Daftar Perguruan Tinggi Negeri (PTN) di Medan

Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Medan - Kampus Negeri Medan
Daftar Perguruan Tinggi Negeri di Medan – Kampus Negeri Medan

Sumatera Utara juga tidak kalah saing kalau soal pendidikan. Nah ini di Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang ada di Medan:

 

1. Universitas Sumatera Utara (USU)

USU didirikan sebagai Yayasan Universitas Sumatera Utara pada 4 Juni 1952. Fakultas pertama, Fakultas Kedokteran didirikan 20 Agustus 1952, yang diperingati sebagai hari jadi USU. Soekarno meresmikan USU sebagai universitas negeri ke-7 di Indonesia pada 20 November 1957. Kampus USU berlokasi di Jl. Dr. T. Mansur No. 9, Padang Bulan.

2. Universitas Negeri Medan (UNIMED)

Universitas Negeri Medan berlokasi di Jalan Willem Iskandar, Pasar V Medan Estate, Percut Sei Tuan. Unimed berdiri 23 Juni 1963 dengan nama Institut Keguruan dan Ilmu Pendidikan (IKIP) Negeri Medan. Perubahan menjadi Universitas Negeri Medan dilaksanakan pada bulan Februari 2000 dengan SK Presiden No. 124 Tahun 1999, tanggal 7 Oktober 1999.

3. Universitas Islam Negeri Sumatera Utara (UIN SU)

Terletak di Jalan Pasar V Medan Estate (Sebrang Unimed). Awalnya bernama Institut Agama Islam Negeri Sumatera Utara (IAIN SU) yang diresmikan 17 November 1973. Ditetapkan perubahan IAIN menjadi Universitas Islam Negeri Sumatera Utara sejak 18 Oktober 2014 melalui Peraturan Presiden Nomor 131 tahun 2014. UIN SU adalah Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Agama.

4. Politeknik Negeri Medan (PolMed)

Dahulu dikenal sebagai Politeknik Universitas Sumatera Utara (Politeknik USU) yang dibangun bedasarkan proyek pembangunan Pendidikan Politeknik dari DIKTI oleh USU tahun 1979. Melalui Surat Keputusan Mendikbud No. 084/O/1997, maka Politeknik USU Medan resmi menjadi Politeknik mandiri dengan nama Politeknik Negeri Medan. Terletak di Jalan Almamater no 1 Kampus USU.

 

5. Politeknik Kesehatan Departemen Kesehatan Medan (PolteKes Depkes Medan)

PolteKes Depkes Medan merupakan Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Kesehatan. PolteKes Depkes Medan resmi didirikan tahun 1998. Berlokasi di Jalan Jamin Ginting Km 13,5 Kel. lau Cih, Kec. Medan Tuntungan.

6. Politeknik Teknologi Kimia Industri (PTKI) Negeri Medan

Bernama awal Pendidikan Teknologi Kimia Industri berdiri tahun 1983. Melalui Keputusan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan No. 376/MPK.E/KL/2014, 23 April 2014, maka resmi berubah nama menjadi Politeknik Teknologi Kimia Industri. Terletak di jalan Medan Tenggara No. VII, Medan Tenggara, Medan Denai. PTKI merupakan Perguruan Tinggi Milik Pemerintah di bawah naungan Kementerian Perindustrian.

7. Akademi Pariwisata Negeri Medan (Akpar Medan)

Bernama awal Balai Pendidikan dan Latihan Pariwisata (BPLP) yang didirikan tahun 1991 dan diresmikan 18 Agustus 1991. Pada 12 Februari 1997 resmi berubah status menjadi Akademi Pariwisata (Akpar) Medan sesuai SK Menparpostel No. KM.26/ot.mppt-97.

Akpar Medan adalah lembaga pendidikan dan pelatihan di bidang pariwisata di bawah naungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Terletak di Jalan Rumah Sakit Haji No. 12, Kenangan Baru, Percut Sei Tuan.

 

8. Politeknik Negeri Media Kreatif (PoliMedia)

Bernama awal Balai Pelatihan Teknologi Grafika (BPTG) Medan tahun 1995 kemudian diubah menjadi Balai Grafika Medan tahun 2004. Dengan keputusan Mendiknas No.154/E/O/2011 tanggal 1 agustus 2011 selanjutnya berganti nama menjadi Politeknik Negeri Media Kreatif Program Studi Diluar Domisili Medan atau Polimedia Kreatif PSDD Medan. Terletak di Jl. Guru Sinumba No.3, Helvetia Tim, Medan Helvetia, Kota Medan, Sumatera Utara.

 

Demikian informasi mengenai daftar Kampus Negeri di Medan, semoga dapat menjadi informasi yang bermanfaat untuk pembaca Cerita Medan dimanapun berada.

KOMENTAR

BACA JUGA