Business Week, Wadah Mahasiswa Berinteraksi dengan Pebisnis

 

Business Week, Wadah Mahasiswa Berinteraksi Dengan Pebisnis
Business Week, Wadah Mahasiswa Berinteraksi Dengan Pebisnis

Memasuki tahun ketiga yang terbilang masih relatif muda Universitas Pelita Harapan (UPH) Medan masih terus berproses untuk mencerdasakan generasi muda di kota Medan, Sumatera Utara. Kini sudah ada ribuan mahasiswa yang tercatat sebagai mahasiswa UPH yang mana berasal dari berbagai latar belakang suku dan agama. Untuk memajukan Indonesia dengan mempersiapkan generasi muda menjadi pribadi yang inovatif, berintegritas, kreatif, dan aktif dalam menghadapi perubahan global yang terjadi saat ini telah menjadi komitmen UPH. Karena itu kini UPH memberikan kontribusi yang signifikan bagi para siswa Sekolah Menegah Atas (SMA) dan mahasiswa se- Sumatera Utara pada kegiatan UPH Medan ‘Business Week’ 2017 yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Jurusan Manajemen dan Akuntansi.

Kegiatan Business Week diadakan selama tiga hari, dimulai dari 3-5 Maret 2017 dengan mengusung tema ‘A Realm of Opportunities’. Tema ini dibuat untuk mengekplorasi tentang kesempatan-kesempatan yang bisa diperoleh siswa SMA dan juga mahasiswa. Dimana kegiatan ini diisi dengan berbagai acara yang bermanfaat, sepeerti Business Challange merupakan sebuah kompetisi yang dirancang untuk menunjukkan bahwa akuntansi juga dapat dipelajari melalui permainan dan memanfaatkan keterampilan kewirausahaan melalui kompetisi. Selain itu juga ada Business Runway Exhibition. Dalam kompetisi ini menyampaikan bahwa fotografer juga bermain dalam berkomunikasi ide bisnis, Business Talk and Business Networking Night.

Dihari pertama ini ceramah singkat mengenai ‘Karakter Mahasiswa Masa Depan’ disampaikan oleh Prof. Dian Armanto, M. Sc., PhD selaku koordinator Kopertis Wilayah I. Selain itu juga ada Public Seminar yang menghadirkan pembicara yang berkompeten dibidang bisnis, yaitu Mr. Triawan Munaf.

Berikutnya Business Talk akan menghadirkan Arifin Fu yang meruapakan Direktur Eksekutif UPH Medan dan Ketua PPI pada Persatuan Konsultasi Pajak Umum Indonesia, Medan. Selain itu juga akan hadir Direktur Majalah Aplaus, Komukiasi Lumutm, dan Radio 102, Darwis Taniwan. Edy Tan selaku Co-Founder of Medan Teach Valley Special Advisor of Twin Focus Capital, Boston- USA dan terakhir Christopher Angkasa, Founder of Clapham Collective.  Keempat pembicara tersebut adalah pembicara berpengalaman dan berkompeten dalam dunia bisnis.

Berbicara tentang bisnis, untuk bergerak dalam dunia bisnis tidak hanya mengenai pemahaman mengenai bisnis yang kita tahu namun juga harus memiliki soft skill. Bagaimana memaasarkan produk dan cara bernegoisasi merupakan bagian dari soft skill yang harus dimiliki. Mungkin secara teori banyak orang telah memahami ini, namun secara praktek masih banyak permasalahan yang terjadi. Lewat Business Week ini diharapkan nantinya bisa mengaplikasikan yang telah didapat dalam kehidupan sehari-hari.

Raymond Liu selaku Rektor UPH Medan beraharap untuk Business Week ini nantinya  apa yang didapat oleh mahasiswa didalam kelas bisa diaplikasikan. “Kita harap mahasiswa bisa memakai pengetahuan yang diserap didalam kelas juga disinergi dengan interdisciplinary yang lain dan dibawa kepasar kemudian di apply,” jelasnya.

Zaman sekarang ini digital bukan lagi menjadi hal yang asing bagi kita. Digital era saat ini bisa dimanfaatkan oleh mahasiswa. Mungkin dulu untuk mempromosikan produk orang-orang akan menggunakan selembaran iklan. Tapi di era sekarang promosi dapat dilakukan lewat media sosial yang bisa dilakukan dimana saja.

Nantinya untuk mengakhiri kegiatan di tanggal 5 Maret, UPH Medan Business Week akan mengadakan acara yang tidak kalah menarik, yaitu Business Networking Night. Dimana pada malam ini UPH Medan akan mengundang para pengusaha dan founder business yang nantinya peserta akan diberikan kesempatan untuk berinteraksi dengan para pemimpin dan pengusaha yang ada di Medan. Business Networking Night memang dirancang khusus untuk memudahkan jaringan dan kesempatan antara mahasiswa dan praktisi bisnis yang berpengalaman.  

Kedepannya UPH Medan akan terus memberikan dampak positif demi kemajuan Indonesia. Melalui fasilitas yang memadai dan kualitas tenaga pendidik yang kompeten UPH terus melakukan pembenahan untuk menjadi Universitas unggul yang dapat memberdayakan sumber daya manusia yang berkarakter dan kompeten dalam mengahadapi perubahan global. *** (CM-07/Ika Rahmadani Lubis)

KOMENTAR

BACA JUGA