Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Tips Merawat Printer Agar Awet dan Tahan Lama

Setiap pekerjaan yang kita tekuni pasti akan selalu berhubungan dengan alat satu ini, printer. Walaupun ada beberapa dampak negatif menggunakan printer yaitu pemborosan kertas. Apalagi zaman sekarang sudah semakin praktis, wajar saja mulai bermunculan kesekretariatan/ administrasi online berbentuk electric magazine (e-magazine), electric proposal, electric mail, dan semacamnya. Walaupun begitu, tetap saja kebanyakan orang masih menggunakan kertas sebagai media kesekretariatan.

Untuk memermudah proses pencetakan, masing-masing perusahaan printer terus melakukan inovasi dan terobosan yang menggugah konsumen agar terus bertahan dengan produk yang mereka keluarkan. Salah satu contohnya adalah, kini mulai tersedia printer dengan tambahan scanner, printer dengan tambahan wireless system dan juga bluetooth, dan ada pula printer yang bisa mencetak hasil dalam bentuk 3 dimensi. Semua itu dilakukan untuk memermudah proses pencetakan apa saja sehingga memudahkan customer. Walaupun begitu banyak oknum-oknum kejahatan yang menjadikan kemudahan ini sebagai tindak kejahatan, misalnya saja pembuatan uang palsu, ijazah palsu atau berkas administrasi negara palsu.

Printer dengan berbagai macam jenis dan merek, murah dan mahal, serta kualitas terbaik dan pasaran jika tidak terawat dengan baik akan memiliki nilai yang sama. Berdasarkan pengalaman, printer adalah hardware yang paling rewel dan mudah rusak. Baik itu catridge, tinta yang bocor, dan lain sebagainya. Kali ini Cerita Medan akan memberikan tips bagaimana merawat printer kamu agar tetap awet dan bertahan lama walaupun sering digunakan.

1. Biarkan Printer Menyala 1 Jam/ 24 Jamnya

Artinya adalah, usahakan printer kamu tetap menyala meski hanya satu jam dalam sehari, jangan biarkan printer kamu mati terus menerus. Kenapa demikian? Jika printer yang kamu gunakan dibiarkan mati terus menerus maka tinta yang terdapat pada cartridge akan mongering. Tapi kalau dinyalakan minimal 1 jam saja dalam sehari, catridge akan melakukan proses cleaning otomatis yang mencegah mengeringnya tinta.

2. Ikat Atau Jepit Selang Tinta Jika Printer dalam Keadaan Mati

Jika printer yang kamu gunakan telah selesai, usahakan lah untuk mengikat atau menjepit selang pada tinta printer kamu. Sebelumnya jangan lupa untuk mematikan printer dengan cara yang benar dan bertahap, lalu jepit selang tinta printer kamu. Cara ini mencegah agar tidak timbul gelembung udara dalam selang yang akan menghambat jalannya tinta saat melakukan print out.

3. Kontrol Ketersediaan Tinta di Tabung

Perhatikan tinta pada tabung printer kamu, ya. Jangan sampai tinta dalam tabung printer kamu habis tanpa sepengetahuan kamu. Jika itu terjadi ada kemungkinan catridge printer akan rusak dan hasil print biasanya terlihat putus-putus. Untuk mengatasinya, kamu bisa mencoba cleaning terlebih dahulu atau kalau memang sudah tidak bisa, harus diganti catridgenya. Rugi, kan? Makanya tabung tinta merupakan elemen pertama yang wajib selalu dikontrol.

4. Letakkan Printer pada Udara Suhu Kamar

Suhu kamar adalah 26-27 derajat Celcius. Tetap usahakan printer kamu ditempatkan di tempat yang berudara sejuk, cara ini menghambat pengeringan tinta dan mencegah rusaknya elemen pada mesin printer.

5. Jaga Kebersihan pada Printer

Jika printer berdebu dan masuk pada mesin printer, biasanya proses print lambat atau bahkan bisa-bisa printer kamu macet dan hasil yang didapat dalam proses printer pun akan jelek. Untuk itu, tetap jaga kebersihan pada printer kamu, ya. Tapi jangan sembarangan membersihkannya, apalagi printer kamu adalah printer yang bisa melangsungkan proses scanner, bersihkan dengan menggunakan cairan yang memiliki pH sesuai dan kain yang lembut. Hal ini dilakukan agar tidak terjadinya kekasaran permukaan pada kaca scanner dan elemen printer lainnya. Toko elektronik banyak menjual kain/ lap dan cairan pembersihnya, kok.

6. Lakukan Proses Cleaning

Untuk perawatan pada printer jika sudah dirasa hasil printer kurang bagus, proses cleaning ini mencegah printer macet. Namun, kabar buruknya adalah, proses cleaning ini merupakan tanda-tanda permasalahan yang terjadi pada printer kamu. Namun, kamu bisa melakukan proses cleaning ini agar hasil cetakan lebih maksimal.

Nah, itu lah beberapa tips tentang cara perawatan printer. Selagi kita bisa merawat dengan sendiri, kita tidak perlu membawa printer ke service centre yang memerlukan biaya perawatan. Namun jika terjadi kerusakan yang lain, dan kamu tidak bisa memperbaikinya, bawa saja ke service centre atau cari solusinya di forum yang membahas tentang printer.***(E-03/Muhammad Rizky Ananda)

KOMENTAR

BACA JUGA