SMK Negeri 11 Medan, Sekolah Kejuruan Musik yang Melek Internet

SMK Negeri 11 Medan, Sekolah Kejuruan Musik Yang Melek Internet
SMK Negeri 11 Medan, Sekolah Kejuruan Musik Yang Melek Internet

Kebutuhan pelanggan dan masyarakat Indonesia atas layanan internet terus meningkat dari tahun ke tahun. Masyarakat memanfaatkan layanan internet untuk hidup, kerja, pendidikan dan aneka kebutuhan lainnya. PT XL Axiata, Tbk (XL) mengambil inisiatif untuk menginisiasi program 1.000 Sekolah Broadband. Melalui program ini, XL menyiapkan layanan mobile broadband (MBB) dan program Melek Internet ke berbagai sekolah di Indonesia.

General Manager Sumatera Bagian Utara XL, Horas Lubis menyampaikan, setiap sekolah yang terpilih mendapatkan 3 unit laptop lengkap dengan free akses internet via layanan MBB selama setahun”. Hari ini, kita berada di SMK Negeri 11 Medan untuk memulai program Melek Internet di awal tahun 2017. Sekolah ini merupakan satu-satunya sekolah menengah kejuruan musik di Sumatera. Semoga layanan internet ini bisa membantu siswa-siswi SMK 11 Medan untuk memperdalam pengetahuan musik mereka. Mereka bisa sekedar browsing referensi lagu-lagu ataupun untuk upload karya mereka sehingga lebih bernilai ekonomi. Industri kreatif bidang musik pun akan semakin berkembang.

Untuk memastikan program ini bisa maksimal dan efektif, XL melengkapinya dengan program pendampingan dan pelatihan Melek Internet. Materi pelatihan yang meliputi empat hal. Pertama, Pengetahuan tentang media digital, manajemen reputasi dan jati diri lewat penggunaan media sosial yang inspiratif. Kedua, pengetahuan tentang pemanfaatan media digital untuk pembelajaran dan menciptakan iklim digital di sekolah. Ketiga, pengetahuan tentang sistem informasi, yaitu bagaimana mengelola informasi dengan lebih efektif. Keempat, Pengetahuan tentang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yaitu memberi contoh penggunaan internet untuk aplikasi, dan mengadopsi aplikasi untuk meningkatkan kapasitas mereka.

SMK Negeri 11 Medan, Sekolah Kejuruan Musik Yang Melek Internet

Dalam program ini XL mendapatkan dukungan dari para mitra bisnis, yaitu Buana Group, Alita Praya Mitra, GSPE (Graha Sumber Prima Elektronik), PT Packet System Indonesia, Cisco, Tower Watson, Huawei, PT Lintas Indonesia, dan PT Persada Soka. XL mengharapkan, semakin banyak mitra bisnis yang bergabung dalam Program “Menuju 1.000 Sekolah Broadband”. Selama tahun 2016, program ini sudah dilakukan di 25 kota di Indonesia dan akan terus meluas sesuai perluasan jaringan 4G LTE XL di Indonesia.

Layanan MBB 4G LTE mempertegas komitmen XL untuk mendukung dan menjembatani masyarakat Indonesia dalam memasuki era digital. Dengan layanan ini, masyarakat yang belum memiliki smartphone 4G pun akan bisa mengakses 4G, melalui Mi-Fi atau router yang bisa membagi akses ke 10-32 smartphone atau laptop.

Layanan MBB mendapatkan dukungan jaringan yang telah terlayani 4G LTE. Jaringan 4G LTE dengan 400an BTS saat ini sudah menyelimuti kota Medan dan Deliserdang. Jaringan untuk 4G LTE milik XL juga memiliki kapasitas yang besar, yaitu 15 Mhz, yang akan sangat leluasa untuk mendukung layanan internet dengan kecepatan dan kestabilan koneksi yang maksimal. Layanan mobile broadband ini mampu menghadirkan kecepatan akses internet hingga 150 Mbps.***(CM/PR)

KOMENTAR

BACA JUGA