Pantai Mangrove, Wisata Indah Sumut Gak Pake Mahal

Pantai Mangrove, Wisata Indah Sumut Gak Pake Mahal

Weekend ini mau kemana? Sekarang kamu tidak usah bingung lagi menentukan mau kemana minggu ini. Kita masih punya banyak referensi tempat wisata yang bisa kamu kunjungi, namanya Pantai Mangrove. Pantai Mangrove ini terletak  di Desa Muara Maimbai, Kecamatan Sei Nagalawan, Kabupaten Serdang Bedagai. Jarak dari Medan ke pantai ini berkisar 1 sampai 2 jam jika menggunakan motor. Jalan menuju Pantai Mangrove ini sudah cukup baik dan sudah beraspal. Jadi, kamu tidak perlu mengeluh karena jalan yang buruk.

Dinamakan Pantai Mangrove karena di sekitar pantai ini terdapat banyak pohon mangrove atau bakau. Bakau-bakau ini sengaja dibudidayakan oleh warga setempat. Warga yang tinggal disekitar Pantai Mangrove ini membentuk PKK yang bertugas untuk membudidayakan dan memanfaatkan mangrove dengan baik. Bahkan ibu-ibu yang tergabung dalam PKK di pinggiran Pantai Mangrove ini pernah meraih penghargaan nasional dan internasional. Seperti juara nasional Adi Bakti Bina Bahari, penghargaan dari organisasi nirlaba Inggris, dan lainnya.

Pantai Mangrove ini merupakan salah satu tempat wisata yang sering dikunjungi oleh berbagai kalangan. Nah, kalau kamu berkunjung di Pantai Mangrove ini kamu akan dimanjakan dengan pemandangan hutan bakau yang luas. Pantai Mangrove ini menjadi kawasan ekosistem bagi hutan bakau. Hutan bakau yang ada di sekitar Pantai Mangrove sengaja ditanam dan dirawat oleh pemerintah setempat. Bahkan warga yang bertempat tinggal di sekitar Pantai Mangrove ini memanfaatkan buah mangrove yang mudah ditemukan di daerah mereka, seperti menyulap mangrove menjadi keripik, dodol, teh dan sirup. Jadi, ketika kamu berkunjung ke pantai ini, kamu akan menemukan pohon bakau di sekeliling pantai.

Selain itu, manfaat mangrove yang dibudidayakan di sekitar pantai ini adalah untuk mencegah pengikisan dan terjadinya tsunami di pantai tersebut. Untuk menjaga ekosistem dari mangrove ini para warga saling bahu-membahu dalam melakukan penanaman mangrove secara rutin. Fasilitas di pantai ini juga sudah dapat dibilang cukup memadai, karena di dalamnya sudah terdapat toilet, kantin, pondok, tempat sholat, area memancing, perahu penyebrangan, dan terdapat homestay. Jadi, buat kamu yang pergi kesini dan kemalaman, jangan takut karena tempat wisata ini sudah menyediakan penginapan bagi para pengunjung yang ingin menikmati suasana malam di pinggir Pantai Mangrove ini.

Pantai Mangrove terletak tepat di sebelah Pantai Romance Bay atau yang sering di sebut dengan Pantai Romantis. Nah, jika kamu pernah masuk ke Romance Bay pasti kamu melewati Pantai Mangrove. Untuk masuk ke Pantai Mangrove ini, pengunjung hanya cukup membayar parkir sebesar Rp. 5000,- dan biaya retribusi sebesar Rp. 8000,-. Dengan membayar Rp. 8000,-, kamu sudah dapat menikmati suasana angin semilir pantai yang menenangkan. Tapi, kalau sedang ramai pengunjung, harap sabar mengantri untuk dapat menikmati indahnya suasana pantai di atas perahu.

Pantai Mangrove, Wisata Indah Sumut Gak Pake Mahal

Selain itu, keunggulan dari Pantai Mangrove ini juga memiliki warga-warga yang ramah-tamah. Warga disini kebanyakan bersuku Banjar atau Kalimantan. Jadi, jangan merasa heran jika mereka menggunakan bahasa daerah mereka ketika sedang berbincang dengan sesama warga setempat. Mereka tidak akan segan-segan menyapa setiap pengunjung yang lewat dan bahkan ada beberapa di antara mereka yang bersedia menjelaskan tentang hal-hal yang berkaitan dengan pantai ini.

Bagi kamu pencinta selfie, pantai ini juga dapat dijadikan referensi tempat selfie kamu, kok. Di pantai ini terdapat beberapa spot yang dapat dijadikan tempat selfie, diantaranya pondok-pondok yang terlihat seperti rumah suku Dayak, jembatan penyebrangan dan masih banyak lagi.

Pantai Mangrove, Wisata Indah Sumut Gak Pake Mahal

Nah, jika kamu berniat untuk dalam waktu seharian di pantai ini. Maka, jangan juga melewatkan kesempatan untuk mencari kerang dan berbagai sea food yang ada di pantai ini. Cara mencarinya juga terbilang mudah, kok. Kita cukup menggali pasir-pasir di pinggir pantai dengan tangan kita dan jika kita beruntung maka akan menemukan permata-permata dari serpihan pasir-pasir pantai ini.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA