Kompaker Sumut, Wadah Kompakan Upload Foto di Instagram

Kompaker Sumut
Kompaker Sumut, Wadah Kompakan Upload Foto di Instagram

CERITAMEDAN.COM, Sumut – “Kompakers”, sebutan khas bagi follower akun @UploadKompakan di instagram (IG). @UploadKompakan sendiri awalnya sebuah akun IG yang dibuat Echi Sofwan dan tiga orang temannya dua tahun silam. Echi, Wanda, Gigi dan Puti sepakat membentuk @UploadKompakan sebagai wadah menuangkan hobi mereka, yaitu memotret barang-barang pecah belah.

“Iya, kami senang barang pecah belah. Untuk mengisi kegiatan di rumah, kami sering kompakan upload foto-foto mangkok, piring, mug, dan sebagainya. Misal hari ini motif Jube, besoknya ‘Bunga Kangkung”, lusa upload ‘Piring Enamel’ dan seterusnya,” Echi mengisahkan.

Hari demi hari berganti, bulan demi bulan pun terlewatkan. Seiring waktu, follower @UploadKompakan semakin bertambah. Mereka kompakan ikut mengupload foto dengan tema yang seragam di hari yang sama. Hingga kini, ada puluhan ribu kompakers yang menyimak galeri @UploadKompakan. Ribuan diantaranya aktif memotret sesuai tema foto yang ditentukan setiap harinya dan mengupload hasil jepretannya dengan hashtag yang sama.

Tak hanya dari dalam negeri sendiri, kompakers pun banyak yang berdomisili di mancanegara seperti Eropa dan Qatar. Di Indonesia, lebih dari 30 daerah membentuk kompakers wilayah sebagai bagian atau member dari @UploadKompakan di wilayah dimana kompakers bermukim. Sebut saja KompakersJakarta, KompakersBogor, KompakersPalembang, KompakersJogja, dan sebagainya.

Kompakers di setiap wilayah ini sering mengadakan Meet Up rutin dengan berbagai kegiatan seperti workshop fotografi, kegiatan sosial, juga keterampilan.

Oya, kompakers wilayah mempunyai grup Line sebagai wadah komunikasi dan Bulur (singkatan dari Bu Lurah) yang mewakili setiap kompakers daerah di grup Line UploadKompakan.

 

KompakerSumut

Mengikuti jejak kompakers wilayah yang lain, KompakersMedan pun dibentuk. Meet up dan berbagai kegiatan pun diselenggarakan. Berbagai dinamika terjadi, pada pertemuan ketiga KompakersMedan bertransformasi menjadi KompakerSumut.

“Ini karena warga kita gak hanya yang berasal dari Medan, tetapi ada yang dari Binjai, Tebing Tinggi, Siantar, Berastagi dan Padang Sidempuan, jadi KompakerSumut nampaknya lebih cocok,” jelas Yunita Aprilia, Bulur KompakerSumut.

“Selain di IG, kami punya wadah komunikasi, sharing dan silaturahim di grup Line. Memang ada syarat tertentu untuk masuk grup. Tetapi gak sulit kok dan bakalan betah kalo udah di grup,” imbuhnya kemudian.

Tanggal 23 Januari 2017 ini KompakerSumut merayakan ulang tahunnya yang kedua. Banyak cerita dan kenangan yang terukir selama dua tahun kebelakang. Perjalanan masih panjang, semoga ke depan KompakerSumut dan UploadKompakan semakin berkah dan manfaat.

 

Kesan dan Harapan

Sejarah pertemuan kompakers dan UploadKompakan dihiasi kisah yang beragam. Dari yang ikut-ikutan kawan atau bermula dari alasan penasaran. Dari yang ingin seru-seruan sampai yang serius belajar fotografi. Apapun itu UploadKompakan menjadi wadah yang membawa manfaat positif. Tidak sekedar ilmu fotografi tapi kebersamaan, kekompakan dan kekeluargaannya sampai ke hati.

“Bersyukur bisa bertemu dengan teman dari segala penjuru bumi yang hobi jeprat jepret. Silaturahim jadi semakin panjang. UploadKompakan juga jadi ajang belajar gimana motrek yang keceh. Gimana ngatur komposisi yang pas. Paling hepi lagi karena di KompakerSumut ada kelas photography online,” ujar Lidya salah seorang warga KompakerSumut.

Tak jauh berbeda, Jenny Ginting warga KompakerSumut yang tinggal di Berastagi panjang lebar menyampaikan kesannya, “Semenjak aku bergabung ke UK (baca: UploadKompakan), rasa-rasanya lebih banyak yang kudapat daripada yang tidak ku dapat (malah tidak ada yang cem itu). Banyak hal di dalam UK ini. Tak hanya tentang fotografi, meski sebenarnya karena itu lah aku ada di UK ini, apalagi di undang ke grup KompakerSumut, sungguh luar biasa. Aku mendapatkan saudari-saudari baru. Mereka menerimaku, mengajariku tentang banyak hal. Itu semua kudapat sejak berkecimpung bersama UK. Dan yang ku pahami, aku merasa yang tadinya aku bukan siapa-siapa, menjadi berarti berkat terpaan hangat kakak, adek, dan kawan-kawan disini. Meski belum pernah berjumpa, tapi kelian semua terasa dekat dan melekat dihati,” ujarnya penuh haru.

“Bermanfaat kali ikut UK, jadi hobi motret objek benda ( alias meminimalisir foto selfie^^)”, tambah Bungaamoring, warga KompakerSumut yang pindah tugas ke Depok kemudian bergabung jadi warga KompakersDepok.

Bebydy, KompakerSumut yang tinggal di Padang Sidempuan berharap UK panjang umur, “Biar emak-emak kayak Be punya tempat/ wadah untuk saling berbagi ilmu. Gak takut tersesat kalo kemana aja soalnya kompakersnya tersebar di seluruh Indonesia”.

Senada dengan Beby, Echi berharap UploadKompakan termasuk KompakerSumut selalu kompak. “ Karena yang namanya perempuan itu lembut perasaannya, kadang ada gesekan yang bisa membuat kebersamaan retak”, ingatnya.

 

Menjadi Kompakers

Lalu bagaimana caranya menjadi bagian dari @UploadKompakan dan @KompakerSumut?
– Follow akun IG nya @UploadKompakan (dan @KompakerSumut untuk yang berada di Sumatra Utara)
– Tunggu sampai diapprove.
– Baca rules
– Upload foto sesuai rules
– Direct Message (DM) atau Line Bulur untuk join di Grup
– Just For Fun

Demikian informasi singkat mengenai Kompaker Sumut, semoga artikel ini bermanfaat untuk pembaca sekalian.

KOMENTAR

BACA JUGA