Acara SNASTIKOM ke 5 Sukses Digelar

Acara SNASTIKOM ke 5 Sukses Digelar
Acara SNASTIKOM ke 5 Sukses Digelar

Seminar Nasional Teknologi Informasi dan Komunikasi (SNASTIKOM) yang ke-5 tahun 2017 sukses digelar oleh Program Studi Teknik Informatika (TI) Sekolah Tinggi Teknik Harapan (STTH) Medan pada Sabtu (11/02/2017) di Grand Kanaya Hotel Medan. Sekitar 200 orang peserta menghadiri acara seminar nasional tersebut yang berasal dari berbagai propinsi di Indonesia. Peserta seminar terdiri dari peneliti, dosen, praktisi dan mahasiswa.

Acara diawali tilawah Alquran dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. dengan tarian sambutan yang dibawakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknik Informatika (HIMATIF) Prodi TI, STT Harapan. Di bawah asuhan Kaprodi TI Ummul Khoir, M.Kom, grup tari ini juga telah meraih berbagai prestasi pada tingkat Propinsi Sumatera Utara.
Tampak duduk di barisan depan pada acara tersebut antara lain, Ir. M. Zulfin, MT selaku Ketua STT Harapan, Dr. Tapi Rondang Ni Bulan, SE, M.Si sebagai ketua Yayasan Pendidikan Harapan (YASPENDHAR) Medan. Tampak juga para Wakil Ketua STTH, Kaprodi, keynote speaker, para dosen serta para undangan lainnya.

Perlu kami sampaikan bahwa, SNASTIKOM merupakan kegiatan rutin tahunan sebagai media pertukaran informasi dan ilmu pengetahuan dikalangan akademisi, praktisi dan para peneliti di bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi, yang diadakan oleh STT Harapan dengan dukungan APTIKOM wilayah I SUMUT dan ACEH, Indo-MS Wilayah Aceh-Sumut, IPKIN Sumut dan IPAMSU. Demikian dikatakan Sayuti Rahman, ST, M.Kom selaku Ketua Panitia SNASTIKOM tahun 2017.

Tema yang diangkat pada seminar kali ini adalah berkaitan dengan isu yang sedang hangat pekembangannya yaitu “Innovation In Mobile Educational Techologies and Applications”. Isu ini menjadi sangat penting sebab berbagai informasi, metode dan teknologinya sebagai hasil dari riset-riset yang telah dilakukan oleh para akademisi, praktisi dan para peneliti sangat penting untuk disebar-luaskan.

“Pada SNASTIKOM 2017 ini, ada 132 paper yang diterima oleh panitia, dan berdasarkan hasil penilaian reviewer kami ditetapkan sebanyak 69 makalah yang diundang untuk dipresentasikan pada hari ini. Dengan bangga juga kami laporkan bahwa SNASTIKOM 2017 ini dihadiri peserta yang berasal dari 13 provinsi di Indonesia, baik dari PTN maupun PTS,” lanjut Sayuti dalam pidatonya.

Zulfin, dalam pidatonya mengatakan akan terus mendukung acara-acara ilmiah seperti ini, karena ini sangat dibutuhkan oleh para dosen dan peneliti.

“Pada bulan Agustus 2017, kampus STT Harapan juga akan menggelar konfrensi internasional yang disingkat dengan IConICT (International Conference on Information and Communications Technology),” jelas Zulfin.

Hal senada juga disampaikan oleh Dr. Tapi Rondang Ni Bulan, SE, M.Si dalam sambutannya.

“Selaku pihak yayasan, kami akan mendukung sedaya mampu kami setiap kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh unit-unit di bawah naungan YASPENDHAR, apalagi kegiatan ilmiah seperti yang dilakukan oleh Prodi TI STT Harapan ini,” jelas Teta sapaan akrab Dr. Tapi Rondang Ni Bulan, SE, M.Si. Setelah pidatonya, Teta didaulat untuk memotong tumpeng sebagai tanda syukur karena usia YASPENDHAR sudah 50 tahun. Sebagaimana diketahui pada tanggal 4 Pebruari 2017 merupakan hari ulang tahun YASPENDHAR yang ke 50. Usia Emas Yaspendhar.

Pada acara SNASTIKOM tersebut yang bertindak sebagai keynote speaker pertama adalah Ir. Wahyu Catur Wibowo, M.Sc., Ph.D., dari Universitas Indonesia. Tema yang dipaparkan adalah “Meningkatkan Kualitas Hidup dengan Semantic Web dan Linked-Data”. Bertindak sebagai Moderator adalah Sajadin Sembiring, S.Si., M.Sc.Comp. Sedangkan keynote speaker kedua adalah Prof. Dr. Marwan Ramli, M.Si., Guru Besar Universitas Syiah Kuala Banda Aceh dengan mengusung tema “Perkembangan Riset dan Publikasi Ilmiah-Riset Matematika Terapan Berbasis Teknologi Informasi”. Bertindak sebagai Moderator adalah Dodi Siregar, M.Kom.

Setelah sesi istirahat (Ishoma), acara dilanjutkan dengan Parallel Session, dimana para pemakalah menyajikan artikel ilmiahnya pada ruangan yang telah ditentukan sebelumnya oleh panitia.

KOMENTAR

BACA JUGA