Makanan yang Selalu Kamu Temui di Pesta Orang Medan

Makanan yang Selalu Kamu Temui di Pesta Orang Medan

Pasti kamu semua pernah undangan, kan, guys? Mustahil saja kalau ada yang nggak pernah datang ke undangan, kan? Di akhir tahun begini, biasanya banyak sekali masyarakat yang mengadakan acara, baik itu acara pernikahan, sunatan, ataupun acara kumpul bareng alias reuni.

Nah, pernah nggak terpikir di benakmu kalau ternyata makanan yang tersedia di acara pesta itu mayoritasnya memiliki jenis makanan yang sama antar satu rumah dengan rumah lainnya. Bahkan tak jarang kita dapat menebak langsung makanan apa yang akan tersedia di tempat pesta itu.

Penasaran nggak sih, kenapa makanan yang tersedia di acara pesta itu kenapa tak jauh berbeda antara satu dengan yang lainnya? Tenyata usut punya usut karena makanan yang ada itu merupakan makanan pokok dan ciri khas dari Indonesia. Banyak orang yang menyiapkan hidangan tradisional namun terlihat berkelas pada acara pestanya. Hal ini tentu akan menarik para tamu untuk menikmati hidangan yang tersedia. Apa saja menu yang sering muncul di pesta orang Medan? Berikut akan kami rangkum untuk kamu.

  1. Sop

Nah, menu yang satu ini dijamin ngggak akan pernah ketinggalan. Menu sop merupakan pilihan yang paling digermati oleh tamu undangan. Selain itu, pengolahan menu yang satu ini juga tidak terlalu ribet, jadi tentu saja menu ini merupakan menu andalan yang selalu disediakan pada acara pesta. Warga Medan banyak yang menjadikan sop berbagai varian, mulai dari sop daging sapi/ ayam atau sop jamur.

  1. Sambal Kering

Selain sop, menu andalan yang praktis dan paling sering dijumpai di acara pesta adalah sambal kering. Selain pembuatannya yang simple, makanan jenis ini juga termasuk makanan yang tahan lama tanpa harus proses pemanasan melalui tungku.

  1. Gado-gado

Masih ada yang nggak tau sama menu yang satu ini? Sayuran segar dengan guyuran kuah kacang yang menggugah selera. Gado-gado ini merupakan makanan khas dari Jawa yang ikut merambah masuk ke Sumatera. Mempunyai cita rasa pedas-gurih adalah ciri khasnya.

  1. Kerupuk

Makanan ini adalah sebagai pelengkap ketika kamu makan nasi. Kerupuk juga dapat dijadikan camilan ketika kita sedang tidak berniat untuk makan nasi. Kerupuk selalu ada pada setiap acara pesta undangan. Dan percaya atau nggak kerupuk ini juga sudah dijadikan hal yang selalu/ wajib ada pada meja hidangan pada setiap acara.

  1. Tauco

Sebenarnya tauco merupakan khas dari Kota Cianjur, Jawa Barat. Namun, seiring berjalannya waktu semakin banyak warga suku Jawa yang menyebar ke Sumatera sehingga membuat makanan khas mereka juga terkenal di Sumatera ini. Nah, biasanya tauco ini digunakan untuk campuran masakan apa saja. Bisa sayuran, tahu, tempe atau ikan teri.

  1. Mi rebus

Mi rebus akan dijadikan sebagai makanan ringan yang dapat dipilih ketika para undangan sedang tidak ingin memakan nasi. Jadi, adanya mi rebus dijadikan sebagai untuk pelengkap dalam acara yang diadakan.

  1. Sop buah/ es buah

Nah, kalau yang satu ini adalah sebagai minuman yang dijadikan sebagai pencuci mulut di undangan. Memiliki kekhasan tersendiri, yaitu menyegarkan bagi orang yang meminumnya membuat es buah ini menjadi pilihan yang paling populer yang disediakan oleh para pelaksana hajatan.

  1. Manisan

Tahu dong yang mana namanya manisan, ya? Manisan biasanya dimakan/ dikonsumsi setelah selesai makan nasi di acara pesta undangan. Buah yang dibuat untuk dijadikan manisan juga bermacam-macam, guys. Gunanya agar setiap para undangan yang datang memiliki hidangan pencuci mulut untuk menghilangkan bau mulut setelah makan ayam atau daging.

  1. Sate

Di zaman yang serba modern saat ini, banyak inovasi yang dilakukan oleh masyarakat. Kalau di zaman dahulu, para pemilik hajatan hanya menyediakan nasi, laut dan manisan saja. Sekarang banyak dari para pemilik hajatan menambahkan menu sate pada acaranya, tujuannya sama dengan hidangan mie rebus, yaitu untuk memberikan pilihan lain bagi mereka yang enggan makan nasi.

  1. Camilan tradisional

Kalau yang ini gunanya sebagai pelengkap juga. Jadi, memang sudah tradisinya kalau di setiap acara pesta apapun itu, baik dari suku manapun pasti akan menyediakan cailan ringan yang dapat dinikmati oleh para undangan sebagai pengganjal perut. Nah, jadi kalau menu sate dan mi rebus bagi mereka juga terlalu berat, para undangan bisa mencoba camilan ringan yang disediakan. Camilan tradisional yang disediakan di pesta itu biasanya seperti wajik, orong-orong, ombus-ombus, dadar gulung, kue lapis, kembang goyang dan masih banyak yang lainnya.

Nah, sekian dulu mengenai beberapa menu yang ada di pesta undangan. Yang harus diingat itu adalah kalau pilihan menu yang banyak di pesta undangan itu untuk dijadikan pilihan, bukan untuk diambil semuanya. Jangan jadi orang yang tamak, ya.***(CM-05/Dwi Andriani Lestari)

KOMENTAR

BACA JUGA