SMK Negeri 9 Medan Jalin Kerjasama dengan Cerita Medan

SMK Negeri 9 Medan Jalin Kerjasama Dengan Cerita Medan
SMK Negeri 9 Medan Jalin Kerjasama Dengan Cerita Medan

CERITAMEDAN.COM, Medan – Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) Negeri 9 Medan yang terletak di Jalan Patriot jalin kerjasama dengan Cerita Medan dalam program sekolah, yaitu Pendidikan Sistem Ganda (PSG). Lewat program yang sebenarnya di tiap Sekolah Menengah Kejuruan ini dilaksanakan, pihak sekolah mempercayakan peserta didiknya untuk melakukan PSG program keahlian ‘Teknik Komputer dan Informatika (TIK) dan Seni Rupa’.

Dalam rangka penyelenggaraan program pendidikan dan pelatihan kejuruan sangat bergantung pada kerja sama dengan Dunia Usaha dan Dunia Insdustri yang disingkat dengan DUDI. Jalinan kerjasama antara lembaga diklat kejuruan dengan DUDI pada umumnya ditujukan untuk menunjang proses pengembangan kompetesi kerja peserta didik guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri, serta meminimalisasi kesenjangan kompetensi yang tidak dapat dipenuhi selama proses pendidikan dan pelatihan.

Kepala Sekolah SMK Negeri 9 Medan, H. Sakti, S.Pd, M.Pd memaparkan, kerjasama yang dijalin dimaksudkan untuk bidang pendidikan dan pelatihan dengan program bidang keahlian Teknik Komputer dan Informatika serta Seni Rupa pada SMK Negeri 9 Medan ditujukan untuk menunjang proses pengembangan kompetensi kerja peserta didik dan latih guna menghasilkan lulusan yang sesuai dengan kebutuhan industri.

SMK Negeri 9 yang memiliki 6 jurusan ini baru pertama kalinya melepas peserta didiknya yang tergabung pada jurusan Desain Komunikasi Visual (DKV). Sebab jurusan DKV ini baru dua tahun ada di SMK Negeri 9. Meski ini pertama kalinya, namun pihak sekolah yakin bahwa lewat program dan jalinan kerjasam ini peserta didiknya akan mampu mengaplikasikan ilmu yang mereka dapat selama mengikuti praktik kerja industri.

Selain mengajarkan design atau bisa dibilang sebagai pendidik untuk siswa SMK Negeri 9 yang sedang melaksanakan pendidikan sistem ganda, Cerita Medan secara tidak langsung juga mengajarkan pada dunia online.  “Bekerjasama dengan PT Carita Media Mayantara ini feedbaack-nya juga memotivasi peserta didik untuk terjun di dunia media sosial dan menulis. Jadi, bagi mereka-mereka yang nggak paham atau gaptek bisa belajar dan bisa nulis juga,” ujar guru Bimbingan Konseling yang sering disapa Yuni.

Soalnya, lanjut Yuni, anak animasi inikan memang kurang paham soal itu, jadi mereka kurang pemantapan. Disini mereka bisa memantapkannya.

Kerjasama yang dilakukan antara lembaga diklat kejuruan dan DUDI dilakukan dalam berbagai bentuk, antara lain prkatik kerja industri (prakerin), pengembangan kurikulum, bursa kerja, dan lain-lain. Dimana kerjasama tersebut dapat mensukseskan peraturan pemerintah dan per-Undang-undangan, sebagaimana Keputusan Mendikbud No. 0780/U/1993 tentang Program Pendidikan dan Lapangan Kerja, Keputusan Mendikbud No. 323/U/1997 tentang penyelenggaraan Pendidikan Sistem Ganda dengan Dunia Usaha dan Dunia Industri (DU/DI), dan peraturan-peraturan lainnya.

Kerjasama yang dilakukan antara pihak sekolah dan Cerita Medan akan terus dilakukan ditahun berikutnya. Dan lewat praktek kerja industri ini diharapkan peserta didik dapat memahami ilmu sesuai jurusan mereka. Selain itu peserta didik nantinya diharapkan mampu mengaplikasikan ilmu mereka di sekolah dan mengajarkan ilmu yang didapat pada adik-adiknya.***(CM-06/Ika Rahmadani Lubis)

KOMENTAR

BACA JUGA