7 Cara Merawat Gigi bagi Pengguna Behel

 

7 Cara Merawat Gigi Yang Menggunakan Behel
7 Cara Merawat Gigi Yang Menggunakan Behel

Siapapun itu tentunya menginginkan gigi yang indah dan tampak cantik. Namun tidak semua beruntung dilahirkan dengan gigi yang baik dan cantik. Namun sekarang ini kamu tidak perlu berputus asa sebab dengan banyaknya teknologi modern utamanya di bidang kesehatan, gigi yang dulunya tidak rata atau berjarang bisa diatasi dengan cara memakai behel.

Behel kini sudah menjadi trend di kalangan wanita, khusunya kaum remaja putri yang ingin tampil lebih menarik dengan bentuk gigi yang rata. Bahkan tak jarang mereka yang sudah tua pun terkadang juga menggunakan gigi kawat karena kebutuhan perbaikan akan giginya.

Memakai behel harus diiringi dengan upaya perawatan gigi, karena penggunaan behel ini memiliki resiko yang besar terhadap masalah gigi apabila tidak dilakukan langkah pencegahan yang baik. Makanya orang sering mengatakan penggunaan kawat gigi memiliki dampak yang kurang baik. Dan bagi kamu yang hanya ingin mengikuti fashion saja, sebaiknya jangan memilih cara yang kurang baik ini.

Memang ada dampak negatif dari penggunaan behel apabila tidak dirawat dengan baik. Berikut ini beberapa cara merawat gigi behel yang dianjurkan untuk mencegah terjadinya dampak negatif dari penggunaan behel tersebut:

  1. Memakai Sikat Gigi Khusus

Jangan anggap remeh soal sikat gigi. Bagi kamu pengguna behel lebih baik gunakan sikat gigi khusus. Hindari penggunaan sikat gigi yang biasa. Sebab sikat gigi khusus untuk kamu yang berbehel bentuknya lebih kecil dan halus.

  1. Bersihkan Gigi Sesering Mungkin

Selain rajin menggosok gigi, membersihkan gigi juga bisa dilakukan dengan memperbanyak minum air putih sehingga mulut lebih terasa bersih selalu.

  1. Obat Kumur

Kamu juga sebaiknya rajin menggunakan obat kumur agar sisa-sisa makanan yang tidak dibersihkan saat menyikat gigi bisa dihilangkan melalui obat kumur tersebut. Sebaiknya kamu juga menggunakan obat kumur yang dianjurkan dokter bukan membeli dan menggunakan obat kumur merk apapun.

  1. Gunakan Dental Floss

Dental floss atau benang gigi sebaiknya digunakan secara rutin bagi kamu yang menggunakan behel. Sebab sela-sela gigi akan sangat sulit dicapai hanya dengan menggunakan sikat gigi. Sehingga akan memberikan dampak buruk bagi gig jika bakteri tertinggal dan berkembang di mulut dan gigi kamu. Sehingga untuk menghindari hal itu rutinlah menggunkan dental floss.

  1. Hindari Permen Karet dan Makanan Keras

Bagi kamu pengguna behel sebaiknya menghindari makananan yang bertekstur keras serta lengket seperti permen karet. Dengan tekstur kenyal dan mudah lengket maka permen karet beresiko tinggi melengket pada behel dan tertinggal disitu. Hal ini akan memberikan efek buruk bagi kesehatan gigi. Begitu pula pada makanan keras maka anda sebaiknya menghindarinya agar menjaga kesehatan gigi anda tetap sehat.

  1. Rutin Check-up

Saat menggunakan behel, kamu sebaiknya rutin memeriksakan gigi kamu ke dokter. Sebab jika tidak maka berbagai masalah gigi akan lama tertinggal dan mengakibatkan penyakit yang lebih parah. Kamu bisa memeriksakannya ke dokter setiap bulannya atau jika tidak tiga bulan sekali.

  1. Sikat Gigi Setelah Makan

Setelah makan, jangan lupa untuk rutin menyikat gigi kamu sebab jika lama tertinggal dalam mulut ia akan berkembang menjadi bakteri yang memicu gigi anda bermasalah. Selain itu saat memakai behel potensi sisa makanan tertinggal lebih besar karena bentuk behel yang banyak memberikan ruang bagi sisa makanan untuk tinggal. (CM-06/Ika Rahmadani Lubis)

KOMENTAR

BACA JUGA