula dalam darah meningkat.

Madu tidak hanya baik jika dikonsumsi oleh orang tua, untuk anak-anak pun madu sangat baik dalam membantu tumbuh kembang otak si anak. Karena untuk perkembangan dan pertumbuhan otak anak membuthkan kandungan vitamin yang lengkap, dan ini pun dapat diperoleh dari madu.

Selain untuk meningkatkan tumbuh kembang otak anak, madu juga bisa digunakan untuk meningkatkan nafsu makan pada anak yang memang sukar untuk makan. selain itu madu yang mengandung vitamin B juga dapat membantu mempercepat proses pertumbuhan fisik dan menjaga kesehatan pada anak.

Tak hanya itu, madu juga bisa membantu mencegah radang usus dan juga maag. Madu juga berkhasiat dan memiliki peran penting untuk menjaga kesehatan dan kinerja usus dan melindungi usus dari luka atau infeksi. Dimana kandungan asam asetat pada madu dapat membatu mengobati infeksi lambung.

Madu juga dapat dijadikan andalan untuk mengurangi gejala alergi musiman. Dimana madu memiliki efek anti-inflamasi yang merupakam obat alami untuk alergi dan juga asma. Didalam tubuh, madu sangat efektif menangani bersin yang diakibatkan oleh alergi terhadap suatu benda.

Selain untuk kesehatan tubuh, memang madu juga dapat dijadikan asupan untuk kecantikan. Kandungan pottasium, kalsium, dan magnesium pada madu dapat memelihara kecantikan kulit secara alami dan efektif. Tak hanya itu, madu dapat mencegah penuan dini yang sering kali dialami pada wanita.

Selain kandungan pottasium, kalsium, dan magnesium yang terdapat pada madu, ternyata madu juga memiliki kandungan enzim yang dapat dijadikan untuk pmbersih kulit secara alami. Kandungan enzim tersebut juga dapat dijadikan sebagai antiseptik yang sangat lembut untuk membuat kulit menjadi lebih bersih.

Tidak hanya untuk kesehatan dan kecantikan, madu juga disarankan agar dikonsumsi oleh ibu yang sedang mengandung. Sebab, dengan mengkonsumsi madu stamina ibu hamil akan meningkat dan juga bisa untuk meningkatkan nafsu makan. (CM-06/Ika Rahmadani Lubis)

KOMENTAR